Mohon tunggu...
Reza Wahyu
Reza Wahyu Mohon Tunggu... lainnya -

Seorang Manager di Bank BUMN. Hobi membaca dan menulis. Pantangdiet.com

Selanjutnya

Tutup

Money

3 Tips Marketing yang Efektif

13 Juli 2012   23:53 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:59 396
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

100motivasi.wordpress.com -

Berikan mereka kualitas, itu adalah jenis iklan yang terbaik. -Milton Hershey


Ada tiga upaya pemasaran yang telah teruji paling menentukan kesuksesan dari penjualan suatu produk atau jasa. Ketiga tips marketing efektif menurut blog 100motivasi adalah sebagai berikut.

Pertama, kemukakan manfaat atau benefit dari setiap komunikasi kepada pelanggan. Iklan, brosur, spanduk, billboard, kemasan, presentasi lisan oleh sales person, dan sebagainya harus mengungkapkan manfaat secara langsung dan jelas yang bukan hanya sekedar fitur-fitur yang terdapat pada suatu produk.

Hal ini disebabkan karena manfaat langsung yang jelas akan lebih persuasif daripada sekedar fitur yang cenderung bersifat teknis. Misalnya; sebuah mesin cetak (printer) dipromosikan bisa juga untuk memfotokopi, mengirimkan fax, dan memindai/scan.

Semuanya masih berupa fitur. Sedangkan manfaat yang jelas bisa dirumuskan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan dari sang pelanggan. Bisa saja dia sudah memiliki kesemua mesin tersebut (printer, fax, xerox, scanner) dan tidak butuh mesin yang baru.

Tetapi dengan mengemukakan manfaat langsung yang jelas, pesan pemasaran tersebut bisa menjadi lebih persuasif atau membujuk prospek agar mau membelinya.

Contohnya, sang penjual bisa mengungkapkan betapa iritnya mesin itu dan dapat sangat menghemat tempat. Meringankan kerumitan dengan pengoperasian beragam fungsi oleh satu mesin saja. Meningkatkan produktivitas dengan efisiensi dan kecepatan mencetak yang lebih tinggi untuk hasil cetak yang lebih banyak, dan sebagainya.

Intinya adalah: fitur hanya menunjukkan kualifikasi keunggulan produk saja secara teknis tapi kurang persuasif. Sedangkan manfaat langsung yang jelas bisa sangat membujuk karena pelanggan tidak perlu berpikir secara rumit.

Jadi, manfaat menunjukkan hasil yang bisa didapat dari penggunaan/konsumsi produk sehingga bisa membantu konsumen mencapai tujuan bisnisnya atau kepuasan dari pemenuhan kebutuhannya.

Tips yang kedua adalah membangun kepercayaan atau reputasi bahwa produk atau perusahaan yang telah mempromosikan manfaat dari fitur-fitur produknya memang mampu memberikan manfaat tersebut.

Upaya marketing perusahaan harus didukung dengan alasan dan kompetensi yang kuat. Raih kepercayaan pelanggan dengan membangun reputasi yang berkualitas. Yakinkan prospek bahwa produk kita memang sanggup memberikan manfaat yang dikemukakan.

Caranya bisa dengan melengkapi komunikasi pemasaran tentang kualitas produk, keahlian sumber daya manusia, kepakaran serta ilmu terbaru, pengalaman perusahaan, proses produksi yang unggul, dan teknologi terkini yang digunakan.

Testimoni atau kesaksian dari para ahli, orang yang berpengaruh, artis-selebritis, dan para pelanggan yang puas juga bisa digunakan untuk meyakinkan prospek serta pelanggan. Pelayanan yang unggul adalah kunci marketing yang sukses seperti yang pernah saya tulis di blog 100motivasi.wordpress.com ini, silahkan klik disini untuk membacanya.

Tips yang terakhir atau yang ketiga dalam upaya marketing efektif adalah menyatakan perbedaan dan keunggulan perusahaan atau penjual dari kompetitor. Hal ini untuk mengundang prospek dan pelanggan memilih untuk membeli dari kita daripada para pesaing.

Jika ada seseorang atau suatu organisasi yang ingin mendapatkan satu produk atau jasa yang jelas-jelas bermanfaat secara langsung maka dia akan mencarinya di pasar. Pasar yang diisi oleh beragam penjual yang terpercaya yang masing-masing memiliki reputasi yang bagus.

Lalu, bagaimana kita unggul dari begitu banyaknya pesaing yang juga mampu memberikan produk bermanfaat secara terpercaya? Jawabannya adalah diferensiasi. Diferensiasi adalah harga mati di pasar yang kompetitif.

Para pakar marketing dan ahli dalam manajemen pemasaran menyebutnya sebagai diferensiasi yang dramatis, blue ocean strategy (strategi laut biru), dan sapi ungu atau purple cow (Seth Godin). Saya telah membahasnya di blog 100motivasi ini pada satu tulisan tersendiri.

Silahkan klik disini jika ingin membaca dan mengetahui wawasan tentang tips ketiga dalam usaha marketing yang efektif. Dan saya masih punya tips keempat dan kelima yang juga telah teruji dan terbukti dapat meningkatkan kesuksesan dalam berpromosi. Stay tuned!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun