Mohon tunggu...
Rianblackcross
Rianblackcross Mohon Tunggu... Freelancer - Just for blogging, And enjoy read my content.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Just for blogging. And enjoy read my content.

Selanjutnya

Tutup

Games

Tips untuk Pengembangan Game yang Lebih Baik Lagi

28 November 2022   12:13 Diperbarui: 29 November 2022   09:53 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source Image : Freepik

Game melampaui setiap jenis aplikasi lainnya di Google Play Store, App Store, Steam, dan lain-lain yang merupakan lebih dari 20% dari hampir 2 juta aplikasi yang tersedia. Maka, tidak mengherankan untuk mengetahui bahwa perusahaan melompati pengembangan game onboard.

Terlebih lagi, bahkan bisnis yang tidak ada hubungannya dengan pasar game di masa lalu ingin masuk ke ceruk pasar. Ini bukan hanya tentang membuat game yang menyenangkan ini juga tentang melibatkan pengguna, menarik konsumen baru, dan mengarahkan mereka.

Namun, berdiri di tengah lautan pesaing sangatlah sulit. Bagaimana Anda bisa membedakan game Anda? Mulailah dengan tips ini.

Berfokus pada Pengguna

Sebelum mulai membuat aplikasi, kembangkan ide yang jelas tentang siapa target pengguna Anda. Akan sangat membantu untuk membuat persona tentang tipe orang yang akan tertarik pada game Anda. Selain itu, Anda harus melakukan riset pasar tentang keinginan, kesukaan, dan kebutuhan audiens target Anda, sehingga Anda dapat membuat produk yang merespons minat tersebut dan meningkatkan pengalaman pengguna (UX).

Teliti Game Anda dan Persaingannya

Selain menunjukkan dengan tepat minat dan keinginan pengguna target Anda yaitu calon gamer Anda harus mempertimbangkan kondisi pasar itu sendiri. Ide apa yang sedang populer saat ini? Jenis game apa yang telah bertahan dalam ujian waktu? Apa yang sedang dilakukan pesaing Anda?

Anda pasti ingin meneliti seluk beluk industri game untuk lebih memahami iklim dan jenis produk yang cenderung berhasil, serta produk yang pasti gagal untuk memastikan produk Anda tidak menjadi salah satunya.

Bisa Membuat Beda Dari Game Lain

Sekarang setelah Anda memahami pesaing dan audiens Anda sendiri, Anda juga harus mengidentifikasi cara untuk membedakan game Anda dari produk yang sudah mapan dan juga pendatang baru. Seperti yang mungkin Anda ketahui, pasar game sangat besar dan sangat ramai, jadi visi Anda untuk aplikasi Anda harus menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda, elemen yang tidak dapat ditemukan oleh gamer di tempat lain atau formula familiar dengan sentuhan yang bagus.

Memiliki Elemen Pengalaman yang Berbeda dalam Pikiran

Game simulasi terlibat, mungkin lebih terlibat daripada kebanyakan jenis aplikasi lainnya. Pengalamannya tidak statis, ini sangat interaktif. Anda harus mengingat semua elemen pengalaman yang berbeda, menyadari, misalnya:

  • Cerita
  • Skema warna
  • Karakter
  • Tema
  • Animasi

Tahap Pengujian

Bahkan bug terkecil yang tampaknya tidak signifikan dapat menggagalkan seluruh permainan Anda. Untuk meminimalkan prevalensi cacat, Anda harus menguji game secara menyeluruh dan ketat selama siklus pengembangan dan sebelum penerapan. Ini sangat penting karena game adalah produk yang interaktif dan dinamis yang membutuhkan perhatian terhadap detail.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Games Selengkapnya
Lihat Games Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun