Rancangan penelitian:
Belangan ini banyak murid yang merasa tidak nyaman dengan bau sampah yang ada di kelas sehingga  para siswa tidak dapat fokus belajar.
Latar belakang:
Sampah yang menumpuk dan tercecer di lingkungan sekolah dapat membuat lingkungan menjadi kotor dan membuat siswa tidak nyaman dalam belajar.
Tujuan dan manfaatÂ
Tujuan saya melakukan penelitian ini supaya para murid sadar bahwa jika kelas kita kotor kita tidak dapat belajar dengan baik.
Manfaatnya: supaya siswa/siswi membuang sampah pada tempatnya agar dapat belajar dengan baik.
Landasan teori:
 kesehatan lingkungan          menyelamatkan lingkungan hidup dengan     pengelolaan sampah
Hipotesis:
Variabel 1: sampah.
Variabel 2: cara belajar.
jenis penelitian : penelitian eksplanasi   teknik pengumpulan data: wawancara. Teknik analisis: kualitatif.                 Unit analisis:sekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H