Mohon tunggu...
Riana DewiPuspitasari
Riana DewiPuspitasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo semuanya, selamat datang terima kasih telah berkunjung ke profile kami!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Tes Hasil Belajar dalam Proses Pembelajaran

30 Juni 2024   12:07 Diperbarui: 30 Juni 2024   12:08 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Apa sih tes hasil belajar itu?

Tes hasil belajar merupakan alat atau metode untuk mengukur sejauh mana seseorang telah memahami materi pelajaran atau mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Tujuan dari tes hasil belajar adalah untuk mengevaluasi pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan kemampuan yang dimiliki seseorang setelah mengikuti suatu proses pendidikan atau pelatihan. Hasil dari tes tersebut dapat memberikan gambaran tentang seberapa efektif proses pembelajaran tersebut dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki dalam pendidikan.

1. Apakah Tes Hasil Belajar Penting Dalam Pembelajaran?

Secara keseluruhan, tes hasil belajar bukan hanya sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai bagian integral dari proses pembelajaran yang membantu meningkatkan mutu pendidikan dan pencapaian akademik siswa.

2. Jenis- Jenis Tes Hasil Belajar

Tes hasil belajar terdapat 3 jenis, diantaranya :

  • Tes Tertulis

Pelaksanaanya lebih menekankan  pada penggunaan kertas dan pencil sebagai instrument utamanya,sehingga tes mengerjakan soal atau jawaban ujian pada kertas ujian secara tertulis,baik dengan tulisan tangan atau computer.

  • Tes Lisan

Tes ini dilakukan dengan cara pembicaraan atau wawancara tatap muka antara guru dan murid.

  • Tes Perbuatan

Mengacu pada proses penampilan seseorang dalam melakukan sesuatu unit kerja (mengutamakan perbuatan peserta didik).

3. Ciri-Ciri Tes Yang Baik

  • Validitas

Apabila tes tersebut dapat tepat mengukur apa yang hendak diukur.

  • Reabilitas

(dipercaya) / dapat dipercaya jika memberikan hasil yang tetap apabila diteskan berkali-kali.

  • Objektivitas

Apabila dalam melaksanakan tes itu ada factor objektif yang mempengaruhi.

  • Praktikabilitas

Apabila tes tersebut bersifat praktis dan mudah pengadministrasiannya.

  • Ekonomis

Pelaksanaan tes tersebut tidak membutuhkan ongkos atau biaya yang mahal ,tenaga yang banyak, dan waktu yang lama.

3. Langkah-Langkah Pengembangan Tes Hasil Belajar

Ada enam (6) tahap dalam merencanakan dan Menyusun tes agar diperoleh tes yang baik, yaitu :

  • Pengembangan spesifikasi tes adalah ukuran yang menunjukkan kualitas tes dan ciri-ciri yang akan dikembangkan (diperhatikkan) : menentukan tujuan, Menyusun kisi-kisi soal, memilih tupe-soal, merencanakan Tingkat kesukaran soal, merencanakan banyak soal, merencanakan jadwal penerbitan soal.
  • Penulisan Soal
  • Penelaahan soal, yaitu menguji validitas soal yang bertujuan untuk mencermati apakah butir-butir soal yang disusun sudah tepat  untuk mengukur tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan, ditinjau dari segi isi/materi, kriteria dan psikologis.
  • Pengajuan butir-butir soal secara empiris, kegiatan ini sangat penting jika soal yang dibuat akan dilakukan.
  • Penganalisisan hasil uji coba.
  • Pengadministrasian Soal.

4. Ciri-Ciri Penyusunan Tes

  • Bersifat valid atau memiliki validitas
  • Telah memiliki reliabilitas atau bersifat reliabel
  • Bersifat objektif
  • Bersifat praktis (practicability) (-- bersifat sederhana,lengkap,bersifat ekonomis)

5. Prinsip-prinsip Dasar dalam Penyusunan Tes Hasil Belajar

  • Tes hasil belajar harus dapat mengukur secara jelas hasil belajar (learning outcomes) yang telah ditetapkan sesuai denga tujuan instruksional.
  • Butir-butir soal tes hasil belajar
  • Bentuk soal yang dikeluarkan dalam tes dibuat bervariasi
  • Tes didesain sesuai dengan kegunaannya  untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
  • Tes harus memiliki reliabilitas yang dapat diandalkan, artinya setelah dilaksanakan berkali-kali terhadap subjek yang sama, hasilnya selalu sama.
  • Tes hasil belajar dijadikan alat pengukuran untuk memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru.

6. Manfaat Tes Hasil Belajar

Tes hasil belajar sangat penting dalam pembelajaran karena memiliki beberapa manfaat utama:

  • Mengukur Pemahaman

Tes membantu guru dan lembaga pendidikan mengukur sejauh mana siswa memahami materi pelajaran yang diajarkan.

  • Menilai Kemajuan

Tes memberikan gambaran tentang kemajuan individu siswa dari waktu ke waktu, memungkinkan identifikasi area yang perlu perbaikan atau yang sudah berhasil dikuasai.

  • Evaluasi Pengajaran

Hasil tes juga membantu guru mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang digunakan. Dengan melihat hasil tes, guru dapat menyesuaikan pendekatan pembelajaran agar lebih efektif.

  • Orientasi Kurikulum

Tes dapat membantu dalam menentukan keberhasilan kurikulum secara keseluruhan, serta membantu dalam merancang pengembangan kurikulum yang lebih baik di masa depan.

  • Motivasi dan Penghargaan:

Tes juga bisa menjadi sarana untuk memberikan penghargaan atau pengakuan atas pencapaian siswa, yang dapat memotivasi mereka untuk belajar lebih baik lagi.

Dengan demikian, tes hasil belajar tidak hanya menjadi alat untuk mengukur pencapaian siswa, tetapi juga menjadi bagian integral dari proses pembelajaran yang efektif dan terarah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun