Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mini Trip KRL Jogja - Solo Dibuka untuk Umum. Sudah Daftar?

30 Januari 2021   20:38 Diperbarui: 31 Januari 2021   06:36 1047
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
KRL Jogja-Solo (dok. Riana Dewie)

 "Jug gicak gicuk gicak gicuk.... Kereta berangkat.... Jug gicak gicuk gicak gicuk.... Hatiku gembira.....", sebuah lagu yang dulu tak jarang membuat badan saya ikut bergoyang. Jiahh, udah ketebak kan lagu ini menceritakan tentang apa? Yap betul, perjalanan dengan kereta.

Dulu kan suaranya emang gijak gicuk gicak gicuk, maklum kereta tua. Tapi, kalau yang sekarang mah suaranya suurrrr .... nyessss, alias dilengkapi dengan teknologi terbaru yang nyaris tanpa getaran atau suara kereta yang berisik, kecuali saat klakson berbunyi ya. Hihihi... 

Lha, kok bahas kerena dari tadi? Hihihi... Saya kan habis jalan-jalan sembari reyen kereta baru. Ya, ini adalah sebuah cerita tentang perjalanan mini saya bersama KRL Jogja - Solo.

Setelah akhir tahun lalu saya bisikin bahwa PT Kereta Api Indonesia (KAI) lewat anak perusahaannya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sudah pasang kuda-kuda untuk mengaktifkan Kereta Rel Listrik (KRL) yang selama ini hanya beroperasi di Jabodetabek, kini masyarakat Jogja - Solo sudah bisa icip-icip kereta yang digadang-gadang lebih ramah lingkungan ini.

Informasi terkait ini tentunya telah tersebar seantero jagat raya, apalagi kemarin saya juga mendapat undangan untuk bisa merasakan nikmatnya perjalanan di dalam kerata yang wus-wus... cepat kilat sampai di tujuan.

Saya dan kawan-kawan komunitas mencoba KRL Jogja-Solo (dok. Vika K)
Saya dan kawan-kawan komunitas mencoba KRL Jogja-Solo (dok. Vika K)

Uji coba KRL jogja - Solo ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama diikuti oleh kalangan komunitas dan pewarta di tanggal 20 Januari 2021 hingga akhir bulan, termasuk saya yang mendapat jatah di rentang waktu tersebut. Selanjutnya, akan ada uji coba publik yang rencananya dilaksanakan mulai tanggal 1 Februari 2021. 

Publik? Betul, yang artinya masyarakat umum sudah diperbolehkan untuk mencoba fasilitas KRL ini untuk jurusan Jogja -Solo maupun sebaliknya. Kabarnya lagi, biaya tiket untuk masa uji coba ini hanya Rp. 1 loh... Wow :D

Cara Mengikuti Uji Coba KRL Jogja - Solo? Download "KRL Access"

Antri tiketnya dimana ya? Hari gini kok masih mengantri sih. Via online donk, praktis :D Nah, buat kamu yang sudah kepo dengan produk barunya PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) ini, boleh banget mendaftar secara online melalui aplikasi KRL Access. 

Caranya? Kamu hanya tinggal unduh aplikasi KRL Access, boleh melalui Playstore jika ponselmu Android atau Appstore untuk ponsel iOS.

Setelah itu, kamu hanya perlu mengikuti langkah sesuai yang tertera pada aplikasi, yaitu mengaktifkan akun serta memilih nomor antrean mulai jam 00.00 WIB setiap harinya (pendaftaran untuk uji coba KRL hanya dilakukan untuk keberangkatan di hari sama). Pilih antrian pada jadwal kuota yang tersedia dan melakukan konfirmasi pilihan keberangkatan. Nah, nomor antrean sudah kepegang deh :D

Wajib Memiliki Kartu Multi Trip (KMT)

Setelah itu bisa langsung ikut? Belum dong. Namanya juga buat rebutan, jadi wajib mengikuti prosedur ya :D

Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah setiap calon penumpang wajib memiliki Kartu Multi Trip (KMT). Anggap saja ini sebagai tiket untuk naik kereta yang fungsinya untuk Tap In di stasiun keberangkatan dan Tap Out di stasiun tujuan. 

Kartu Multi Trip (KMT)
Kartu Multi Trip (KMT)

Nah, bagaimana cara dapetin KMT ini? Tenang, di seluruh loket stasiun mulai dari Jogja hingga Solo sudah tersedia kok. Dari kemarin sih kabarnya sudah diserbu oleh banyak orang, so buruan beli biar gak kehabisan :D     

Harga kartunya berapa? Setiap penumpang akan dikenai biaya sebesar Rp. 30.000, dimana ini sudah termasuk saldo Rp. 10.000. Oh ya, sekali naik KRL (hari biasa), kamu hanya perlu memangkas saldo KMT sebesar Rp. 8.000. Murah ya :D 

Jangan lupa juga, di dekat loket sudah tersedia layanan pembelian kartu dan isi ulang kartu. Jadi, fasilitasnya bisa dibilang sudah lengkap untuk memudahkan penumpang mengakses kereta ini :D

Gate untuk Tap in & Tap out (Dok. Riana Dewie)
Gate untuk Tap in & Tap out (Dok. Riana Dewie)

Fasilitas KRL Jogja - Solo 

Seingat saya, perjalanan naik kereta Jogja - Solo menggunakan Prameks hanya berhenti di enam stasiun saja. Namun saat kemarin saya mengikuti perjalanan mini ini, ternyata ada sekitar 11 stasiun yang dihinggapi.

Hahaha... Duh, bahasanya apa, pokoknya KRL ini berhenti di 11 stasiun gitu, yaitu Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Maguwo, Stasiun Brambanan, Stasiun Srowot, Stasiun Klaten, Stasiun Ceper, Stasiun Delanggu, Stasiun Gawok, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solobalapan.

Fasilitas Nyaman KRL Jogja - Solo (Dok. Vika K)
Fasilitas Nyaman KRL Jogja - Solo (Dok. Vika K)

Berapa lama perjalanannya? Ya, kira-kira sekitar 60-70 menit saya menghabiskan waktu di dalam kereta yang cozy ini. Bolehlah disebut bisa ngirit sekitar 30 menit dari kereta Prameks ya. Terus jangan kaget jika di dalam kereta tidak ada toilet karena memang bisa dikatakan perjalanan dengan KRL itu short trip, jadi ya dimohon para penumpang untuk sadar diri mampir toilet dulu di stasiun keberangkatan. Hihihi...

Kalau dari fasilitas bagian dalam kereta sih, sudah nyaman menurut saya. Dengan tempat duduk memanjang di bawah jendela dan berhadapan dengan sisi yang berlawanan, kereta ini cukup banyak menampung penumpang dengan formasi 'physical distancing' alias tempat duduk penumpang yang disetting berjarak dengan penumpang lainnya. 

Formasi yang sama berlaku juga untuk penumpang yang berdiri, ditambah media pegangan tangan yang membuat penumpang lebih nyaman.  

Dilarang Duduk di Kursi Ini (bertanda merah)
Dilarang Duduk di Kursi Ini (bertanda merah)

Selain AC ruangan yang adem, udara didalamnya cukup segar dan bersih karena petugas kebersihan secara kontinyu membersihkan lantai dan kaca. Ditambah lagi larangan untuk membawa makanan di atas kereta, kurang lebih kebersihan kereta akan terus terjaga. Nah, untuk menjaga kenyamanan bersama di masa pandemi, para penumpang juga dilarang untuk berbicara satu sama lain. Pssstt!

Yuk, jaga Kenyamanan saat Berkereta 

Buat kamu yang udah gak sabar lagi untuk cobain kereta yang rencananya akan melakukan 20 perjalanan setiap harinya ini, yuk ah buruan instal aplikasi KRL Access juga beli KMT sebagai password perjalanan kamu. Pastikan fisik kamu sehat ya sebelum berangkat, karena nanti akan ada petugas yang memeriksa suhu badan untuk memastikan bahwa kondisi fisik penumpang baik. 

Jangan lupa juga memakai masker dan selalu bawa hand sanitizer demi kenyamanan, walaupun di stasiun sudah tersedia tempat cuci tangan.

Oh ya ada satu hal lagi yang perlu digarisbawahi, bahwa durasi buka-tutup pintu kereta sangatlah singkat, kira-kira hanya sekitar 1 menit. Oleh karenanya, untuk seluruh penumpang yang ingin naik ataupun turun diharapkan gerak cepat. Apalagi bagi mereka yang hendak naik, usahakan kilat ya agar tidak ketinggalan kereta. Hahahah.... 

Ini dialami oleh seorang kawan komunitas saya, dimana do'i keasyikan di toilet dan alhasil saat mendekati kereta, pintu sudah tertutup rapat.

KRL Jogja - Solo (dok. Riana Dewie)
KRL Jogja - Solo (dok. Riana Dewie)

"Padahal udah aku ketuk-ketuk, gak ada yang denger...", katanya dengan perasaan gemes-gemes kecewa gitu. Hahaha, lagian aneh-aneh saja, pintu kereta kan dirancang dengan sistem operasi otomatis, masak iya secara manual mau terbuka setelah diketuk dari luar. 

Wkwkwk... Nah, ini buat pelajaran bersama ya, tentunya segala peraturan dibuat demi keamanan & kenyamanan seluruh penumpang selama naik KRL.    

Itulah sedikit bocoran mini trip saya bersama KRL Jogja-Solo yang menurut saya sudah cukup oke, baik fasilitas maupun pelayanannya. Selamat berjalan-jalan dengan KRL, ingat jangan berisik di dalam dan tetap jaga protokol kesehatan :D

Riana Dewie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun