Affiliate program atau program afiliasi merupakan kegiatan yang secara tidak langsung menghubungkan calon pembeli dengan produk melalui link refferal khusus.
Program ini umum digunakan e-commerce untuk menggandeng masyarakat agar ikut mempromosikan produk dengan pemberian imbalan atau komisi.
4 keuntungan Affiliate marketing:
1. Biaya yang rendah
2. Tingginya ROI (Return on Investment)
3. Peningkatan Traffic
4. Membangun sebuah Merek
Analisis Data Diatas:
Non-Affiliate mendominasi: 83,33% penjualan Kahf berasal dari saluran non-Affiliate, menunjukkan kekuatan distribusi tradisional dan toko offline.
Potensi Affiliate: Saluran Affiliate, meskipun hanya 16,67%, memiliki peluang besar untuk berkembang dengan strategi yang tepat.
Rata-Rata Nilai Transaksi: Kedua saluran tersebut adalah Rp. 100.000
Jumlah Transaksi: Saluran Affiliate hanya sebesar 20% dari Total Transaksi Saluran Non-Affiliate, Sedangkan saluran Non-Affiliate jumlah transaksinya sebesar Rp. 500.000
Tips Sukses:
Tingkatkan branding dan awareness produk Kahf di saluran Affiliate.
Jalin kerjasama dengan influencer dan platform e-commerce yang tepat.
Tawarkan promo dan program menarik di saluran Affiliate.
Pantau dan analisis data penjualan untuk strategi yang lebih efektif.
Kesimpulan:
Penjualan Kahf secara non-Affiliate mendominasi karena penjualannya melalui Website, Platform dan Toko Offline.
Saluran non-Affiliate mendominasi, namun Affiliate memiliki potensi besar untuk dioptimalkan.
Dengan strategi yang tepat, saluran Affiliate dapat menjadi kontributor signifikan bagi pertumbuhan penjualan Kahf di masa depan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI