Brand Skincare Mustika ratu Iklan edisi bengkoang series melakukan Promosi Iklan melalui media youtube edisi : Â say hi to mawar de jongh! | kulit cerah glowing seketika sejak skincarean pertama #InstaBrightGlow.
Didalam iklan tersebut menceritakan kegiatan seorang public figure yang memiliki jadwal yang cukup padat di luar ruangan kemudian public figure mengucapkan kalimat "seketika juga butuh skincare yang bikin kulit cerah glowing seketika", iklan tersebut langsung menampilkan produk Mustika Ratu Bengkoang Series  dan memberikan informasi tentang komposisi di dalam produk tersebut. kemudian menampilkan kalimat kalimat yang superlatif atau menjanjikan seperti  kalimat yang ditampilkan didalam iklan tersebut yaitu "1x pakai langsung glowing", "seketika cerah dan glowing sejak skincare an pertama", "kulit tampak cerah & glowing seketika", dan kalimat yang sama di ucap dan ditampilkan berulang ulang kali di dalam video tersebut.
Ini merupakan penggunaan kata superlatif atau kata kata yang menjanjikan, padahal realitanya jika menggunakan skincare ketika kita  gunakan, pada kenyataannya tidak cukup hanya digunakan sekali bisa langsung berubah seketika, membuat muka kita langsung glowing atau cerah hanya sekali pemakaian, namun memerlukan beberapa kali step pemakaian sampai bisa pada tahap muka yang diinginkan, dan dalam formula yang di gunakan pada setiap produk skincare atau perawatan tubuh tidak semua orang bisa cocok dengan formula tersebut, karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda beda pada nutrisi di wajah dan tubuh nya, didalam sebuah produk mungkin hanya beberapa saja yang cocok dengan formula nya dan tidak semua orang bisa cocok.
Namun didalam iklan tersebut yang diperankan oleh public figure yaitu Mawar De Jongh beberapa kali di tampilakan kata kata yang meng iming imingkan bermakna menjanijikan yang di ucap dan ditampilkan berulang kali kemudian menampilkan juga wajah Mawar De Jongh yang sedang memakai skincare itu dan langsung berubah menjadi cerah dan glowing.
Hal ini tertulis di  Etika Pariwara Indonesia Pasal  2.7" Kosmetika dan Produk Perawatan Tubuh "
2.7.2. "Iklan tidak boleh menjanjikan hasil mutlak seketika, jika ternyata penggunaannya harus dilakukan secara teratur dan terus-menerus."
2.7.3." Iklan tidak boleh menawarkan hasil yang sebenarnya berada di luar kemampuan produk kosmetika atau perawatan tubuh."
2.7.4. "Iklan tidak boleh memanipulasi tampilan atau menyajikan hasil tampilan yang bukan diperoleh dari penggunaan secara normal atau wajar dari produk terkait. " (Etika Pariwara Indonesia, 2020 : 31)
Dunia periklanan di indonesia saat ini terus berkembang industri kreatif periklanan semakin banyak bermunculan dan membuat karya karya iklan yang sedemikian rupa, Maka dari itu harus berhati hati dalam melakukan promosi iklan ketika akan menambahkan sebuah kalimat atau ucapan kata yang akan di tampilkan di sebuah video iklan. Jangan sampai kata kata yang menjanjikan dan kata yang bermakna instan di tampilkan dalam sebuah  viddo promosi iklan yang akan dibuat. hanya karna kelalaian kita atau kurangnya riset kita terhadap suatu etika periklanan indonesia. Maka  akan berdampak menjadi sebuah masalah karna telah melanggar etika periklanan.
Lakukan sebuah promosi iklan dengan apa adannya di dalam sebuah produk tidak perlu di lebih lebihkan atau dijanjikan dengan sesuatu kalimat yang maknanya instan dalam perubahan di sebuah tubuh seseorang. yang pada kenyataannya sebuah formula di dalam produk tidak semua orang bisa berhasil di dalam tubuhnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H