Internet saat ini telah menjadi tidak hanya sebuah media informasi dan komunikasi modern, namun juga menjadi kebutuhan yang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas termasuk aktivitas bisnis dan perdagangan. Dampak keberadaan media internet memberikan kemudahan dalam proses komunikasi dan kecepatan lalu lintas informasi tanpa mengenal batas ruang dan waktu.Â
Daya Tarik yang ditawarkan oleh pengalaman berbelanja secara daring (online) bagi konsumen diantaranya adalah kemudahan pemesanan, kemudahan berkomunikasi dengan penjual, kemudahan untuk membatalkan pesanan, kemudahan pembayaran, kecepatan pengiriman, serta faktor pendukung layanan konsumen lainnyaÂ
Model pemasaran produk melalui online shopping yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform internet seperti media sosial, website, blog, bahkan hanya berupa iklan jumlahnya semakin banyak dan menjadi salah satu sumber referensi bagi konsumen karena kemudahan, fleksibilitas dan efisiensi yang ditawarkan.
Pemasaran produk – produk pertanian atau agribisnis saat ini semakin diminati baik dari perspektif pemasar maupun perspektif konsumen.Â
Kemudahan dan fasilitas pendukung seperti jasa pengiriman untuk memenuhi kebutuhan konsumen menjadi peluang bisnis yang potensial untuk terus dikembangkan oleh para pemasar.Â
Perubahan gaya hidup konsumen saat ini yang mengarah kepada green living bahkan green buying yang mendukung perkembangan gaya hidup sehat, lingkungan yang sehat dan bersih telah meningkatkan kebutuhan – kebutuhan seperti aktivitas berkebun di rumah meskipun dengan lahan terbatas seperti aktivitas urban farming.Â
Pola perilaku konsumen yang mengarah kepada green buying diantarnya dengan melakukan pembelian produk – produk yang bermanfaat untuk lingkungan, contohnya, diprediksi dipengaruhi oleh perilaku konsumen seperti sikap konsumen terhadap kepedulian lingkungan
Namun, pemanfaatan media internet seperti melakukan aktivitas perdagangan atau pemasaran produk agribisnis merupakan hal yang baru, mengingat produk pertanian memiliki karakteristik yang berbeda dengan produk industri lainnya.Â
Di antaranya adalah karakteristik produk yang memiliki masa kadaluarsa dan daya tahan produk yang terbatas, sehingga pemasaran secara daring (online) untuk pemenuhan kebutuhan ritel konsumen menjadi sebuah tantangan yang harus dipertimbangkan oleh para pemasar. Hal ini dikarenakan konsumen memiliki pertimbangan risiko yang lebih banyak saat memutuskan untuk melakukan pembelian produk secara daring (online) dibandingkan dengan mempertimbangkan pembelian produk secara konvensional atau offline
Dalam Agribisnis, mempersuasi konsumen dapat dilakukan melalui pendekatan psikologis dengan memanfaatkan alat pemasaran seperti bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bauran pemasaran sendiri terdiri dari produk, harga, lokasi, dan promosi merupakan salah satu alat strategi pemasaran untuk memaksimalkan kesuksesan aktivitas pemasaran.Â
ProdukÂ
Produk diartikan sebagai sekumpulan atribut berupa fitur, fungsi, manfaat, dan penggunaan yang digunakan untuk memberikan kepuasan konsumen. Produk mampu dieksploitasi dengan memanfaatkan bauran dan atribut produk untuk mempersuasi konsumen untuk melakukan pembelian. Dalam kerangka perilaku konsumen, produk merupakan salah satu indikator dalam melakukan pencarian, pembelian, penggunaan, dan evaluasi produk. Atribut produk yang digunakan dalam proses persuasi kepada konsumen untuk model pembelian konvensional dan pembelian daring (online) menggunakan dasar yang sama dalam atribut namun disampaikan kepada konsumen dengan cara berbeda.
HargaÂ
Harga merupakan salah satu alat pemasaran yang terkandung di dalam bauran pemasaran yang mmapu mempengaruhi permintaan dan merupakan kunci penggerak posisi produk yang akan mempengaruhi bagaimana produk atau merek akan dipersepsikan oleh konsumen dibandingkan dengan produk pesaing.Â
Pola belanja konsumen yang dilakukan secara online memiliki proses yang berbeda dengan mengikutsertakan media modern atau teknologi sebagai media berbelanja. Sehingga menjadi kecenderungan bagi para pemasar produk melalui media daring (online) menggunakan harga sebagai salah satu media persaingan dengan competitor dan melakukan penentuan harga produk. Faktor harga pada model pembelajaan secara daring (online) dapat dijadikan alat perusahaan untuk menawarkan nilai produk yang bersaing dengan produk sejenis di pasaran penjualan produk secara daring (online).Â
DistribusiÂ
Distribusi di dalam konteks model pembelanjaan melalui media daring (online) lebih difokuskan kepada media internet yang digunakan pemasar atau perusahaaan untuk menawarkan produk kepada calon konsumen. Media tersebut dapat berupa media sosial, website, blog, atau iklan di internet. Pada model pemasaran produk secara daring (online), media pemasaran yang dipilih juga melekat dengan promosi yang dilakukan melalui media tersebut.Â
Penyediaan jasa layanan belanja online yang semakin berkembang saat ini, bahkan untuk berbelanja kebutuhan sehari – hari sangat membantu konsumen untuk dapat berbelanja dimana saja dan kapan saja sesuai dengan kebutuhan konsumen.Hal ini juga membuka peluang baru bagi pelaku usaha jasa pengiriman.
PromosiÂ
Promosi merupakan media untuk mengenalkan. mengajak, mempersuasi, dan mempengaruhi konsumen untuk mempertimbangkan, membeli dan konsumsi produk yang ditawarkan oleh perusahaan atau pemasar. Promosi digunakan sebagai media komunikasi pemasaran yang menggambarkan brand voice untuk dijadikan alat membangun relasi dengan konsumen.Â
Media promosi melalui platform internet dapat menghubungkan komunikasi antara pemasar atau perusahaan mengenai produk atau merek yang dipasarkan di dalam berbagai media social internet atau media digital yang akan bermakna penting terkait dengan komunikasi pemasaran. Salah satu contoh media promosi daring (online) yang saat ini dianggap efektif untuk memasarkan produk adalah media sosial online yang mampu mempengaruhi minat beli konsumen.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI