Kemunculan Twitter sebagai media sosial juga banyak digemari sebagain besar orang. Melalui Twitter, bisnis akan lebih mudah untuk dipromosikan dan ditawarkan pada konsumen dengan langkah mudah. Ada beberapa strategi bisnis dengan memanfaatkan media sosial Twitter yang bisa diikuti.
Bisa dimungkinkan kalau Twitter merupakan platform popular setelah Facebook dan Instragram. Jadi tak salah jika memanfaatkan media sosial ini sebagai tempat mencari keuntungan. Bahkan Twitter punya antarmuka yang lebih ramah pada pengguna dibanding platform jejaring sosial lain.
Manfaatkan kolom pencarian
Dengan menggunakan Twitter, promosi bisa memanfaatkan kolom yang biasa digunakan pengguna untuk melakukan pencarian. Sisipkan keyword atau kata kunci pada produk yang dijual dengan memakai hashtag atau tagar tententu.
Dengan begitu akan memungkinkan pengguna Twitter lain bias menemukan produk tersebut. Kolom pencarian juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tweet dengan target tertentu. Twitter juga dapat menjangkau para pengguna yang berada di berbagai tempat atau lokasi yang berbeda.
Tweet konten untuk meningkatkan hasil pencarian
Saat memilih Twitter sebagai media promosi dan pemasaran produk, pastikan untuk melakukan tweet konten mengenai produk yang dipasarkan. Dengan seringnya melakukan tweet konten, maka postingan akan menjadi aktif di newsfeed serta meningkatkan produk lebih sering muncul dihasil pencarian.
Agar tweet mudah diingat, pastikan untuk selalu memakai kata kunci. Jika dalam dunia blogging ada SEO, maka dalam media sosial dikenal pula sebutan SMO. SMO (Sosial Media Optimization) merupakan teknik pengoptimalisasian akun sosial untuk tujuan komersil.
Jalin relasi dengan media
Dengan beberapa tools yang terdapat pada media sosial Twitter, pengguna akan dimudahkan untuk melakukan pencarian orang-orang yang aktif dalam media sosial, dan dapat membantu Anda dalam proses pemasaran produk, misalnya saja seorang editor atau wartawan.
Dengan begitu akan terjalin sebuah relasi atau koneksi melalui wartawan atau editor tersebut untuk mempromosikan dan memasarkan produk atau bisnis diberbagai media lainnya. Dalam kata lain, ini adalah bentuk endorsement.
Maksimalkan lewat sms
Keistimewaan lain dalam memilih Twitter sebagai strategi dalam bisnis yaitu bisa memaksimalkannya melalui sms, dimana tweet yang dibuat dapat dikirimkan kepada pengguna Twitter lain dalam bentuk SMS.
Dengan begitu, meski teman Twitter tidak dalam mode online akan tetap mendapat konten tweet yang dibuat berisi penawaran produk. Ditambah, sejumlah operator telekomunikasi di Indonesia telah menyediakan layanan ini.
Merubah topik ketika melakukan tweet
Dalam melakukan promosi dan pemasaran produk atau bisnis tidak hanya sebatas dengan membuat tweet, kadang juga perlu merubah topik tiap kali melakukan tweet. Dengan ini, produk akan sering muncul dalam lalu lintas Twitter.
Selain itu, perubahan topik tiap kali melakukan tweet akan menarik orang lain untuk melihat akun Twitter, dan secara otomatis pengguna akan melihat dan mengenal lebih jauh produk-produk yang ditawarkan. Dengan begitu, Twitter tak ubahnya sebagai tempat usaha atau lapak bisnis online.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H