Mohon tunggu...
Revitania Aulia Zahra
Revitania Aulia Zahra Mohon Tunggu... Aktris - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Saya adalah mahasiswa aktif Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menentukan Nilai Tempat Suatu Bilangan Pada Matematika

1 Desember 2024   13:22 Diperbarui: 3 Desember 2024   14:46 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lagu Nilai Tempat Bilangan (Sumber: Else Puspita)

Oleh: Anggi Rahmani, Patra Aghtiar Rakhman, Revitania Aulia Zahra, Ragil Puji Wdiastuti, Tifani Maulidah, Nazmie Nabilah.

Nilai Tempat Pada Bilangan Matematika

Taukah kamu nilai tempat suatu bilangan pada bilangan Matematika?

Ayo, mari kita bahas!

Sebelumnya apakah kalian tau apa itu “Nilai Tempat?”

Perlu kita ketahui setiap bilangan terdiri dari beberapa angka. Oleh karena itu, setiap angka memiliki nilai tempat yang berbeda. Menurut Matitaputy, Putri, dan Hartono (Yusri & Sari, 2017), pengertian nilai tempat berdasarkan Mathematics in The New Zealand Curriculum dalam adalah nilai yang diberikan untuk sebuah angka berdasarkan letak angka tersebut. Sedangkan Fuson (Yusri & Sari, 2017) menyatakan bahwa pemahaman nilai tempat adalah pondasi untuk memahami sistem bilangan dan mengembangakan prosedur penjumlahan dan pengurangan bilangan multidigit, akan tetapi pengembangannya membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, nilai tempat harus memiliki posisi yang jelas dalam kurikulum matematika karena nilai tempat memungkinkan siswa untuk memahami ide-ide matematika yang lain.

Apakah kalian tau bahwa setiap angka dalam sebuah bilangan memiliki tempatnya masing-masing, lho!  Mulai dari yang paling besar di sebelah kiri hingga yang terkecil di sebelah kanan, jika dalam susunan sebagai berikut:

Ratus ribuan

Puluh ribuan

Ribuan

Ratusan

Puluhan

Satuan

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa nilai tempat adalah tingkat kedudukan atau posisi suatu bilangan, dalam susunan bilangan tertentu.

Seperti pada susunan bilangan 125.437,

1 menempati kedudukan Ratus ribuan

2 menempati kedudukan Puluh ribuan

5 menempati kedudukan Ribuan

4 menempati kedudukan Ratusan

3 menempati kedudukan Puluhan

Dan 7 menempati kedudukan Satuan

 

Agar membantu siswa dalam memahami materi “Nilai Tempat Pada Bilangan” dengan baik, Bapak dan Ibu Guru dapat memanfaatkan video pembelajaran di bawah ini. Video tersebut dirancang agar dapat mempermudak proses belajar menjadi lebih menarik dan lebih interaktif, sehingga siswa dapat lebih mudah menyerap suatu materi yang disampaikan oleh Bapak dan Ibu. Mari kita simak video tayangan berikut, guna membantu proses pembelajaran.

https://youtu.be/10r2LUN_Cfs?feature=shared

Pada Umumnya, Pembelajaran matematika seringkali dianggap sulit dan membosankan, kita sebagai seorang pendidik harus bisa mengontrol kondisi kelas. Oleh karena itu, agar lebih mudah mengingat materi mengenai nilai tempat dalam suatu bilangan, kita dapat mencoba cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, salah satunya dengan metode bernyanyi. Metode ini sering kali diterapkan di Sekolah Dasar karena membuat suatu pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan, tetapi juga membantu siswa lebih mudah memahami materi yang sedang dipelajari dengan cara yang kreatif. berikut adalah salah satu contoh nyanyian yang sesuai dengan materi yang sedang kita bahas. Yuk, kita simak!

Lagu Nilai Tempat Bilangan (Sumber: Else Puspita)
Lagu Nilai Tempat Bilangan (Sumber: Else Puspita)

  https://youtu.be/JxXGc5NBZo4?si=TUquUVak2Wm34QwE  

Sampai sini apakah masih sulit dipahami? jika dirasa cukup untuk dimengerti, mari kita bahas mengenai media pembelajaran yang dapat diterapkan di Sekolah Dasar berikut!

Media apa yang cocok diterapkan pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar?

Nah, dalam pembelajaran matematika di Sekolah dasar, penggunaan media pembelajaran dapat menjadi salah satu alternatif untuk membuat proses belajar matematika itu sendiri menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep suatu nilai tempai pada bilangan adalah Media Kantong Bilangan Nilai Tempat.  Madia ini dibuat untuk membantu guru dalam mengajarkan nilai tempat kepada siswa dengan cara yang konkret dan interaktif. Dengan menggunakan media ini, siswa dapat lebih muda memperlajari konsep nilai tempai pada suatu bilangan secara bertahap, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami dan menangkap materi.

Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan media kantong bilangan nilai tempat dalam pembelajaran:

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

Kertas Karton

Stick Es Krim

Kertas Origami

Plastik Bening

Spidol

Lem

Tahapan membuat Media “Nilai Tempat” :

  1. Buatlah Judul media “Nilai Tempat” di bagian atas karton menggunakan spidol. Pastikan tulisan jelas dan menarik untuk siswa.
  2. Tempelkan plastik bening pada bagian tengah, lalu beri bingkai. Plastik bening berfungsi sebagai papan soal, yang bisa dihapus dan diganti.
  3. Tempelkan kertas origami yang telah ditulis nilai tempat seperti satuan, puluhan, dst. Tempelkan hanya bagian pingir saja/dan sisakan satu sisi (membuat kantong)
  4.  Beri angka 1-9 pada stick ice cream, sebagai penanda
  5. Tempelkan kertas origami pada pojok karton, sebagai tempat menaruh stick ice cream. Tempelkan origami pada bagian pinggir saja dan sisakan satu sisi. (Membuat kantong)"

 

Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)
Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)

Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)
Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)

Cara menggunakan media :

Penggunaan Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)
Penggunaan Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)
  1. Tuliskan soal bilangan pada bingkai plastik yang tersedia. Seperti pada contoh diatas (875.421)
  1. Lalu minta siswa untuk menempatkan stick yang bertuliskan angka yang tepat untuk dipasangkan pada nilai tempatnya. Seperti pada contoh diatas (angka 8 pada tempat Ratus ribuan, angka 7 pada tempat Puluh ribuan, dst.
  2. Lalu mintalah siswa lain untuk mengoreksi, atau koreksi jawaban bersama dengan siswa

Penggunaan Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)
Penggunaan Media Kantong Bilangan Nilai Tempat (Sumber: Pribadi)

Nah, Bagaimana Bapak/Ibu? Menarik dan sangat mudah diterapkan, bukan?

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dalam kegiatan belajar mengajar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! 🙌🏻

Daftar Pustaka

Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika Di Kelas I Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.451

Mulyasari, W., & Fazrul Prasetya Nur Fahrozy. (2023). Pemahaman Konsep Pada Nilai Tempat Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 442–452. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5295

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun