Creative Marcomm yang bersifat Offline NonCorporate. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk mengekspresikan dirinya.Salah satu contohnya adalah KUBILAN yang diciptakan oleh Bapak Rio Dwi Warso.
Siapakah Pak Rio? Pak Rio adalah sosok dibalik quotes quotes lucu yang terpampang di papan tulis tersebut. Pak Rio adalah seorang Bapak dari kedua orang anak yang berprofesi sebagai tukang ojek. "Pangkalan ojek +Plus" adalah nama tempat ojek beliau yang berlokasi di Jl. Karbela Timur SetiaBudi Jakarta Selatan.
contoh kutipan Kubilan
Bpk Rio ini dijuluki sebagai seorang Dosen Kubilan (Kuliah Sambil Jalan) oleh warga sekitar dan mahasiswa yang tinggal didaerah sana.
Asal mula Kubilan ini dikarenakan atas Inspirasi dan kekreativitasannya Pak Rio dalam menciptakan suatu ide yang unik, awalnya pak Rio membuat Papan Tulis yang berada dipangkalannya ojeknya itu menjadi bermakna dan dinamakan Kubilan karena banyak mahasiswa disana yang melewati pangkalan ojek Pak Rio, tetapi mereka lebih memilih untuk berjalan kaki daripada naik ojek. Muncullah ide seorang bapak dua anak ini untuk membuat strategi yaitu dengan membuat Quotes Quotes lucu dan menarik setiap harinya di papan tulis tersebut. Tujuannya untuk menarik perhatian mahasiswa disana dan warga sekitarnya.
Alhasil beberapa pejalan kaki, pengendara sepeda motor, ataupun mereka yang lewat tentu akan senyum- senyum sendiri ketIka membaca tulisan yang tertera di KUBILAN tersebut. Seiring berjalannya waktu Pak Rio alias dosen kubilan ini menjadi dikenal banyak orang dan pangkalan ojek+Plusnya juga ikut terkenal karena ide kreatif tersebut. Keunikan quotes yang diberikan beliau merupakan suatu inovasi yang unik. Ketatnya persaingan transportasi umum yang serba online dan modern tidak menjadi suatu penghalang. Terbukti oleh adanya kreativitas beliau yang memberikan kesan beda dan membuat beliau mudah diingat sehingga strategi marketingnya pun jelas bahwa ia menggunakan teori integrated marketing communication dan menjadikan quotes uniknya sebagai sarana marketing. Jika dianalisis dari sisi Creative Marketing Communication maka akan pada Kubilan ini terlihat Value dan messagenya.
Analisis Creative Marketing Communication:
Value :
1) Keunikan menjadi penguat dalam persaingan pasar
2) Kalimat singkat , menarik mengandung pesan
3) Inovasi menghasilkan keuntungan
4) Memanfaatkan keterbatasan untuk mendapat keuntungan maximal
Message:
Quotes yang ditulis di papan Kubilan mengandung berbagai pesan seperti cinta, pemerintahan,religi, dan kritik sosial.
Teori yang tepat untuk Dosen Kubilan ini yaitu :
Integrated Marketing Communication
"Bagian dari kegiatan marketing yang timbul dikarenakan kebutuhan dari produk untuk mengkomunikasikan diri kepada target audience atau konsumennya. – Mc Carthy
“Quotes menjadi sarana marketing”.
Adapun Creative Marketing yang saya sukai adalah kelompok tiga.
yaitu Corporate Offline. Contohnyanya adalah Cadbury menarik pembeli yang menggunakan Integrated marketing, Marketing Theory oleh Kotler and Keller
IntegratedMarketing, lebih merencanakan kegiatan pemasaran dan merakit program pemasaran yang sepenuhnya terpadu untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai bagi konsumen. Dengan kata lain, rancangan dan penerapan dari suatu aktivitas pemasaran adalah dengan melakukan bisnis secara menyeluruh dalam manajemen permintaan, manajemen sumber daya dan manajemen jaringan.
Konsep Marketing Kotler and Keller berorientasi pada tingkat penjualan, dimana pemasar beranggapan bahwa konsumen harus dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat.
Cadbury banyak melalukan offline marketing seperti “say it with chocolate”, dimana para customer dapat mengcustom sendiri cokelat Cadbury berdasarkan keinginan customer.
Menurut saya Cadbury ini sangat berhasil dalam memarketingkan companynya. Pemasar menyusun strategi dengan sangat matang, kreatif, dan inovatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H