Mohon tunggu...
riap windhu
riap windhu Mohon Tunggu... Sales - Perempuan yang suka membaca dan menulis

Menulis untuk kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Gampang, Ada "AkudanKorea" untuk "Solo Traveler" ke Korea!

6 Mei 2018   17:09 Diperbarui: 6 Mei 2018   19:13 951
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Talkshow session oleh Janine Intansari (Beauty Influencers), Marischka Prudence (Travel Influencers), Atiqah Hasiholan (Selebriti), Fifi Alvianto (Lifestyle Influencer), Andrew Jonghoon Kim (Direktur KTO Jakarta) Foto: KTO

Jalan-jalan ke korea? Wow, Negeri ginseng ini semakin menarik untuk dikunjungi. Tak hanya lantaran booming Kpop-nya yang banyak disukai para kaum muda di Indonesia. Pesona keindahan alam, budaya setempat, dan gaya hidup yang dimiliki, tak kalah menggoda sebagai destinasi wisata! Tak heran, Korea Tourism Organization (KTO) pun membidik para solo traveler atau wisatawan independen.

BUSAN ! Tanpa ragu, selebriti Atiqah Hasiholan menyebut kota yang memiliki jumlah penduduk terpadat kedua di Korea Selatan, sebagai destinasi favoritnya.  Buatnya, kota itu modern dan rapi teratur, tapi tidak terkesan kaku. Selain itu, pantainya pun tampak cantik dengan tata apik port city yang memungkinkan untuk berfoto-foto  dengan latar belakang yang ada.  

Marischka Prudence (Travel Influencers) pun tak menutupi kekagumannya pada pemandangan bagus yang ditemuinya di kota Jeju saat syuting disana. Tak hanya itu, perempuan yang senang bergonta ganti warna rambut ini pun terpesona dengan kulit orang-orang Korea, yang tampak sehat meskipun sudah lanjut usia. Semua itu tentunya ditunjang dengan makanan yang sehat.

Talkshow session oleh Janine Intansari (Beauty Influencers), Marischka Prudence (Travel Influencers), Atiqah Hasiholan (Selebriti), Fifi Alvianto (Lifestyle Influencer), Andrew Jonghoon Kim (Direktur KTO Jakarta) Foto: KTO
Talkshow session oleh Janine Intansari (Beauty Influencers), Marischka Prudence (Travel Influencers), Atiqah Hasiholan (Selebriti), Fifi Alvianto (Lifestyle Influencer), Andrew Jonghoon Kim (Direktur KTO Jakarta) Foto: KTO
Lain  lagi dengan Janine Intansari (Beauty Influencers) yang menyukai kondisi kota yang bersih. Perempuan ini bahkan pernah melakukan sebuah tindakan operasi di Korea. Selama masa pemulihan, orang Korea memperlakukannya dengan sangat baik dan memprioritaskan orang yang baru saja menjalani operasi di layanan umum.

Keramahan yang ditemui saat di Korea juga disampaikan Fifi Alvianto (Lifestyle Influencer). Tak sulit menemukan masjid. Perempuan berhijab ini senang  dengan keindahan  di sebuah taman Seoul Land. Baginya, di Korea banyak tempat indah yang cocok untuk membawa jalan-jalan anak dan keluarga.    

Korea, Destinasi  Menarik

Korea banyak menjanjikan hal-hal menarik. Itu diungkapkan keempat influencer perempuan  cantik, yang saling menceritakan pengalaman perjalanannya, di acara talkshow yang menjadi bagian dalam kampanye wisata #akudankorea dan peluncuran microsite www.akudankorea.com yang digelar di Suasana Restaurant, Aston Kuningan, Jumat 4 Mei 2018.

Peluncuran microsite  #AkudanKorea dilakukan oleh Atiqah Hasiholan (Selebriti), Kim Chang-beom (Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia), dan Andrew Jonghoon Kim (Direktur Korea Tourism Organization Jakarta).

#AkudanKorea telah diluncurkan. Ki-ka : Atiqah Hasiholan (Selebriti), His Exellency Kim Chang-beom (Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia), Andrew Jonghoon Kim (Direktur Korea Tourism Organization Jakarta) foto : KTO
#AkudanKorea telah diluncurkan. Ki-ka : Atiqah Hasiholan (Selebriti), His Exellency Kim Chang-beom (Duta Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia), Andrew Jonghoon Kim (Direktur Korea Tourism Organization Jakarta) foto : KTO
Duta Besar Korea Seatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom mengatakan, melalui kampanye #akudankorea dan microsite yang baru pertama kalinya ini, para solo traveler atau wisatawan independen akan lebih bisa menemukan keunikan dan berbagai hal menarik dari budaya, tradisi, alam, dan hal-hal yang berkaitan dengan Korea.

Namun, seperti apa Korea sesungguhnya? Irma Maulida, Public Relation dan Media Manager KTO Jakarta mengatakan, Korea memiliki banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Selama ini, wisatawan Indonesia menyebut Seoul, Pulau Nami, ataupun Jeju sebagai rujukan wisata. Padahal banyak kota yang juga menjanjikan budaya, alam, gaya hidup, dan makanan yang memikat. "Kami ingin wisatawan tidak hanya berkunjung di Korea , tetapi juga mengeksplor dan menjelajahi Korea," kata Irma.

#AkudanKorea, kampanye wisata Korea sebagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi, terutama oleh wisatawan independen (dok.windhu)
#AkudanKorea, kampanye wisata Korea sebagai destinasi wisata yang menarik dikunjungi, terutama oleh wisatawan independen (dok.windhu)
 

AkudanKorea

Karenanya, Korea serius mengajak solo traveler atau  wisatawan FIT (free independent traveler) Indonesia, selain wisatawan berkelompok maupun keluarga untuk lebih mengenal negara yang saat ini sangat dikenal publik Indonesia ini melalui kampanye #AkudanKorea. Terutama mereka, solo traveler alias wisatawan independen  yang merupakan generasi muda.

Faza Meonk, Kreator komik si Juki yang dinobatkan sebagai duta wisata Seoul, Korea  dalam kesempatan itu juga mengenalkan maskot RIKO dan SELA, nama yang diambil dari dua nama negara Republik Indonesia dan Korea Selatan. Gambar maskot ini bisa langsung ditemui bila membuka microsite www.akudankorea.com.

Jumlah wisatawan Indonesia ke Korea Selatan cenderung meningkat beberapa tahun terakhir hingga 50 % mencapai angka 300.000-an. Korea semakin menjadikan negaranya sebagai ramah turis.   Generasi muda Indonesia saat ini cukup akrab dan mengenal  K-Pop, drama, lagu, busana Korea. 

Tampilan microsite www.akudankorea.com dengan maskot Riko dan Sela (sumber:www.akudankorea.com)
Tampilan microsite www.akudankorea.com dengan maskot Riko dan Sela (sumber:www.akudankorea.com)
Karenanya, selebriti  Korea Lee Jong Suk dihadirkan sebagai ambassador  pariwisata untu mengajak pengunjung situs menjelajahi  keindahan alam Korea yang memukau, dalam 8 tema yani adventure, documentary, fantasy, mistery, romance, signature, thriller, dan Trend.  Menonton video yang ada, membuat rasa penasaran. Apalagi, akan ada festival lampion  dengan sejarah ribuan tahun pada 11-22 Mei di Seoul. Festival yang  berisi lampion berwarna-warni yang diharapkan bisa mencerahkan dunia dan siapapun yang melihatnya.

Dalam peluncuran kampanye #AkudanKorea di Jakarta, nuansa Korea benar-benar dihadirkan.  Pengunjung dapat mencoba virtual reality untuk menghadirkan Korea seakan di depan mata.  Tak hanya bisa berfoto dengan latar sepasang gambar laki dan perempuan berbusana khas Korea, setiap pengunjung bisa mencicipi makanan khas asal Korea. Lagu-lagu Korea dihadirkan dalam kegiatan. Hingga Hadan, salah seorang penggemar  budaya Korea dari Bdg Hansamo pun ikut bersenandung mengikuti lagu.

Nuansa Korea di peluncuran kampanye #AkudanKorea (dok.windhu)
Nuansa Korea di peluncuran kampanye #AkudanKorea (dok.windhu)
Dua makanan Korea Tteokpokki dan Eomuk di acara #AkudanKorea. Tteokpokki yang berbahan dasar beras dan ikan, dengan kuah wortel yang di atasnya ditaburkan nori ini, memberikan rasa berbeda. Begitupun halnya Eomuk yang terasa lebih segar karena berkuah bening bertabur wijen dan daun bawang, dengan jajanan dari ikan yang ditusuk seperti sate.

Microsite Untuk Pelancong

Lalu seperti apa microsite www.akudankorea.com, yang katanya bisa membantu para turis/pelancong  asal Indonesia, baik kelompok, keluarga, dan terutama wisatawan FIT (free independent traveler)?

Microsite ini menyediakan semua informasi wisata serta update mengenai kegiatan yang tersedia pada kampanye #Akudan Korea. Dari sini, KTO mengharapkan para wisatawan medapatkan  jawaban segala pertanyaan seputar wisata ke Korea, sehingga wisatawan Indonesia semakin tertarik untuk berkunjung dan menjelajahi Korea.

Street Food Korea Eomuk (dok.windhu)
Street Food Korea Eomuk (dok.windhu)
Microsite AkudanKorea memiliki sejumlah kanal untuk mempermudah wisatwan dalam mencari informasi yang mereka butuhkan, seperti :

-Event terbaru berisikan informasi terkair beragam acara menarik, seperti festival, acara terbaru yang diselenggarakan di Korea, atau acara di Indonesia yang diselenggarakan KTO Jakarta

-Destinasi berisikan info destinasi-destinasi yang paling dicari, destinasi baru, dan info wisata menarik seperti wisata Hallyu, tradisional dan destinasi unik lainnya yang cocok untuk wisatwaan FIT

-Penawaran  Khusus berisikan informasi berbagai promosi atau diskon yang ditawarkan oleh berbagai pelaku wisata seperti hotel, restoran, transportasi, toko-toko, tiket pesawat, dan lain.

-Testimoni, berisikan kesan dan saran dari teman-teman traveler yang sudah pernah ke Korea.

Selain informasi lengkap  wisatawan, terdapat beberapa aktivitas oline seru di microsite untuk meningkatkan awareness #AkudanKorea, yaitu PhotoChallenge dan Triviaquiz, yang berhadiah tiket pesawat ke Korea.

Lee Jong Suk di video destinasi wisata #akudankorea. sumber: www.akudankorea.com
Lee Jong Suk di video destinasi wisata #akudankorea. sumber: www.akudankorea.com
Tiga Maskapai

Guna mempermudah wisatawan mengunjungi  negara ginseng,  Korea Tourism Organization (KTO)  telah bekerjasama dengan Asiana Airlines, Garuda Indonesia dan Korea Air dengan memberikan harga spesial bagi wisatawan FIT Indonesia yang membeli tiket melalui ketiga maskapai tersebut.

Bagi FIT yang membeli tiket langsung di salah satui maskapai penerbangan tersebut, akan mendapat #akudankorea coupon book yang berisi diskon-diskon menarik dari hotel, restaurant, dan tempat wisata, tiket CGV  dan Seoul Discover Pass (1 kartu yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti transportasi saat di Korea dan diskon spesial ke tempat wisata di Seoul).

Berfoto dengan latar nuansa Korea. (dok.windhu)
Berfoto dengan latar nuansa Korea. (dok.windhu)
Irma dari KTO menyebutkan, ada promo ke Korea menggunakan Garuda Airlines dengan harga tiket untuk solo traveler mulai Rp4,8 juta, memakai Korean Airlines sebesar Rp5,8 juta, dan  Asiana start Rp4,6 juta,

Setelah mencicipi Tteokpokki dan Eomuk, mmendengarkan cerita para selebriti soal pengalaman Korea, memegang buku #AkudanKorea, siapa yang tidak membayangkan dan ingin ke Korea? Pergi alan-alan sendiri sebagai solo traveler atau wisatawan independen pun sudah dimudahkan dengan adanya microsite akudankorea.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun