Sejarah panjang vespa di mulai tahun 1946 ada bulan April 1946, sebuah model transportasi baru yang fungsional dan inovatif dipublikaskan pertamakalinya kepada masyarakat umum di acara Golf Club, Roma. Dengan tameng yang dilengkapi oleh logo timbul guna menggantikan lambang Pesawat Piaggio sebelumnya, Vespa lantas menjadi sebuah kesuksesan besar dan sorotan media massa.
Di lahirkan dari pabrik pesawat terbang mirip mirip dengan VW yang semula hendak mengeluarkan kendaraan Rakyat.
Terlepas dari sejarah panjang Vespa 1946 sd sekarang Vespa merupakan legenda Dunia. Semakin tua menjadi simpanan dan di buru para kolektor.
Di Indonesia sendiri vespa mempunyai varian yang cukup lengkap. Indonesia sempat di jadikan ajang perburuan kolektor dunia. Tetapi hingga saat ini beberapa kolektor indonesia masih menyimpan jenis jenis yang di buat secara terbatas.
Orisinil lebih berkelas
Vespa adalah Seni? Yaa. Menurut saya ... mungkin juga pandangan pengemarnya. Kenapa seni, karena Vespa sudah menjadi property cafe, restaurant bahkan ikon, tetapi seni bagi saya tidak di cat ulang alias bertahan apa adanya misalkan keluaran 1964, sampai saat ini masih terjaga keasriannya. Cat bawaan pabrik, kalaupun pudar tetap masih mempesona.
Yaaa memang unik, untuk menikmatinya vespa jenis orisinilan memang perlu waktu, tidak langsung senang, tetapi butuh adaptasi, Â
Dari mulai cat sampai dengan accessories orisinilan memang perlu perjuangan untuk mendapatkan atau mempertahannkannya. Jika keorisinilan masih dapat terjaga dengan baik, biasanya sector mesin pun masih standart pabrik, ya pastinya jauhh lebih nyaman di banding sudah terkena tangan tangan jahil, hehehe.
Saya sendiri mempunyai unit tahun 1964 sdh di cat ulang karena dulu belum begitu paham tentang ini. Vespa super 1964 saya merupakan warisan dari kakek alias tangan pertama.
Harga untuk sebuah keorisinilan jangan di Tanya pelan pelan naik seperti investasi, angkanya bikin mata terbelalak, bagaimana pun selamat menikmati seni. setiap vespa punya cerita, jadi #adavespaadacerita.