Mohon tunggu...
Ria Cahya
Ria Cahya Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Seorang guru Bahasa Inggris Favoritmu, teman belajarmu dan teman berbagimu.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

7 Desember 2022   13:34 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:55 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lokasi : SMA Negeri 1 Payung

Lingkup Pendidikan : Sekolah Menengah Atas

Tujuan yang ingin dicapai : Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa

Tanggal : 14 November 2022 dan 15 November 2022

Situasi :

Tidak dapat kita pungkiri bahwa pesatnya kemajuan teknologi memberikan kemudahan kepada setiap aktivitas manusia. Walaupun demikian, pesatnya kemajuan teknologi juga membawa dampak negatif bagi dunia pendidikan. Dampak negatif tersebut dapat kita rasakan saat ini dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Adapun dampak negatif dari pesatnya kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran  diantaranya adalah :

  • Peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran
  • Terdapat peserta didik yang mengantuk pada saat guru menyampaikan materi
  • Peserta didik hanya menyimak materi yang disampaikan oleh pendidik
  • Peserta didik kurang aktif dalam mengajukan pertanyaan pada saat proses pembelajaran.
  • Peserta didik cenderung tidak berani untuk menulis.

Kondisi ini diperparah dengan belum tepatnya model dan media pembelajaran inovatif yang digunakan oleh pendidik pada saat pelaksanaan pembelajaran.

Tantangan :

Berdasarkan hasil analisis kajian literatur dan hasil wawancara serta pengamatan langsung dapat diketahui bahwa masalah motivasi belajar dalam diri peserta didik rendah dikarenakan :

  • Pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik cenderung monoton
  • Pendidik kurang menguasai materi pembelajaran
  • Pendidik masih merasa kurang waktu dalam menyiapkan media pembelajaran
  • Sarana pembelajaran masih terbatas

Selain tantangan di atas, terdapat pula tantangan  yang bersumber dari lingkungan sekolah yaitu :

  • Variasi model pembelajaran
  • Pemanfaatan media pembelajaran
  • Penggunaan teknologi
  • Lingkungan pembelajaran

Kondisi terkait tantangan yang ada tersebut menuntut seorang pendidik harus mampu mencarikan alternatif solusi dalam penyelesaian terhadapa berbagai permasalahan yang timbul misalnya penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningatkan kreativitas dan motivasi belajar peserta didik.

Aksi :

Berdasarkan tantangan yang ada maka harus dicari soulsi atau langkah penyelesainnya. Adapun langkah penyelesaian yang penulis lakukan antara lain :

  • Bahan Ajar
    Menyiapkan bahan ajar yang menarik dan simpel sehingga mudah dipahami oleh siswa. Dalam hal ini mengemas materi dalam penyajian yang menarik juga tentu dipersiapkan dengan baik. Salah satunya dengan memperisapkan materi ke dalam canva sehingga lebih bervariasi dan dapat menambahkan media seperti audio dan juga gambar (audio visual) sehingga lebih menarik minat dan perhatian siswa.
  • Model Pembelajaran
    Penerapan model Problem Best Learning (PBL) dan model Project Best Learning (PjBL) dalam pembelajaran dengan benar-benar memperhatikan setiap langkah atau sintaks model pembelajaran sesuai urutan dari model pembelajaran tersebut.
  • Media Pembelajaran
    Menyiapkan media pembelajaran sebagai upaya menciptakan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Adapun media pembelajaran yg dipersiapkan berupa video-video yang memiliki keterkaitan dengan materi pembelajaran yang sedang diajarkan. Selain itu, media yang dipersiapkan yaitu slide presentasi materi pembelajaran yang disusun semenarik mungkin serta bebarapa media pembelajaran lain yang mudah didapatkan dan bersusaian dengan materi pembelajaran
  • Pembelajaran berbasis teknologi
    Memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan cara memanfaatkan sumber-sumber belajar yang berupa video, gambar, dan media pebelajaran sebagai sumber belajar alternatif yang mudah diakses oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik
  • Penilaian Pembelajaran
    Pelaksanaan penilaian pembelajaran dari awal dimulainya pembelajaran hingga pembelajaran berakhir. Penilaian yang dilakukan mencakup penilaian siap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan baik penilaian peserta didik secara individu maupun penilaian secara berkelompok. Penilaian yang disusun pun harus dilengkapi dengan rubrik penilian sebagai acuan dalam pelaksanaan penulaian itu sendiri.
  • Lingkungan belajar
    Ketesediaan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga peserta didik mau dan mampu mengikuti setiap proses pembelajaran yang berlangsung.

Refleksi Hasil dan Dampak :

Penerapan metode dan model pembelajaran diharapkan mampu memberi dampak positif terhadapa keberlangsungan proses pembelajaran. Penggunaan metode atau model pembelajaran yang tepat akan mampu menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Penulis telah melaksanakan praktik pembelajaran, adapun model pembelajaran yang diterapkan diantaranya :

Penerapan model pembelajaran Problem Best Learning (PBL) dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas XII IPA 1 untuk materi Procedure Text (Manual) dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IT membuat peserta didik lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya stimulus berupa video, media pembelajaran interaktif, LKPD yang menarik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplore pengetahuannya pembelajaran menjadi lebih berwarna dan bermakna. Peserta didik mulai percaya diri untuk menulis atau membuat teks sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Peserta didik terlibat secara aktif dalam setiap tahapan proses pembelajaran serta beberapa diantaranya mau dan mampu mengemukakan pendapatnya untuk memberikan respon terhadap permasalahan pembelajaran maupun memberikan simpulan dari matei pembelajaran yang telah dilaluinya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Prolem Best Learning (PBL) mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga penerapan model pembelajaran ini sangat tepat untuk dapat diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun