1. Judul Jurnal: Kemampuan Membaca Pemahaman pada Anak Tuna Rungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta
Penulis: Asti Widuri, S.Pd.
Jurnal: Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan
Tahun: 2006
Latar Belakang
Membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan dasar yang penting untuk dikuasai oleh semua orang, termasuk anak tuna rungu. Kemampuan membaca pemahaman yang baik akan memungkinkan anak tuna rungu untuk memahami informasi yang terkandung dalam teks, baik secara literal, interpretatif, kritis, maupun kreatif. Â Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan bahwa kemampuan membaca pemahaman anak tuna rungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil tes membaca pemahaman anak tuna rungu yang masih di bawah KKM.
Permasalahan
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tuna rungu di SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta.
Metode
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes membaca pemahaman dan wawancara.
Cara Mengatasi Permasalahan
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan teknik pembelajaran berbasis gambar (picture-based learning). Teknik pembelajaran berbasis gambar adalah teknik pembelajaran yang menggunakan gambar untuk membantu anak tuna rungu memahami informasi yang terkandung dalam teks.
Instrumen
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
- Tes membaca pemahaman
- Wawancara
Membaca Pemahaman
Penelitian ini membahas kemampuan membaca pemahaman anak tuna rungu pada tingkat literal dan interpretatif. Kemampuan literal adalah kemampuan anak tuna rungu untuk memahami informasi yang terkandung dalam teks secara eksplisit. Kemampuan interpretatif adalah kemampuan anak tuna rungu untuk memahami informasi yang terkandung dalam teks secara implisit.