Mohon tunggu...
Reynal Prasetya
Reynal Prasetya Mohon Tunggu... Penulis - Broadcaster yang hobi menulis.

Penyuka Psikologi, Sains, Politik dan Filsafat yang tiba - tiba banting stir jadi penulis Fiksi. Baca cerita terbaru saya disini : https://www.wattpad.com/user/Reypras09

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Ternyata Menulis Soal Politik Itu Tidak Mudah

19 Juni 2020   09:28 Diperbarui: 19 Juni 2020   09:20 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Dunia Politik (Sumber : travel.tribunnews.com)

Semenjak pertama kali saya mengenal, lalu bergabung dengan kompasiana, dalam hati saya mendeklarasikan bahwa, saya ingin menginspirasi orang sebanyak-banyaknya. 

Saya berharap melalui tulisan ini, saya dapat mentransfer beragam ide, gagasan, ataupun pengalaman yang mungkin sedang orang butuhkan atau cari-cari.

Saya datang membawa isu-isu yang mungkin jarang atau bahkan tidak banyak orang pikirkan. Saya menyodorkan informasi yang mungkin tidak umum, sehingga mungkin ada banyak yang menganggap aneh atau bahkan absurd.

Namun seperti yang sudah-sudah saya kemukakan sebelumnya bahwa, saya lebih memilih menjadi praktisi, daripada sekedar akademisi yang hanya berkutat pada setumpuk teori.

Seorang praktisi mendapatkan ilmu nya melalui pengetahuan berdasarkan hasil riset dan praktek nya di lapangan. Karena pengetahuan yang ditambahkan dengan pengalaman akan selalu menjadi Ilmu bukan hanya sekedar panduan, tools, atau teori semata.

Sedangkan seorang akademisi belum tentu selalu melakukan praktek dan eksperimentasi di lapangan. Seorang akademisi biasanya hanya mempelajari, mengukur, menganalisis, gejala-gejala atau fenomena-fenomena yang terjadi tanpa terjun langsung ke lapangan.

Jadi apa yang saya tulis, bukan hanya berupa panduan, teori, atau tools saja. Melainkan pengetahuan yang memang sudah ditambahkan oleh pengalaman.

Artinya, saya sudah menguji dan mengalami nya sendiri tiap-tiap kasus atau topik yang sudah saya tulis.

Seperti halnya tulisan-tulisan mengenai gaya hidup. Hampir semuanya merupakan panduan, teori yang sudah coba saya praktekkan sendiri dan menjadi prinsip berpikir atau bahkan sudah menjadi bagian dari karakter saya sendiri.

Karena menurut hemat saya, tulisan-tulisan mengenai lifestyle bukan hanya berbicara tentang sebuah objek, tips-tips, atau panduan-panduan tertentu. Melainkan berbicara tentang sebuah identitas, karakter, atau jati diri.

Lifestyle bukan berbicara mengenai sebuah objek, akan tetapi berbicara tentang manusia yang berinteraksi dengan objek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun