Melamar kerja dan diterima kerja merupakan salah satu idaman setiap kandidat pelamar kerja atau setiap orang, untuk itu untuk mewujudkan hal tersebut maka kita tidak segan-segan untuk menampilkan hal terbaik dari sisi diri kita masing-masing. Namun terkadang itu semua tidak terjadi sesuai dengan apa yang kita perkirakan dan rencanakan. Terkadang apa yang kita yakini tidak selaras dengan apa yang dipertimbangkan dan diputuskan oleh pihak personalia perusahaan selaku pemberi keputusan berkarier dimana kita sedang melamar kerja.
Berikut adalah tips efektif dalam melamar kerja dimulai dari membuat surat lamaran
1. Kertas berwarna netral
2. Jenis dan ukuran front Standar, ukuran kertas A4
3. Surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup diketik rapi, ringkas dan jelas
- Cantumkan posisi yang dituju
- Cantumkan tanggal surat dan tanda tangan
- Bahasa mudah dipahami
- Cantumkan alamat tempat tinggal dan no. Telp yang mudah dihubungi
Hal yang perlu diperhatikan saat membuat Daftar Riwayat Hidup yaitu:
1) Personal data
2) Pendidikan formal
3) Pendidikan Non Formal/Traning
4) Keahlian khusus dan pengalaman Organisasi
5) Pengalaman kerja dan Job Descriptions
Hal penting lain yang harus diketahui adalah pembuatan history/catatan pengiriman lamaran,kapasitas maksimum yang diperbolehkan (email)karna apabila pengiriman data yang dikirimkan melebihi kapasitas itu bisa membuat pihak yang merekrut malas untuk membuka dan mendownload berkas tersebut karena membutuhkan waktu lama. Aplikasi yang digunakan standard yaitu Ms. Word, Pdf dan ukuran file dari scanner/image dibuat sekecil mungkin.
Sumber-sumber informasi lowongan dapat diperoleh dari berbagai media baik dari media cetak, internet, career center, network, agency dan lain-lain. Dalam memilih lowongan kerja juga harus disesuaikan dengan latar belakang si pelamar agar dapat dijadikan pertimbangan oleh para perekrut yang membutuhkan.
a. Kesesuaian antara keadaan diri dengan persyaratan jabatan
b. Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan
c. Mencari informasi mengenai posisi yang akan dpilih
d. Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja
Dokumen-dokumen yang dilampirkan pada saat melamar kerja adalah sebagai berikut:
- Surat lamaran
- Daftar riwayat hidup
- photocopy ijasah terakhir, transkrip nilai, sertifikat, surat referensi
- photocopy KTP
- photocopy KK
- photocopy SKCK
- pas photo
untuk pengiriman dokumen-dokumen lamaran kerja ini dapat mengunakan jasa pos dengan catatan alamat penerima dan pengirim harus jelas, melalui email dengan pertimbangan besar file disesuaikan dan rutin membaca email karena apabila ada panggilan atau balasan dari penerima bisa mengetahui dengan cepat, dengan cara datang langsung ke perusahaan (walk in interview).
Hal yang harus diperhatikan para pelamar pada saat mendapatkan panggilan kerja yaitu: menjawab telp dengan sopan, catat dengan baik nama penelpon, nama perusahaan, alamat perusahaan, no. Telp, contact person atau orang yang harus ditemui dan posisi apa yang ditawarkan, mencari informasi, jobdes dan perusahaan,melakukan survey lokasi agar mempermudah pelamar.
Persiapan tes/interview
persiapan merupakan hal yang berpengaruh besar pada saat melakukan interview dimulai dengan persiapan fisik yaitu dengan istirahat secukupnya, persiapkan pakaian yang akan dikenakan, dan sarapan secukupnya.
Persiapan mental dengan cara melupakan masalah yang ada, jaga kepercayaan diri, ciptakan first impression yang positif.
Sedangkan dalam persiapan teknis pelamar harus mempelajari lebih dalam bidang ilmu atau posisi yang akan dituju, kenali kelebihan anda untuk ditonjolkan dan persiapkan alat-alat yang harus dibawa.
Semogga tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya, dan artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas kuliah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H