Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Broadcaster yang hobi menulis.

Penyuka Psikologi, Sains, Politik dan Filsafat yang tiba - tiba banting stir jadi penulis Fiksi. Cerita-cerita saya bisa dibaca di GoodNovel: Reynal Prasetya. Kwikku: Reynal Prasetya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Dear Kompasianer, Saatnya Raih Banyak Keuntungan dari Program Narativ!

24 Juli 2020   16:02 Diperbarui: 24 Juli 2020   15:58 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambaran alur kerja di program Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)

Semenjak bergabung dengan Kompasiana pada pertengahan bulan November 2019 lalu, ada banyak sekali pengalaman mengesankan yang saya dapatkan.

Bukan saja senang karena bisa diterima dengan baik sebagai Kompasianer, melainkan juga bahagia bisa mendapatkan teman-teman baru dan bisa berinteraksi dengan Kompasianer lain seolah-olah kami adalah keluarga.

Feel yang saya rasakan ketika menulis di Kompasiana adalah rasa nyaman. Ini tidak terlalu berlebihan, karena saya di manjakan oleh fitur-fitur menulis yang lengkap dan praktis. Design antarmuka dan dashboard akun yang simple dan menarik juga menambah pengalaman menulis menjadi lebih menyenangkan.

Pada dashboard akun, setiap Kompasianer juga bisa mengukur dan menilai performa kepenulisannya sendiri, karena disitu ditampilkan berapa jumlah artikel yang sudah ditulis, berapa jumlah pembaca dari keseluruhan artikel, berapa jumlah keseluruhan komentar, berapa jumlah keseluruhan interaksi dengan Kompasianer lain, berapa jumlah artikel yang masuk kategori pilihan dan headline, dll.

Kompasiana juga nampaknya terus berinovasi memberikan layanan terbaik untuk memuaskan para pengguna nya. Seperti layanan terbaru yang baru saja diluncurkan, yaitu Kompasiana premium yang menghadirkan layanan bebas iklan, kecepatan akses, dan fitur ekslusif lainnya dengan harga yang terjangkau.

Singkatnya, Kompasiana bagi saya bukan hanya sekedar platform blogging, lebih dari itu, Kompasiana juga merupakan tempat terbaik yang perlu dicoba oleh para penulis pemula untuk mengembangkan tulisan dan menyalurkan hobinya dalam bidang menulis.

Bukan saja pengalaman menulis yang menyenangkan yang akan anda dapatkan dari Kompasiana, ketika masuk ke dalam rumah besar bernama Kompasiana, anda pun akan disambut dengan ramah dan hangat oleh Kompasianer lain.

Pertanyaan selanjutnya adalah, "Apakah menulis di Kompasiana itu dibayar?" Ini pertanyaan yang kerap dilontarkan oleh orang terdekat dan teman-teman saya ketika mereka tahu, bahwa saya sering menulis di Kompasiana.

Jawabannya bisa iya bisa tidak. Karena menurut saya, Kompasiana hanya menyediakan peluang. Semua kembali lagi kepada performa dan konsistensi kita ketika menulis di Kompasiana. 

Karena selama ini saya melihat Kompasiana sendiri sudah banyak memberikan peluang untuk para penggunanya dengan cara menyediakan program-program menarik seperti Blog Competition, Kompasiana Content Affiliation, K-Reward, dan salahsatu program unggulan yang bisa memberikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah program Narativ.

Narativ merupakan bentuk optimasi program Content Marketing yang sebenarnya sudah lama diadopsi oleh Kompasiana. Narativ adalah playground, atau wadah yang mempertemukan para pengiklan atau pemilik brand dengan para Blogger, Content Creator, atau Influencer Kompasiana dalam hal ini Kompasianer.

Prediksi meningkatnya kebutuhan akan Micro Influencer ditahun 2020 menjadi alasan mengapa program Narativ ini dibuat.

Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh Influencer Marketing Hub, pada tahun 2020, sebanyak 39% pemasar berencana untuk meningkatkan dana mereka pada strategi Influencer Marketing. 71% Marketers mengatakan, strategi Influencer lebih dapat mendatangkan sumber pelanggan dan traffic. 

Perjalanan panjang dari eksperimen dalam penggunaan strategi Influencer Marketing ini membuat banyak brand percaya bahwa, banyaknya jumlah followers belum tentu memenangkan audiens. 

Banyak Marketers yang percaya bahwa, kesuksesan dari campaign Influencer Marketing ternyata tidaklah semata-mata bergantung kepada jumlah followers yang dimiliki oleh Influencer.

Bahkan Subrat Kar, Co-Founder & CEO dari perusahaan Vidooly mengatakan, seseorang tidak perlu memiliki jutaan followers untuk menjadi Influencer, karena semuanya bergantung pada satuan metric bernama engagement. 

Menurut sebuah study yang dilakukan oleh HelloSociety, Micro Influencer memiliki tingkat engagement 60% lebih tinggi dari seorang selebgram. Data terbaru juga menunjukkan bahwa, Micro Influencer dengan 10.000 atau lebih sedikit pengikut mendapatkan hasil terbaik untuk merek dan bisnis. Karena lebih banyak keterlibatan, lebih banyak klik, dan ROI yang rendah. 

Fakta juga menunjukkan bahwa 70% Konsumen Milenial dipengaruhi oleh rekomendasi rekan-rekan mereka dalam keputusan pembelian. Maka tak heran kini banyak para pengiklan, brand, atau pebisnis yang mulai tertarik untuk menggunakan jasa Micro Influencer dalam memasarkan produk mereka. 

Tentu ini merupakan kabar baik dan peluang besar bagi para Blogger, Content Creator atupun Influencer. Hobi menulis atau ngeblog kini sudah tidak bisa dianggap main-main lagi. Ngeblog di jaman ini bukan lagi sekadar aktivitas atau hobi di waktu senggang, melainkan juga bisa mendatangkan manfa'at, baik itu dari segi finansial maupun social value.

Narativ merupakan jawaban dari peluang besar itu. Karena bukan saja anda berpeluang mendapat penghasilan tambahan, menjadi "Narativ Influencer" juga jelas bisa meningkatkan reputasi anda sebagai penulis. 

Ketika memutuskan bergabung bersama Narativ, anda otomatis menjadi "Narativ Influencer". Ya, ini istilah yang sengaja saya buat untuk memudahkan dalam menerangkan saja. 

Singkatnya, "Narativ Influencer", merupakan Content Creator, Blogger, atau Influencer yang sudah bergabung dalam program Narativ. Anda otomatis masuk kedalam playground yang akan mempertemukan anda dengan para pengiklan, pebisnis dan pemilik brand yang sedang mencari jasa penulisan anda. 

Bagi anda yang baru bergabung dengan Kompasiana, dan belum mengenal program Narativ ini, anda mungkin belum tahu bagaimana caranya mendaftar dan menjadi bagian dari "Narativ Influencer" ini? Dengan senang hati, saya akan menjelaskannya secara ringkas untuk anda.

Ada syarat yang tentu harus anda penuhi sebelum anda bisa mendaftarkan diri di program Narativ ini. Syaratnya pun terbilang sederhana dan tidak terlalu rumit. Berikut syarat yang perlu anda penuhi :

1). Memiliki Akun Kompasiana
2). Akun Sudah Tervalidasi (Centang Hijau)
3). Telah menayangkan minimal 50 konten di Kompasiana
4). Memiliki akun media sosial aktif yang bisa di cantumkan di pengaturan profil.

Hanya dengan 4 langkah sederhana tersebut anda bisa berpeluang mendapat penghasilan tambahan, insentif, atau honorarium melalui program Narativ ini. Anda akan dipilih sebagai exclusive writer dan memiliki kesempatan karir yang lebih tinggi dibidang kepenulisan. Ini kesempatan yang tidak boleh disia-siakan! 

Jika kebetulan anda baru bergabung dengan Kompasiana dan belum menayangkan setidaknya 50 artikel, jangan patah semangat. Teruslah menulis, buat tulisan-tulisan yang berkualitas, informatif, edukatif dan inspiratif. Selalu fokuslah kepada tulisan anda, menulislah sepenuh hati. Terus latih kemampuan anda dalam menulis hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Dan jangan lupa juga untuk belajar dan menyerap Ilmu dari Kompasianer lain yang sudah berpengalaman.

Untuk validasi akun (Centang Hijau), caranya juga tidak terlalu rumit, anda hanya tinggal masuk ke pengaturan profil yang ada di laman dashboard anda, kemudian tinggal masukan identitas asli diri anda, berupa KTP, SIM, Paspor atau sejenisnya. Atau anda juga bisa melihat panduan lengkapnya disini.

Setelah memenuhi kriteria dan persyaratan diatas, anda hanya tinggal mengakses laman berikut ini : https://microsite.kompasiana.com/narativ

Tampilan halaman Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)
Tampilan halaman Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)
Jika anda merupakan pengiklan, pebisnis atau pemilik brand silahkan pilih menu, "BIKIN CAMPAIGN". Jika anda merupakan Blogger, Content Creator, atau Influencer silahkan pilih menu, "DAFTAR PROGRAM". Dan otomatis anda akan dialihkan ke laman bawah. Seperti dalam gambar dibawah ini.

Microsite Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)
Microsite Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)
Karena saya adalah sebagai Content Creator maka saya memilih menu daftar program dan saat ini saya sudah tergabung ke dalam program Narativ dan resmi menjadi "Narativ Influencer".

Alur kerjanya pun tidak terlalu rumit, setelah mendaftarkan diri dan resmi menjadi Narativ Influencer, anda hanya tinggal menunggu notifikasi dari tim Kompasiana untuk pengerjaan campaign.

Gambaran alur kerja di program Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)
Gambaran alur kerja di program Narativ (Sumber : screenshot dari microsite.kompasiana.com/narativ)
Sembari menunggu job yang akan datang kepada anda tersebut, anda bisa terus meluangkan waktu untuk menulis di Kompasiana. Kenapa ini penting? Karena bagaimana performa dan kualitas tulisan anda di Kompasiana tentu menjadi pertimbangan yang paling penting bagi para pengiklan, pemilik brand atau tim Kompasiana untuk menggunakan Jasa penulisan anda. 

Jangan khawatir, anda juga masih bisa mendapat reward, jika ternyata artikel yang anda produksi sepanjang periode bulan tersebut menembus kurang lebih 3000 views berdasarkan sistem validasi Google Analytics.

Teman-teman Kompasianer lain juga sudah membuktikan dan merasakan sendiri hasilnya. Kita bisa menyimak penuturan para Kompasianer tentang pengalaman mereka bekerjasama dengan Kompasiana lewat beberapa programnya termasuk Narativ.

"Senang sekali bisa bekerja sama dengan Kompasiana. Detail pekerjaan tidak ribet dan sesuai dengan fee yang diberikan. Informasi brief yang diberikan jelas. Dan jika ada pertanyaan pun, tim Kompasiana fast respon sekali. Sistem pembayarannya juga jelas dan cepat." ~Kompasianer Arisman Riyardi

"Persyaratan dan brief penulisan tidak rumit, payment yang ditawarkan pun cukup wajar dengan effort yang diberikan. Disamping itu materi atau brand yang jalin kerja sama juga sedikit banyak membuka wawasan akan hal baru" ~Kompasianer Siti Nurjanah

"Saya bisa mengembangkan dan meningkatkan skill menulis, mendapatkan penghasilan tambahan juga tentunya. Kerja sama dengan Kompasiana bagi saya adalah sebuah jalan untuk dapat meningkatkan skill kepenulisan, meningkatkan pengetahuan, dan pengalaman serta mengasah saya untuk berpikir kreatif." ~Kompasianer Rachmah Dewi

Tunggu apalagi sobat! Sekarang tinggal giliran anda membuktikan sendiri segudang manfa'at, dan keuntungan yang bisa anda dapatkan dari Kompasiana dan program Narativ. Saatnya menjadi "Narativ Influencer". Tingkatkan reputasi anda sebagai Blogger, Influencer dan Content Creator di Kompasiana!

Sahabat Anda

Reynal Prasetya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun