Mohon tunggu...
Rheza MuhammadAnanda
Rheza MuhammadAnanda Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru yang enerjik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran Geografi

8 Juni 2023   15:04 Diperbarui: 8 Juni 2023   15:06 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penulis : Rheza Muhammad Ananda

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Konsep Wilayah dan  Tata Ruang pada Sub BAB Permasalahan dan Penerapan Tata Ruang Wilayah

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

  • Latar belakang masalah dalam proses pembelajaran ini adalah siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran dan bahan bacaan tidak sesuai dengan kondisi siswa. Model pembelajaran yang dilakukan cenderung monoton dan kurangnya pemanfaatan TPACK.
  • Praktik ini penting dibagikan karena dapat memotivasi diri saya sendiri, juga diharapkan bisa menjadi referensi bagi rekan guru yang lain. Guru dapat memulai dengan memberikan pembelajaran yang menarik (menggunakan pendekatan TPACK) agar siswa antusias dalam belajar dan memberikan ice breaking agar siswa tidak merasa bosan dalam belajar.
  • Peran dan tanggung jawab saya ialah mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran dan mencari solusi dari permasalahan tersebut. Selain itu, saya juga menyiapkan perangkat pembelajaran, melakukan pembelajaran sesuai dengan sintaks dengan membimbing, memfasilitasi siswa selama pembelajaran serta mengevaluasi pembelajaran utuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat ?

Tantangan dalam meningkatkan siswa berpikir kritis yaitu :

  • Memilih model, metode serta media ajar yang tepat dan dapat menarik perhatian siswa sehingga lebih berminat dalam membaca teks editorial.
  • Pengelolaan kelas agar siswa kondusif dan tidak mengantuk selama pembelajaran.
  • Memastikan semua sintaks berjalan sesuai dengan waktunya dengan efisien.
  • Yang terlibat diantaranya dosen, guru pamong, rekan sejawat, guru, kepala sekolah, wakil kepalasekolah, tim IT, dan siswa.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan dengan menggunakan model pembelajaran PBL, menampilakan video/film yang sesuai dengan materi dan media ajar power point yang menarik, dan bahan bacaan yang sesuai dengan  peserta didik.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun