Mohon tunggu...
REYNA HAZAR
REYNA HAZAR Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi saya banyak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Beberapa Jurnal Mengenai Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tuna Rungu, Tunagrahita dan Anak Usia Dini

22 Juli 2024   21:14 Diperbarui: 22 Juli 2024   21:22 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Judul Jurnal: Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tuna Rungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta

Penulis: Asti Widuri, S.Pd.

Jurnal: Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan

Tahun: 2006

Latar Belakang

Membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai oleh semua orang, termasuk anak tuna rungu. Kemampuan membaca pemahaman yang baik akan memungkinkan anak tuna rungu untuk memahami informasi yang terkandung dalam teks, baik secara literal, interpretatif, kritis, maupun kreatif.  Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan bahwa kemampuan membaca pemahaman anak tuna rungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes membaca pemahaman anak tuna rungu yang masih di bawah KKM.

Permasalahan

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tuna rungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes membaca pemahaman dan wawancara.

Cara Mengatasi Permasalahan

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan teknik pembelajaran berbasis gambar (picture-based learning). Teknik pembelajaran berbasis gambar adalah teknik pembelajaran yang menggunakan gambar untuk membantu anak tuna rungu memahami informasi yang terkandung dalam teks.

Instrumen

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

  • Tes membaca pemahaman
  • Wawancara

Membaca Pemahaman

Penelitian ini membahas kemampuan membaca pemahaman anak tuna rungu pada tingkat literal dan interpretatif. Kemampuan literal adalah kemampuan anak tuna rungu untuk memahami informasi yang terkandung dalam teks secara eksplisit. Kemampuan interpretatif adalah kemampuan anak tuna rungu untuk memahami informasi yang terkandung dalam teks secara implisit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun