Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Tetap Hidup Gaya dengan Keuangan Terkendali bersama Danamon Optimal

3 Agustus 2020   18:11 Diperbarui: 3 Agustus 2020   18:11 630
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tommy Halim, Consumer Segmentation Head Bank Danamon, Michellina Triwardhany, Vice President Director, Bank Danamon, influencer Sheggario (dok. Danamon)

Gina, salah seorang kerabat seraya tertawa memperlihatkan foto jalan-jalan sebelum pandemi, yang sebagian di antaranya diunggah melalui media sosial.

Namun di sisi lain, ayahnya mengeluhkan kebiasaan Gina yang senang sekali melakukan perjalanan wisata tanpa memperhitungkan banyaknya uang yang dikeluarkan dan seharusnya ditabung.

Gina masih harus menanggung biaya hidup ayahnya yang mulai sakit-sakitan dan sudah lanjut usia.

Jumlah seperti Gina ini cukup sering dijumpai saat ini. Survei "Asia's Next Big Opportunity" yang dilaksanakan Boston Consulting Group (BCG) menyatakan, segmen masyarakat yang berjumlah 67 juta di Indonesia terus bertumbuh sejalan dengan perkembangan ekonomi Indonesia.

Generasi muda seperti ini, salah satunya adalah Gina, yang baru akan memasuki usia 30 tahun. Segmen ini sedang mencari pola dalam merencanakan keuangannya dengan baik.

Pada sisi lain juga memiliki latte factor, yakni pengeluaran kecil sering kali tidak disadari tapi rutin dilakukan.

David Bach, financial planner AS selaku pencetus konsep latte factor menyebutkan, umumnya latte factor ini banyak terjadi di kalangan milenial menengah dan menengah atas saat ini.

Salah satu faktornya adalah, generasi ini sudah terbiasa dengan kecanggihan teknologi. Mereka mudah mengakses berbagai kebutuhan dan tren gaya hidup melalui gadget.

Namun di saat yang sama, hal ini juga menimbulkan peer pressure atau fear of missing out yang semakin membuat cenderung pada tren kekinian.

Pengeluaran ini dapat menumpuk menjadi besar seiring dengan waktu, hanya untuk memenuhi keinginan gaya hidup (lifestyle). Misalnya saja, membeli secangkir kopi kekinian setiap hari, belanja cemilan, hingga pengeluaran untuk hobi.

Tentu saja kebiasaan ini membuat jadi lebih gampang untuk mengeluarkan uang demi keinginan. Tidak berpikiran lebih jauh untuk mengenai kebutuhan dan perencanaan keuangan masa depan.

Sementara di sisi yang lain, generasi ini hidup dalam kultur yang lekat seperti di Indonesia. Mereka harus memenuhi kebutuhan diri pribadi dan juga keluarga bagi yang sudah menikah.

Tidak jarang mereka harus bertanggung jawab secara finansial untuk membantu biaya hidup orang tua. Istilah kekiniannya dikenal dengan sandwich generation.

Solusi keuangan terkendali Danamon Optimal

Salah satu solusi untuk mengatur keinginan, kebutuhan dan keuangan yang dimiliki generasi muda, khususnya segmen Upwardly Mobile adalah Danamon Optimal, layanan yang baru diluncurkan melalui webinar oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Bank Danamon) pada Senin, 20 Juli 2020.

Dalam webinar yang dipandu oleh Tommy Halim, Consumer Segmentation Head Bank Danamon itu, influencer Ario Utomo alias Sheggario menjelaskan tentang segmen Upwardly Mobile dan juga generasi sandwich.

"Lalu apa yang harus dilakukan generasi muda? Kita tahu orangtua membutuhkan kita, tapi kita juga harus mengusahakan agar nantinya kita tidak merepotkan anak-anak. Makanya ada dana pensiun dan beragam lainnya," tutur Sheggario.

Inilah yang menjadi kendala generasi muda segmen Upwardly Mobile. Di satu sisi memiliki tanggung jawab untuk membiayai orangtua sebagai anak yang berbakti, di satu sisi lainnya harus membiayai hidup sendiri dan keluarganya. 

Padahal mereka memiliki ambisi untuk maju, tapi terhambat untuk naik kelas.

Tommy Halim, Consumer Segmentation Head Bank Danamon, Michellina Triwardhany, Vice President Director, Bank Danamon, influencer Sheggario (dok. Danamon)
Tommy Halim, Consumer Segmentation Head Bank Danamon, Michellina Triwardhany, Vice President Director, Bank Danamon, influencer Sheggario (dok. Danamon)
Michellina Triwardhany, Vice President Director, Bank Danamon menyampaikan jika Danamon berperan menjembatani kebutuhan segmen ini dengan financial solution yang dimiliki.

Karena itulah diluncurkan Danamon Optimal, yaitu layanan terbaru dari Bank Danamon untuk membantu memenuhi keinginan sekaligus kebutuhan dengan keuangan yang tetap terkendali.

Danamon Optimal hadir dengan berbagai macam pilihan produk, akses yang mudah, manfaat yang menarik dan program loyalty yang berkualitas sehingga hidup lebih optimal. 

Khususnya, segmen berusia 25 hingga 35 tahun agar dapat mencapai aspirasi dan tujuan finansial yang diinginkan.

"Segmen ini kami rasakan merupakan segmen yang sangat penting karena dari segi jumlah di tahun 2025 diperkirakan bahwa segmen ini akan menyumbang kira-kira 50 % dari seluruh tenaga kerja di Indonesia," kata Michellina Triwardhany.

Segmen ini terus bertumbuh dan jumlahnya sangat besar. Tentu saja hal ini juga berarti mempunyai potensi sangat besar. Selain menjadi tulang punggung, juga menjadi segmen masa depan bangsa Indonesia yang makmur.

Consumer Business Head Bank Danamon, Lanny Hendra mengatakan, Danamon Optimal memberikan satu paket solusi kebutuhan bagi generasi Upwardly Mobile. 

Generasi muda yang berpenghasilan di atas Rp 10 Juta/bulan. Umumnya berambisi untuk menjadi lebih sukses, memiliki rasa ingin tahu yang besar dan senang mengikuti gaya hidup terkini.

Nasabah bisa merasakan totalitas pelayanan yang berbeda. "Kita ingin nasabah merasakan dengan Danamon itu produknya beragam. Mau produknya apa, solusinya ada," kata Lanny Hendra.

Meliani Chandra Biantoro, Customer Value Proposition Specialist, Bank Danamon memaparkan, Danamon optimal hadir sebagai solusi keuangan bagi mereka yang ingin memenuhi keinginan sekaligus kebutuhan dengan keuangan yang tetap terkendali. 

Segmen Upwardly Mobile mendapatkan kekayaannya, baik sebagai pekerja profesional ataupun pemilik bisnis. Kehadiran Danamon Optimal diharapkan dapat membantu segmen ini untuk mendapatkan solusi dalam pengelolaan keuangan. 

Danamon Optimal tersedia dalam produk bundling baik dalam bentuk tabungan, pinjaman, maupun tabungan investasi yang dapat dikelola dengan mudah melalui layanan digital banking.

Melalui Danamon Optimal, nasabah berkesempatan mendapatkan serangkaian produk yan dirancang untuk memenuhi kebutuhan keuangan melalui produk simpanan seperti Danamon Lebih, Tabungan Cita2Ku, dan D-Save Plus yang dapat dibuka dan dikelola melalui aplikasi mobile D-Bank.

Selain itu, ada produk pinjaman seperti Kartu Kredit Danamon, KPR Danamon dan Dana Instan yang menawarkan bunga dan promo menarik, serta produk Bancassurance yang menawarkan perlindungan jiwa dan kesehatan dengan premi yang terjangkau.

Untuk menjadi nasabah Danamon Optimal selain ke cabang Bank Danamon, produk-produk ini juga dilengkapi dengan layanan digital banking Bank Danamon. 

Layanan ini terdiri dari aplikasi D-Bank, internet banking Danamon Online Banking, dan aplikasi D-Card Mobile untuk pengelolaan kartu
kredit.

Ada juga beberapa benefit yang didapat dengan menggunakan Danamon Optimal, seperti hadiah program acquistion hingga Rp 2,4 juta, tingkat bunga tabungan berjangka hingga 4,5% p.a. Untuk memperoleh keuntungan tersebut, nasabah tinggal melakukan penempatan dana secara rutin, atau berinvestasi dengan Danamon Regular Investment Plan.

Ada juga layanan yang menarik dan cocok bagi generasi upwardly mobile, yaitu dengan mengajukan Kartu Kredit Danamon Visa Platinum, untuk bisa mendapatkan hadiah cashback 10% untuk transaksi dengan kartu kredit di akhir pekan.

Hal menarik lainnya dari Danamon Optimal adalah adanya nilai tambah, yaitu Danamon Optimal Seminar Series, layanan seminar eksklusif yang diperuntukkan khusus bagi nasabah Danamon Optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun