Mohon tunggu...
Reny A
Reny A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Agribisnis/Universitas Muhammadiyah Malang

Sujud itu indah. "Saat engkau berbisik ke bumi, maka suaramu akan terdengar di langit"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perilaku Online Shopping dalam Pemasaran Agribisnis

28 Mei 2022   05:00 Diperbarui: 28 Mei 2022   05:11 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Internet saat ini telah menjadi tidak hanya sebuah media informasi dan komunikasi modern, namun juga menjadi kebutuhan yang dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas termasuk aktivitas bisnis dan perdagangan. Dampak keberadaan media internet memberikan kemudahan dalam proses komunikasi dan kecepatan lalu lintas informasi tanpa mengenal batas ruang dan waktu. 

Daya Tarik yang ditawarkan oleh pengalaman berbelanja secara daring (online) bagi konsumen diantaranya adalah kemudahan pemesanan, kemudahan berkomunikasi dengan penjual, kemudahan untuk membatalkan pesanan, kemudahan pembayaran, kecepatan pengiriman, serta faktor pendukung layanan konsumen lainnya 

Model pemasaran produk melalui online shopping yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform internet seperti media sosial, website, blog, bahkan hanya berupa iklan jumlahnya semakin banyak dan menjadi salah satu sumber referensi bagi konsumen karena kemudahan, fleksibilitas dan efisiensi yang ditawarkan.

Pemasaran produk – produk pertanian atau agribisnis saat ini semakin diminati baik dari perspektif pemasar maupun perspektif konsumen. 

Kemudahan dan fasilitas pendukung seperti jasa pengiriman untuk memenuhi kebutuhan konsumen menjadi peluang bisnis yang potensial untuk terus dikembangkan oleh para pemasar. 

Perubahan gaya hidup konsumen saat ini yang mengarah kepada green living bahkan green buying yang mendukung perkembangan gaya hidup sehat, lingkungan yang sehat dan bersih telah meningkatkan kebutuhan – kebutuhan seperti aktivitas berkebun di rumah meskipun dengan lahan terbatas seperti aktivitas urban farming. 

Pola perilaku konsumen yang mengarah kepada green buying diantarnya dengan melakukan pembelian produk – produk yang bermanfaat untuk lingkungan, contohnya, diprediksi dipengaruhi oleh perilaku konsumen seperti sikap konsumen terhadap kepedulian lingkungan

Namun, pemanfaatan media internet seperti melakukan aktivitas perdagangan atau pemasaran produk agribisnis merupakan hal yang baru, mengingat produk pertanian memiliki karakteristik yang berbeda dengan produk industri lainnya. 

Di antaranya adalah karakteristik produk yang memiliki masa kadaluarsa dan daya tahan produk yang terbatas, sehingga pemasaran secara daring (online) untuk pemenuhan kebutuhan ritel konsumen menjadi sebuah tantangan yang harus dipertimbangkan oleh para pemasar. Hal ini dikarenakan konsumen memiliki pertimbangan risiko yang lebih banyak saat memutuskan untuk melakukan pembelian produk secara daring (online) dibandingkan dengan mempertimbangkan pembelian produk secara konvensional atau offline

Dalam Agribisnis, mempersuasi konsumen dapat dilakukan melalui pendekatan psikologis dengan memanfaatkan alat pemasaran seperti bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Bauran pemasaran sendiri terdiri dari produk, harga, lokasi, dan promosi merupakan salah satu alat strategi pemasaran untuk memaksimalkan kesuksesan aktivitas pemasaran. 

Produk 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun