Mohon tunggu...
Reza MT
Reza MT Mohon Tunggu... Musisi - Mahasiswa UNS

hobi bermain piano

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Modul Pembelajaran Seni Budaya

18 Desember 2023   16:53 Diperbarui: 18 Desember 2023   18:34 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lembar Kerja Peserta Didik

Mata Pelajaran                       : Seni Budaya

Materi Ajar                             : "Kerajinan Bahan Daur Ulang"

Jenjang/Kelas                         :  SD / IV

Nama                                            :

  • Capaian Pembelajaran
  • Siswa dapat menggambar ilustrasi kerajinan yang dapat dibuat dari bahan daur ulang dengan menggunakan media berupa kertas dan pensil.

  • Tujuan
  • Setelah melakukan kegiatan praktik :
  • Murid mampu menggambar ilustrasi kerajinan dari bahan daur ulang dengan baik dan jelas sehingga dapat dikategorikan sebagai gambar yang memiliki nilai seni yang baik.
  • Murid dapat memahami dan menggambarkan dengan benar apa saja yang termasuk dalam kerajinan dari bahan daur ulang.
  • Alat dan Bahan
  • Alat : Kertas Gambar A4 & Pensil 4H
  • Bahan : Contoh gambar kerajinan bahan daur ulang

  • Tugas
  • Kerjakan secara mandiri, gambarlah satu ilustrasi kerajinan dari bahan daur ulang (Contoh : pot dari botol plastik, lampu dari sendok, vas bunga dari bohlam, sapu dari botol plastik, dan lain-lain.). Waktu pengerjaan 30 menit.

Instrumen Penilaian Pengetahuan

Soal Pilihan Ganda

1. Bahan daur ulang apa yang biasanya digunakan untuk membuat tas?

A. Kertas

B. Plastik

C. Kain

D. Kaleng

Kunci Jawaban: B

2. Apakah manfaat utama dari membuat kerajinan dari bahan daur ulang?

A. Mengurangi limbah

B. Hemat biaya

C. Meningkatkan kreativitas

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: D

3. Contoh kerajinan dari bahan daur ulang yang dapat digunakan sebagai hiasan adalah ...

A. Pot bunga dari botol plastik

B. Tas dari kertas koran

C. Gantungan kunci dari kertas bekas

D. Dompet dari kardus

Kunci Jawaban: A

4. Kerajinan apa yang dapat dibuat dari kardus bekas?

A. Pot bunga

B. Gantungan kunci

C. Kotak penyimpanan

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: D

5. Apa yang harus dilakukan sebelum menggunakan bahan daur ulang untuk membuat kerajinan?

A. Membelinya dari toko

B. Membersihkannya

C. Mengguntingnya

D. Menyimpannya

Kunci Jawaban: B

6. Apa manfaat utama dari kerajinan daur ulang bagi lingkungan?

A. Menghasilkan produk yang lebih murah

B. Mengurangi limbah dan polusi

C. Meningkatkan konsumsi bahan baku baru

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: B

7. Bagaimana kerajinan daur ulang dapat memberikan manfaat ekonomi?

A. Meningkatkan konsumsi bahan baku baru

B. Menciptakan lapangan pekerjaan

C. Menyebabkan peningkatan polusi

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: B

8. Apa yang dimaksud dengan kerajinan?

A. Produk yang dibuat dengan tangan

B. Produk yang dibuat dengan mesin

C. Produk yang dihasilkan dari kegiatan industri

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: A

9. Kerajinan apa yang biasanya dibuat dari bahan serat alam?

A. Kain batik

B. Ukiran kayu

C. Anyaman bambu

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: C

10. Apa tujuan utama pembuatan kerajinan tangan?

A. Menghasilkan keuntungan ekonomi

B. Melestarikan budaya dan seni tradisional

C. Menyediakan hiburan dan rekreasi

D. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: D

Rubrik Penilaian Pengetahuan

  • Kriteria Jawaban Soal Pilihan Ganda
  • No
  • Kriteria Jawaban
  • Skor
  • 1-10
  • Benar
  • 10

  • Salah
  • 0

  • Skor Maksimal = 10x10 = 100
  • Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
  • No
  • Jawaban
  • 1
  • B
  • 2
  • D
  • 3
  • A
  • 4
  • D
  • 5
  • B
  • 6
  • B
  • 7
  • B
  • 8
  • A
  • 9
  • C
  • 10
  • D

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Keterampilan

Tugas Produk :

  • Buatlah satu kerajinan dari bahan daur ulang dalam waktu satu pekan ! , (contoh : tas dari bungkus kopi)

Lembar Penilaian Keterampilan

Penilaian Produk

Nama Produk                     :  ......................................

Nama Peserta Didik           :  ......................................

No

Aspek

Skor

1

Perencanaan Bahan

1

2

3

4

2

Proses Pembuatan

Persiapan Alat dan Bahan

Teknik Pembuatan Kerajinan

K3 ( Keamanan, Keselamatan, dan Kebersihan)

3

Hasil Produk

  1. Bentuk Fisik
  2. Bahan
  3. Warna
  4. Manfaat

Kreativitas

Total Skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instrumen Penilaian Sikap

Rubrik:                                       

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:

Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran

Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten

Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten

Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

 

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

 

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Cukup  jika menunjukkan  ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten

Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.

Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Tanggung Jawab

Jujur

Peduli

Kerjasama

Santun

Percaya diri

Disiplin

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

KR

CK

BA

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

5

K  : Kurang         C: Cukup               B:   Baik           SB  : Baik Sekali

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun