Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Teks Laporan Percobaan
Profil Pelajar Pancasila merupakan visi yang ingin diwujudkan Kemendikbudristek melalui Permendikbud nomor 22 tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024.
Pelajar Pancasila sendiri merupakan perwujudan pelajar Indonesia seabgai pelajar sepanjang hayat dengan kompetensi global dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Inilah konten pembelajaran kita kali ini untuk kelas IX Bahasa Indonesia. Masih kurikulum K-13, kita modivikasi dengan kurikulum merdeka belajar. Untuk mewujudkan visi Kemendikbudristek tersebut
Konten pembelajaran ini masih bersifat teoritis dan rancangan. Belum diujicobakan dengan resep "Menyiasati Pembuatan Ayam Krispi yang Krenyezzz..." Mohon maaf jika foto pendukung belum ada.
Tapi konten TAP (Tahapan Alur Pembelajaran) ini sudah dicobakan pada "Daur Ulang Barang Bekas." Pada siswa tahun Pembelajaran 2021. Rencananya Konten TAP ini akan dicobakan pada siswa tahun ini, Juli 2022
Materi Esensial: Menulis Teks Laporan Percobaan
Percobaan : Pembuatan Ayam Krispi yang Krenyezzz
Metode : Projeck Based Learning.
Dengan kosep dasar:
Peserta didik belajar dengan keterlibatan dalam proyek-proyek dunia nyata dan setiap aspek perubahan pengalaman mereka.
Pembelajaran model ini juga menyebabkan pergeseran peran guru tidak lagi sebagai ahli menyampaikan konten, atau hanya membagikan informasi dalam potongan yang kecil.
Penerapan model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadikan suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih “hidup” dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih bersemangat dalam belajar dan lebih peka terhadap lingkungan.
Mereka lebih aktif dalam belajar, menghadapi kondisi riil dalam kehidupan dan menghasilkan produk/karya tidak sebatas pada menghafal teori atau menerima informasi saja. Wikepedia.
CP: Menulis Teks Laporan Percobaan tentang Percobaan Pembuatan Ayam Krispi yang Krenyezzzz...
Prinsip pembelajaran sesuai Profil Pelajar Pancasila
Siswa beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Pembukaan sampai Proses Menjual Ayam Krispi
Karakter siswa yang diharapkan
Siswa mampu mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, berkolaborasi, dan berkreasi.
Proses penentuan kelompok hingga deadline
I. TAP: Tahapan Alur Pembelajaran 1 dan 2 JP
Diskusi proyek 1
Pembukaan
1. Start With the Essential Question
Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial. Pertanyaan yang dapat memberi penugasan kepada peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.
Topik penugasan dikaitkan dengan dunia nyata yang relevan dan bermakna untuk peserta didik, dimulai dengan sebuah investigasi mendalam. Seperti ini:
- Menyiapkan kelas yang kondusif
- Berdoa
- Bertanya jawab kabar
- Bertanya jswab cita-cita ke depan
- Bertanya jawab hobi
-Apersepsi dan absensi
- Memutuskan hobi terbanyak sebagai masalah yang akan dituntaskan.
Misalnya siswa memilih hobi foodi memasak ayam krispi krenyezzz
2. Design a Plan for the Project)
Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peserta didik. Dengan demikian peserta didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek ini.
Perencanaan berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial, dengan cara mengintegrasikan berbagai subjek yang mungkin, serta mengetahui alat dan bahan yang dapat diakses untuk membantu penyelesaian proyek.
-Mengajukan pertanyaan
-Apa nama kegiatan kita
-Apa yang akan kita lakukan
-Untuk apa kita melakukan ini
-Siapa yang melakukan kegiatan
-Di mana kita melakukan kegiatan
-Kapan kita melakukan kegiatan ini
-Apa saja yang kita perlukan dalam kegiatan ini
-Bagaimana cara melakukan kegiatan
-Bagaimana hasil kegiatan
-Kesimpulan
-Saran
-Mau kita apakan hasil kegiatan ini
3. Create a Schedule
Guru dan peserta didik secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain :
(1) membuat timeline (alokasi waktu) untuk menyelesaikan proyek;
14-15-25 Juli 2022
(2) membuat deadline (batas waktu akhir) penyelesaian proyek;
25 Juli 2022
(3) membawa peserta didik agar merencanakan cara yang baru;
Menyiapkan anggota kelompok siswa
Menyiapkan ketua, sekretaris, dan moderator kelompok
(4) membimbing peserta didik ketika mereka membuat cara yang tidak berhubungan dengan proyek;
Mengidentifikasi tugas siswa
(5) meminta peserta didik untuk membuat penjelasan (alasan) tentang pemilihan suatu cara.
Siswa menulis alasan pemilihan anggota kelompok
Siswa menuliskan alasan pembagian/identifikasi tugas
4. Monitor the Students and the Progress of the Project
Guru bertanggung jawab untuk melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek.
Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi peserta didik pada setiap proses.
Dengan kata lain guru berperan menjadi mentor bagi aktivitas peserta didik. Agar mempermudah proses monitoring, dibuat sebuah rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang penting.
Menyediakan aplikasi tugas jika siswa memakai android
Menyediakan daftar pertanyaan
5. Assess the Outcome
Penilaian dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran
yang sudah dicapai peserta didik, membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya.
Alasan siswa : Sangat Logis (SL);Logis (L); Kurang Logis (KL); dan Tidak Logis (TL)
KL dan TL harus diperbaiki oleh kelompok.
f. Evaluate the Experience
Pada akhir pembelajaran, guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok.
Menanyakan apakah ada permasalahan lain?
Bertanya jawab
Memberikan tugas tentang pembuatan ayam krispi.
Siswa mencari bahan dasar pembuatan ayam krispi
Menyimpulkan hasil belajar.
Proyeksi nilai TAP 1: SL= 93-100; L= 86-92; KL = 80-85; TL=70-79
Baca Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Indonesia: Menulis Teks Laporan Percobaan (2).
Melalui proses dan tahapan di atas Profil Pelajar Pancasila sudah dapat dicapai. Sesuai uji coba TAP tahun 2021 pada materi esensial Menulis Teks Laporan Percobaan dengan tema 'Daur Ulang Barang Bekas.'
Contoh laporan siswa 'Daur Ulang Barang Bekas.'
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI