Youtube menjadi salah situs web berbagi video yang banyak digunakan oleh berbagai segmentasi masyarakat. Pasalnya menjadi sorotan dikarenakan mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang sangat menggiurkan.Â
Namun bagaimana supaya kita bisa menguatkan situs web milik pribadi agar bermanfaat dan menghasilkan uang?
Sebelum kita disibukkan dengan pembuatan konten. Ada baiknya kamu membuat pola dan menentukan terlebih dahulu membuat channel yang akan kamu kembangkan. berikut ini tahapan pembuatan Cchannel secara sederhana
1. Menentukan Konsep,
Kamu perlu menentukan konsep apa yang hendak kamu bawa dan kamu sajikan kepada target audiens yang kamu tuju. Satu Konsep yang mengerucut dapat membranding channel yang kamu punya dengan begitu orang-orang akan menyadari bahwa channel kamu adalah channel yang dikhususkan dalam membedah suatu informasi yang dibutuhkan audiens.
2. Pembuatan Konten,
Sebagai pemula wajar bila kamu dipusingkan dalam pembuatan konten. Namun, pembuatan konten yang dikembangkan nanti haruslah orisinil serta tidak bertele-tele. Ingat 3 detik pertama adalah golden time yang mana audiens mampu menentukan apakah mereka harus tetap menonton atau beranjak dari video yang kamu buat. Â
Sebelum kamu menentukan konsep ada baiknya kamu memetakan hal-hal berikut ini supaya konten yang kamu buat dan kamu bagikan di situs web menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.Â
- Pemilihan Niche : untuk menentukan niche dengan jangkauan yang besar kamu perlu memperhatikan hal-hal yang kamu sukai agar ketika kamu menjalankan itu tidak menjadi beban baru, kemudian tentukan riset pasar dan kompetitor carilah keunikanmu sendiri.Â
- Luas Market : sebagai acuan, konten kita laku tidak dengan segmen audiensÂ
- Value Proposition :Â
- Keahlian apa yang paling menghabiskan waktu kita?
- Apa manfaat untuk penonton?
- Trend apa yang sedang ramai?
- KemampuanÂ
-Produksi KontenÂ
3. Mengenal PenontonÂ
Kamu sudah memetakan segmentasi audiens yang kamu jadikan target, dan setelah kamu mempublish video dengan kategori yang sama selama 3 kali berturut-turut, lihatlah karakteristik audiens yang banyak mengunjungi videomu. Yang kamu perlukan adalah dengan melihat fitur analitik pada situs web yang sedang kamu kembangkan seperti
- Perolehan Views
- Ratio Klik dari Penayangan  (%)
- Rata-rata Durasi Tonton (Menit & %)
- Data PenontonÂ
Jika videomu sesuai dengan target audiens, maka selamat! kamu mengharuskan mengunggah videomu secara konsisten
4. Monetisasi
Hal yang sangat dinantikan jika kamu berhasil memetakan tahapan tahapan dalam mengembangkan situs web milikmu. Waktunya kamu mengambil hasil dari semua usahamu dari situs web yang kamu rancang sedemikian rupa. Semoga membantu!:)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H