Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, Lahir: Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam. S1-FKIP UMSB. Hobi: Menulis, membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi, cerpen, puisi, dan Topik Pilihan Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Indonesia: Laporan Percobaan (1)

10 Juli 2022   07:58 Diperbarui: 22 Juli 2022   05:11 2900
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Teks  Laporan Percobaan 

Profil Pelajar Pancasila merupakan visi yang ingin diwujudkan Kemendikbudristek melalui Permendikbud nomor 22 tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024.

Pelajar Pancasila sendiri merupakan perwujudan pelajar Indonesia seabgai pelajar sepanjang hayat dengan kompetensi global dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Inilah konten pembelajaran kita kali ini untuk kelas IX Bahasa Indonesia. Masih kurikulum K-13, kita modivikasi dengan kurikulum merdeka belajar. Untuk mewujudkan visi Kemendikbudristek tersebut

Konten pembelajaran ini masih bersifat teoritis dan rancangan. Belum diujicobakan dengan resep "Menyiasati Pembuatan Ayam Krispi yang Krenyezzz..." Mohon maaf jika foto pendukung belum ada.

Tapi konten TAP (Tahapan Alur Pembelajaran) ini sudah dicobakan pada "Daur Ulang Barang Bekas." Pada siswa tahun Pembelajaran 2021. Rencananya Konten TAP ini akan dicobakan pada siswa tahun ini, Juli 2022

Materi Esensial: Menulis Teks Laporan Percobaan

Percobaan : Pembuatan Ayam Krispi yang Krenyezzz

Metode : Projeck Based Learning.

Dengan kosep dasar:

Peserta didik belajar dengan keterlibatan dalam proyek-proyek dunia nyata dan setiap aspek perubahan pengalaman mereka.

Pembelajaran model ini juga menyebabkan pergeseran peran guru tidak lagi sebagai ahli menyampaikan konten, atau hanya membagikan informasi dalam potongan yang kecil.

Penerapan model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadikan suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih “hidup” dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih bersemangat dalam belajar dan lebih peka terhadap lingkungan.

Mereka lebih aktif dalam belajar, menghadapi kondisi riil dalam kehidupan dan menghasilkan produk/karya tidak sebatas pada menghafal teori atau menerima informasi saja. Wikepedia.

CP: Menulis Teks Laporan Percobaan tentang Percobaan Pembuatan Ayam Krispi yang Krenyezzzz...

Prinsip pembelajaran sesuai Profil Pelajar Pancasila

Siswa beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Pembukaan sampai Proses Menjual Ayam Krispi

Karakter siswa yang diharapkan

Siswa mampu mengambil keputusan, menyelesaikan masalah,  berkolaborasi, dan berkreasi.

Proses penentuan kelompok hingga deadline

I. TAP: Tahapan Alur Pembelajaran  1 dan 2 JP

Diskusi proyek 1

Pembukaan

1. Start With the Essential Question

Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial. Pertanyaan yang dapat memberi penugasan kepada peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.

Topik penugasan dikaitkan dengan dunia nyata yang relevan dan bermakna untuk peserta didik, dimulai dengan sebuah investigasi mendalam. Seperti ini:

- Menyiapkan kelas yang kondusif

- Berdoa

- Bertanya jawab kabar

- Bertanya jswab cita-cita ke depan

- Bertanya jawab hobi

-Apersepsi dan absensi

- Memutuskan hobi terbanyak sebagai masalah yang akan dituntaskan.

Misalnya siswa memilih hobi foodi memasak ayam krispi krenyezzz

2. Design a Plan for the Project)

Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peserta didik. Dengan demikian peserta didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek ini. 

Perencanaan berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung dalam menjawab pertanyaan esensial, dengan cara mengintegrasikan berbagai subjek yang mungkin, serta mengetahui alat dan bahan yang dapat diakses untuk membantu penyelesaian proyek. 

-Mengajukan pertanyaan 

-Apa nama kegiatan kita

-Apa yang akan kita lakukan

-Untuk apa kita melakukan ini

-Siapa yang melakukan kegiatan

-Di mana kita melakukan kegiatan

-Kapan kita melakukan kegiatan ini

-Apa saja yang kita perlukan dalam kegiatan ini

-Bagaimana cara melakukan kegiatan

-Bagaimana hasil kegiatan

-Kesimpulan

-Saran

-Mau kita apakan hasil kegiatan ini

3. Create a Schedule

Guru dan peserta didik secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain :
(1) membuat timeline (alokasi waktu) untuk menyelesaikan proyek;

14-15-25 Juli 2022

(2) membuat deadline (batas waktu akhir) penyelesaian proyek;

25 Juli 2022


(3) membawa peserta didik agar merencanakan cara yang baru; 

Menyiapkan anggota kelompok siswa

Menyiapkan ketua, sekretaris, dan moderator kelompok

(4) membimbing peserta didik ketika mereka membuat cara yang tidak  berhubungan dengan proyek;

Mengidentifikasi tugas siswa

(5) meminta peserta didik untuk membuat penjelasan (alasan)  tentang pemilihan suatu cara.

Siswa menulis alasan pemilihan anggota kelompok

Siswa menuliskan alasan pembagian/identifikasi tugas

4. Monitor the Students and the Progress of the Project

Guru bertanggung jawab untuk melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek.

Monitoring dilakukan dengan cara menfasilitasi peserta didik pada setiap proses. 

Dengan kata lain guru berperan menjadi mentor bagi aktivitas peserta didik. Agar mempermudah proses monitoring, dibuat sebuah rubrik yang dapat merekam keseluruhan aktivitas yang penting.

Menyediakan aplikasi tugas jika siswa memakai android

Menyediakan daftar pertanyaan

5. Assess the Outcome

Penilaian dilakukan untuk membantu guru dalam mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan masing- masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran
yang sudah dicapai peserta didik, membantu guru dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya.

Alasan siswa : Sangat Logis (SL);Logis (L); Kurang Logis (KL); dan Tidak Logis (TL)

KL dan TL harus diperbaiki oleh kelompok.

f. Evaluate the Experience

Pada akhir pembelajaran, guru dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok.

Menanyakan apakah ada permasalahan lain?

Bertanya jawab

Memberikan tugas tentang pembuatan ayam krispi.

Siswa mencari bahan dasar pembuatan ayam krispi

Menyimpulkan hasil belajar.

Proyeksi nilai TAP 1: SL= 93-100; L= 86-92; KL = 80-85; TL=70-79

Baca Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Bahasa Indonesia: Menulis Teks Laporan Percobaan (2).

Melalui proses dan tahapan di atas Profil Pelajar Pancasila sudah dapat dicapai. Sesuai uji coba TAP tahun 2021 pada materi esensial Menulis Teks Laporan Percobaan  dengan tema 'Daur Ulang Barang Bekas.'

Contoh laporan siswa 'Daur Ulang Barang Bekas.'

Coverdepan: docpri
Coverdepan: docpri

BAB I : Docpri
BAB I : Docpri

BAB II : Docpri
BAB II : Docpri

BAB III : Docpri
BAB III : Docpri

Proses Daur Ulang : Doc.pri
Proses Daur Ulang : Doc.pri

Hasil Daur Ulang : Docpri
Hasil Daur Ulang : Docpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun