Mohon tunggu...
Rina Wijaya
Rina Wijaya Mohon Tunggu... Penulis prasasti online -

Perangkai kata, kalimat, dan paragraf.

Selanjutnya

Tutup

Money

Macam-macam Metode Pembayaran

27 November 2017   03:01 Diperbarui: 27 November 2017   03:03 24054
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Metode pembayaran adalah cara yang dilakukan pelanggan untuk membayar barang dan jasa. Penting untuk menimbang metode pembayaran apa yang akan Anda tawarkan saat memulai bisnis dan memeriksanya secara rutin untuk mengetahui apakah sesuai kebutuhan bisnis dan pelanggan.

Saat memulai bisnis, Anda perlu memutuskan bagaimana Anda akan mengumpulkan pembayaran dari pelanggan sebagai bagian dari pengelolaan keuangan bisnis. Ini adalah aspek penting untuk memastikan Anda mengelola arus kas bisnis Anda secara efektif.

Metode pembayaran yang Anda pilih juga akan menentukan fasilitas dalam bisnis. Sebaiknya secara berkala tinjau metode pembayaran yang Anda tawarkan berdasarkan biaya, karena biaya sering berubah seiring metode pembayaran tertentu menjadi lebih populer.

Kartu kredit dan debit

Kartu kredit dan debit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga keuangan tertentu untuk pembayaran. Kartu kredit memungkinkan pelanggan membayar barang dan jasa dengan berhutang pada penyedia kartu kredit. Sedang kartu debit mengurangi jumlah uang dari dari rekening bank.

Perbedaan antara kartu kredit dan kartu debit biasanya tidak penting untuk menjalankan bisnis. Di bagian depan, kartu kredit dan kartu debit memiliki tanggal penerbitan, tanggal kadaluarsa dan nomor kartu kredit atau debit. Di belakang, mereka biasanya memiliki kode keamanan dan tanda tangan.

Beberapa kartu debit dan kartu kredit memiliki chip untuk pembayaran menggunakan teknologi. Kartu kredit dan debit memiliki Personal Identification Number (PIN) yang harus digunakan pelanggan untuk mengotorisasi pembayaran, dan hal ini kadang bisa bergantung pada jumlah pembelian.

Pembayaran online

Pembayaran online memungkinkan pelanggan membayar barang dan jasa Anda melalui situs web, seperti Paypal dan lainnya. Karena pembayaran online biasanya otomatis, mereka memiliki biaya lebih rendah daripada metode pembayaran manual, seperti cek, wesel, uang tunai.

Metode pembayaran online memudahkan penjualan barang dan layanan secara online. Pembayaran online dapat dilakukan secara otomatis, dan bisa memudahkan pelanggan Anda. Setelah diproses, pembayaran umumnya langsung masuk ke rekening bank, sehingga berisiko rendah terhadap pencurian.

Mata uang digital

Mata uang digital seperti Bitcoin adalah pilihan yang semakin populer untuk menerima dan melakukan pembayaran. Jika Anda menerima atau menggunakan Bitcoin dalam bisnis Anda, atau sudah melakukannya, ini bisa menghemat waktu dan uang Anda nanti.

Uang digital mirip dengan uang biasa, dan bisa digunakan untuk membeli barang dan jasa, juga bisa dibeli dan dijual di pasar bursa dan dibuat dalam jumlah terbatas. Karenanya, banyak yang mau berinvestasi pada jenis mata uang digital seperti ini.

Pembayaran tunai

Pembayaran tunai mengacu pada saat pelanggan membayar menggunakan mata uang fisik, seperti uang kertas dan koin. Pembayaran tunai tidak secara otomatis bisa tercatat. Pelanggan bisa memilih pembayaran tunai saat membeli barang atau jasa pribadi, seperti obat-obatan dan layanan medis.

Pembayaran tidak memerlukan otorisasi seperti mengetik kode PIN. Pembayaran tunai dimungkinkan dilakukan di lokasi tanpa listrik dan tidak rentan terhadap masalah teknis. Satu kelemahan yaitu adanya uang kertas palsu yang beredar.

Cek

Cek adalah dokumen yang memberitahu bank untuk membayar uang dari rekening orang lain. Cek dapat ditolak jika akun pelanggan tidak memiliki cukup uang untuk membayar. Cek juga bisa ditolak jika ada masalah lain, seperti dugaan kecurangan. Jika cek ditolak, bisnis Anda tidak akan bekembang.

Pembayaran cek tentu saja punya kelemahan, yaitu cek palsu dan cek kosong. Cek palsu biasa terjadi saat aksi tipu-tipu, sedang cek kosong terjadi saat rekening pelanggan tidak ada isinya. Pastikan dulu akun bank pelanggan sebelum menerima pembayaran dalam bentuk cek.

Hadiah dan voucher

Hadiah atau voucher adalah kartu dengan nominal tertentu yang bisa digunakan pelanggan Anda untuk membayar, praktiknya hampir sama dengan metode pembayaran lainnya seperti kartu kredit dan uang tunai. Beberapa kartu hadiah hanya bekerja pada bisnis atau kelompok bisnis tertentu.

Misalnya, kartu hadiah dari pusat perbelanjaan mungkin hanya bisa digunakan di pusat perbelanjaan itu. Yang lain bekerja di mana saja kartu kredit diterima. Kelemahan dari hadiah dan voucher yaitu tidak fleksibel dipakai dalam berbagai transaksi bisnis.

Pembayaran debit langsung

Debit langsung adalah pembayaran otomatis yang terjadi secara berkala setelah pelanggan memintanya. Metode ini secara otomatis mentransfer uang dari rekening bank pembeli ke rekening bank penjual. Menjadi pengguna debet langsung membutuhkan sudah memiliki bisnis mapan.

Pembayaran debit langsung sangat cepat. Selama Anda mengajukan permintaan dalam waktu kerja, dana akan masuk langsung ke rekening Anda maksimal pada hari kerja berikutnya. Metode pembayaran seperti ini sudah menggunakan software payroll dan biasa diterapkan oleh ecommerce besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun