Lembar Kerja Peserta Didik
Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Materi Ajar               : "Kerajinan Bahan Daur Ulang"
Jenjang/Kelas             :  SD / IV
Nama                       :
- Capaian Pembelajaran
- Siswa dapat menggambar ilustrasi kerajinan yang dapat dibuat dari bahan daur ulang dengan menggunakan media berupa kertas dan pensil.
- Tujuan
- Setelah melakukan kegiatan praktik :
- Murid mampu menggambar ilustrasi kerajinan dari bahan daur ulang dengan baik dan jelas sehingga dapat dikategorikan sebagai gambar yang memiliki nilai seni yang baik.
- Murid dapat memahami dan menggambarkan dengan benar apa saja yang termasuk dalam kerajinan dari bahan daur ulang.
- Alat dan Bahan
- Alat : Kertas Gambar A4 & Pensil 4H
- Bahan : Contoh gambar kerajinan bahan daur ulang
- Tugas
- Kerjakan secara mandiri, gambarlah satu ilustrasi kerajinan dari bahan daur ulang (Contoh : pot dari botol plastik, lampu dari sendok, vas bunga dari bohlam, sapu dari botol plastik, dan lain-lain.). Waktu pengerjaan 30 menit.
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Soal Pilihan Ganda
1. Bahan daur ulang apa yang biasanya digunakan untuk membuat tas?
A. Kertas
B. Plastik
C. Kain
D. Kaleng
Kunci Jawaban: B
2. Apakah manfaat utama dari membuat kerajinan dari bahan daur ulang?
A. Mengurangi limbah
B. Hemat biaya
C. Meningkatkan kreativitas
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: D
3. Contoh kerajinan dari bahan daur ulang yang dapat digunakan sebagai hiasan adalah ...
A. Pot bunga dari botol plastik
B. Tas dari kertas koran
C. Gantungan kunci dari kertas bekas
D. Dompet dari kardus
Kunci Jawaban: A
4. Kerajinan apa yang dapat dibuat dari kardus bekas?
A. Pot bunga
B. Gantungan kunci
C. Kotak penyimpanan
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: D
5. Apa yang harus dilakukan sebelum menggunakan bahan daur ulang untuk membuat kerajinan?
A. Membelinya dari toko
B. Membersihkannya
C. Mengguntingnya
D. Menyimpannya
Kunci Jawaban: B
6. Apa manfaat utama dari kerajinan daur ulang bagi lingkungan?
A. Menghasilkan produk yang lebih murah
B. Mengurangi limbah dan polusi
C. Meningkatkan konsumsi bahan baku baru
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: B
7. Bagaimana kerajinan daur ulang dapat memberikan manfaat ekonomi?
A. Meningkatkan konsumsi bahan baku baru
B. Menciptakan lapangan pekerjaan
C. Menyebabkan peningkatan polusi
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: B
8. Apa yang dimaksud dengan kerajinan?
A. Produk yang dibuat dengan tangan
B. Produk yang dibuat dengan mesin
C. Produk yang dihasilkan dari kegiatan industri
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: A
9. Kerajinan apa yang biasanya dibuat dari bahan serat alam?
A. Kain batik
B. Ukiran kayu
C. Anyaman bambu
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: C
10. Apa tujuan utama pembuatan kerajinan tangan?
A. Menghasilkan keuntungan ekonomi
B. Melestarikan budaya dan seni tradisional
C. Menyediakan hiburan dan rekreasi
D. Semua jawaban benar
Kunci Jawaban: D
Rubrik Penilaian Pengetahuan
- Kriteria Jawaban Soal Pilihan Ganda
- No
- Kriteria Jawaban
- Skor
- 1-10
- Benar
- 10
- Salah
- 0
- Skor Maksimal = 10x10 = 100
- Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
- No
- Jawaban
- 1
- B
- 2
- D
- 3
- A
- 4
- D
- 5
- B
- 6
- B
- 7
- B
- 8
- A
- 9
- C
- 10
- D
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Instrumen Penilaian Keterampilan
Tugas Produk :
- Buatlah satu kerajinan dari bahan daur ulang dalam waktu satu pekan ! , (contoh : tas dari bungkus kopi)
Lembar Penilaian Keterampilan
Penilaian Produk
Nama Produk           :  ......................................
Nama Peserta Didik      :  ......................................
No
Aspek
Skor
1
Perencanaan Bahan
1
2
3
4
2
Proses Pembuatan
Persiapan Alat dan Bahan
Teknik Pembuatan Kerajinan
K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)
3
Hasil Produk
- Bentuk Fisik
- Bahan
- Warna
- Manfaat
Kreativitas
Total Skor
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Instrumen Penilaian Sikap
Rubrik: Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Â
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Â
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Tanggung Jawab
Jujur
Peduli
Kerjasama
Santun
Percaya diri
Disiplin
KR
CK
BA
SB
KR
CK
BA
SB
KR
CK
BA
SB
KR
CK
BA
SB
KR
CK
BA
SB
KR
CK
BA
SB
KR
CK
BA
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
K  : Kurang     C: Cukup        B:  Baik      SB  : Baik Sekali
Â
Â