Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, Lahir: Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam. S1-FKIP UMSB. Hobi: Menulis, membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi, cerpen, puisi, dan Topik Pilihan Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Keterampilan Berkomunikasi yang Efektif Secara Lisan oleh Siswa

8 Maret 2023   21:18 Diperbarui: 8 Maret 2023   22:13 3654
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelompok sedang Berdebat (dokpri Yusriana)

LAPORAN HASIL KARYA SISWA
KETERAMPILAN  BERKOMUNIKASI YANG EFEKTIF  SECARA LISAN OLEH SISWA
DI MTsN PADANG PANJANG

A. KETERAMPILAN BERTANYA DAN MENJAWAB

Bertanya dan menjawab merupakan upaya atau metode yang digunakan oleh guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran agar tercipta suasana yang kondusip dalam pembelajaran.

Dalam pengembangan keterampilan bertanya dan menjawab di kegiatan kokurikuler maupun ekstra kurikuler  sangat perlu dikembangkan. 

Misalnya pada kegiatan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling-Remaja) berupa kegiatan debat antar kelompok, pemilihan duta kartini, debat kandidat pemilihan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah),  dan wawancara pengurus organisasi ekstra kurikuler.

Siswa berdiskusi dan bertanya jawab (dokpri Yusriana)
Siswa berdiskusi dan bertanya jawab (dokpri Yusriana)

B. KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT

Bahasa sebagai alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui bahasa seseorang dapat menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan tujuan menyampaikan informasi tertentu.

Bahasa memiliki peran penting dalam segala perkembangan intelektual, sosial, maupun emosial siswa.

Pengembangan keterampilan mengemukakan pendapat di MTsN Padang Panjang bertujuan untuk :

1. Membiasakan siswa beranikan dalam mengungkapkan pendapatnya dengan jelas.
2qe. Membiasakan siswa mampu menyampaikan gagasan atau ide di depan publik.
3. Membiasakan siswa mampu mengontrol logat bicara sehingga senantiasa sopan dan santun.
4. Membiasakan siswa menggunakan kosakata yang baik dan benar dalam berbicara.
5. Membiasakan keterampulan siswa dalam  berbicara dengan lancar.
6. Meningkatkan kepercayaan diri siswa tampil di depan publik.

Pembiasaan atau kegiatan di MTsN Padang Panjang itulah yang mendorong tercapainya keterampilan mengungkapkan pendapat, adalah :

1. Melalui pembinaan karakter tiap pekan,
2. Pembiasaan memberikan ceramah, kulim, dan pidato di apel pagi.

Adapun hasil yang diperoleh dari pembiasaan tersebut adalah :

1. Meraih juara debat dalam bahasa Inggris
2. Juara pidato
3. Juara Puisi

Juara Puisi diminta tampil berpuisi di lapangan saat apel pagi (dokpri)
Juara Puisi diminta tampil berpuisi di lapangan saat apel pagi (dokpri)

C. KETERAMPILAN MELAKUKAN PRESENTASI

Presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi adalah kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat, atau informasi kepada orang lain.

Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi dibawakan siswa saat meyampaikan ide atau gagasan.

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).

Pembiasaan / kegiatan ekstra kulikuler yang diterapkan di MTsN Padang Panjang untuk mewujudkan  siswa yang memiliki keterampilan melakukan presentasi selain dilakukan di saat proses pembelajaran, juga dilakukan dipembinaan karakter dan pada saat apel pagi.

Hasil yang dicapai dari kegiatan ekstra kulikuler tersebut,

Pertama, siswa berani dan mampu melakukan prsentasi di apel pagi tersebut.

Kedua, siswa mampu mempresentasikan profil sekolah serta mempromosikan sekolah baik secara langusung maupun menggunakan sosial media.

Presentse Matematika (dokpri)
Presentse Matematika (dokpri)

C.KETERAMPILAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (MULTIMEDIA)

Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan tautan (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia gim, dan juga pembuatan situs web. Pemanfaatan multimedia termasuk juga dalam bidang pendidikan dan bisnis.

Di bidang pendidikan, multimedia dimanfaatkan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara mandiri atau otodidak. Di bidang bisnis, multimedia dimanfaatkan dalam media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem pembelajaran daring.

Penggunaan TIK (multimedia) di kegiatan ekstra kulikuler sering dilakukan di MTsN Padang Panjang , beberapa karya yang diciptakan oleh siswa terkait video dan desain-desain poster bisa di lihat di facebook dan juga di instagram MTsN Padang Panjang.

Siswa Presentase di depan kelas (dokpri)
Siswa Presentase di depan kelas (dokpri)

Karya siswa dengan IT di kompasiana (screenshoot kompasiana)
Karya siswa dengan IT di kompasiana (screenshoot kompasiana)

Keterampilan berkomunikasi secara lisan merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa untuk dimiliki karena mereka akan menggunakannya saat berinteraksi di sekolah, di tempat kerja, dan di lingkungan lain.

Berikut beberapa cara yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi secara lisan:

1. Menyampaikan pesan dengan jelas.

Siswa berlatih menyampaikan pesan. Mereka  menggunakan kata-kata yang tepat dalam menyampaikan pesan dengan jelas. Ini harus dilatih agar mereka terbiasa.

2. Mendengarkan dengan aktif.

Siswa berlatih mendengarkan dengan aktif dan siswa memastikan bahwa mereka faham atas pesan yang disampaikan. Mereka berlatih mengulangi pesan yang disampaikan agar mereka memahami dengan benar. Kemudian bisa melisankan kembali.

3. Menjawab pertanyaan dengan jelas.

Siswa harus memastikan bahwa mereka bisa menjawab pertanyaan dengan jelas dan menyampaikan pesan dengan jelas. Bila sudah mendengar dengan baik.

4. Menggunakan bahasa tubuh.

Menggunakan bahasa tubuh atau gestur tubuh agar sesuai untuk menyampaikan pesan. Mereka bisa menggunakan gerakan kecil-kecil guna  mendukung penyampaian pesan mereka dengan jelas.

5. Mengontrol emosi.

Mengontrol emosi ketika berbicara dengan orang lain sangat penting. Pastikan bahwa mengontrol emosi bagian dari berbicara. Emosi yang terkontrol melahirkan bahasa sopan dan santun.

Dengan berlatih, siswa dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini akan membantu dalam mencapai tujuan di sekolah, di tempat kerja, dan di lingkungan lainnya.

PENUTUP

Keterampilan berkomunikasi sangatlah penting. Siswa secara efektif dapat dilatih berkomunikasi melalui lisan. Hal ini dilakukan sekolah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyampaiakan ide atau gagasan mereka, baik secara langsung maupun melalui media sosial. 

Membiasakan siswa berkomunikasi secara aktif melalui lisan, dapat mendorong keberanian siswa untuk mengungkapkan pendapatnya. Hal ini Sejalan dengan Motto sekolah 'Prestasi Melalui IT.'

Maka harapan kita, kegiatan-kegiatan seperti yang telah dilakukan di atas,  mampu mewujudkan motto sekolah. Kami menyadari banyak kekurangan –kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan maupun dalam  pelaporan ini, untuk itu kami mohon maaf.

Semoga kekurangan yang ditemui dapat menjadi awal menuju lebih baik lagi dimasa akan datang.

Demikianlah laporan ini kami susun dan kritik dan saran sangat kami perlukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan dan penulisan laporan ditahun berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun