Mohon tunggu...
Reza Andriana
Reza Andriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - a student of Communication Science at Diponegoro University

whatever you do, do it well :D

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penjualan UMKM Menurun, Mahasiswa KKN Undip Beri Strategi Pemasaran Online sebagai Solusi

29 Juli 2021   21:32 Diperbarui: 29 Juli 2021   22:00 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Video Edukasi yang Diunggah (Youtube KKN TIM 1 UNDIP 2021)

(Semarang, 27/07/21) – Dalam rangka menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Mahasiswa KKN TIM II Undip, Reza Andriana (20), memberikan edukasi kepada warga RW 03 Kelurahan Bendan Ngisor mengenai “Bagaimana Strategi Pemasaran Online untuk UMKM di Masa Pandemi Covid-19” pada hari Selasa (27/07) lalu melalui platform digital YouTube.  

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai memberi dampak yang sangat luar biasa pada seluruh lapisan rakyat Indonesia, khususnya pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dimiliki oleh masyarakat.

Menurut hasil survey yang dilaporkan oleh Asian Development Bank (ADB) pada pertengahan tahun 2020 lalu, terdapat 48,6% dari total 60 juta UMKM di Indonesia yang terpaksa harus gulung tikar untuk sementara waktu dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Berbagai inovasi harus terus dipikirkan oleh para pelaku UMKM dalam rangka mengembalikan serta meningkatkan usahanya. Kegiatan pemasaran menjadi satu solusi utama bagi para pelaku UMKM untuk dapat mempertahankan bisnisnya di masa ini.

Pemberian edukasi melalui video yang diberikan oleh Reza (20) ini terlihat mendapatkan tanggapan positif dari para viewers. Berbagai komentar dan likes didapatkan setelah pengunggahan video edukasi ini. Tak hanya itu, program kerja KKN ini mendapatkan respon positif dari Ketua RW 03, Kelurahan Bendan Ngisor.

Terima kasih mba Reza ...semoga bisa memberi manfaat dan meningkatkan UMKM di wilayah RW 03.”, ujar Ketua RW 03.

Strategi pemasaran secara online ini memang menjadi salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan untuk terus dapat meningkatkan usaha warga. Tidak bisa dipungkiri, kemudahan dan kecepatan teknologi membuat masyarakat dapat menyebarkan informasi produk atau usaha mereka kepada khalayak luas hanya dengan kedipan mata. Ditambah lagi, kegiatan secara online merupakan hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan di keadaan yang seperti ini.

Pelaksanaan dari kegiatan pemberian edukasi mengenai strategi pemasaran online untuk UMKM ini diharapkan dapat memberikan perubahan positif bagi usaha warga. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan produktivitas dan nilai ekonomis masyarakat, khususnya untuk warga RW 03, Kelurahan Bendan Ngisor.

Link video edukasi: https://www.youtube.com/watch?v=HglVa6osD_U

Penulis: Reza Andriana Dewanti

Dosen Pembimbing: Dinalestari Purbawati, S.E., M.Si., Akt.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun