Mohon tunggu...
Oto Mania
Oto Mania Mohon Tunggu... Editor - Senang mengulas seputar otomotif

Senang mengulas seputar otomotif

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Mengungkap Mitos dan Fakta Garansi Mobil Hyundai

16 Juli 2023   19:35 Diperbarui: 16 Juli 2023   19:54 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Hyundai Motor Group (Pexels)

Bagi orang yang baru membeli mobil, terkadang ada beberapa asumsi yang keliru tentang asuransi maupun garansi mobil. Memangnya, apa saja sih fakta tentang garansi mobil Hyundai yang sebenarnya mitos, dan manakah yang benar? Yuk, kita kulik selengkapnya di sini!

5 Mitos tentang Asuransi dan Garansi Mobil

Bagi mereka yang tidak terlalu paham tentang dunia otomotif biasanya suka salah paham tentang mitos yang beredar. Mari kita bongkar apa saja mitos asuransi dan garansi mobil yang sering muncul. Simak informasi selengkapnya berikut ini:

1. Garansi akan hangus kalau terlambat servis

Banyak orang yang salah paham atau bahkan takut tidak bisa klaim garansi karena pernah terlambat servis mobil. Padahal, itu hanya mitos loh. Memang benar bahwa melakukan servis tepat waktu merupakan hal penting untuk perawatan mobil Hyundai Anda. namun, hal tersebut tidak semerta-merta memutus pemberlakuan garansi. Oleh sebab itu, jangan terjebak dalam mitos ini dan pahami persyaratan garansi dengan cermat, ya. 

2. Garansi tetap berlaku untuk mobil modifikasi  

Poin ini sering menjadi perdebatan banyak orang. Bahkan, beberapa orang sampai urung untuk memodifikasi mobilnya karena takut garansinya hangus. Memang benar bahwa beberapa modifikasi bisa menyebabkan hangusnya garansi. Akan tetapi, hal itu tidak berlaku untuk semua jenis modifikasi, loh. Pasalnya, Hyundai Indonesia memperbolehkan modifikasi tertentu. 

Makanya, sebelum memodifikasi mobil, Anda bisa memastikan kembali pada pihak mobil Hyundai apakah modifikasi yang ingin Anda lakukan tidak bertentangan dengan ketentuan garansi dan asuransi mobil. Mudah, kan? 

3. Garansi mobil baru sudah mencakup semua kerusakan 

Seringkali orang mengira bahwa garansi mobil baru berlaku untuk segala jenis kerusakan. Padahal, faktanya garansi mobil baru biasanya mempunyai pengecualian loh. Beberapa pengecualian tersebut biasanya mencakup kerusakan akibat bencana alam, modifikasi untuk racing, dan kecelakaan besar. 

Namun, apabila terdapat kerusakan atas kesalahan dari pabrik, tentunya mobil Anda sudah sepatutnya dapat garansi kok. Bahkan, Anda berhak mendapatkan garansi original aksesoris dan suku cadang selama satu tahun setelah pembelian. Menguntungkan, ya?

4. Semua garansi memberikan coverage yang sama

Anda juga perlu menghapus anggapan bahwa garansi berlaku setara pada semua produk. Hal ini tidak benar adanya karena setiap jenis mobil mempunyai model dan performa yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, coverage asuransi dan garansinya tentu saja juga berbeda. 

Perbedaan ini mungkin meliputi komponen hingga periode berlakunya. Dengan demikian, sangat penting untuk membaca dokumen dan garansi dengan cermat sebelum membeli mobil baru. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait garansi maupun asuransi dari mobil Hyundai tertentu, Anda bisa mengunjungi websitenya atau Hyundai Service Call Center yang aktif selama 24 jam. 

5. Pengajuan klaim akan selalu ditolak

Biasanya, asumsi ini sering membuat orang urung untuk mengklaim garansi dan asuransi. Padahal, selama Anda tidak melanggar ketentuan polis yang telah disetujui, maka tidak ada alasan klaim akan ditolak. Nah, apabila klaim Anda ditolak pun, jangan langsung menyerah. Anda bisa mengkomunikasikan alasan penolakan kepada pihak terkait. Jadi, jangan sampai mitos ini menghalangi niat Anda untuk mengajukan klaim asuransi mobil, ya. 

Kelebihan Asuransi dan Garansi Mobil Hyundai dari Hyundai Indonesia

Bagi Anda yang ingin klaim garansi ataupun asuransi tidak perlu ragu gara-gara mitos yang belum tentu kebenarannya. Dengan asuransi dan garansi dari Hyundai Indonesia, Anda berhak untuk menerima garansi suku cadang jika terdapat kesalahan dari pabrik. 

Di samping itu, Hyundai juga menyediakan asuransi mobil komprehensif yang siap untuk memberikan jaminan atas kerusakan mobil Anda. Bahkan, tak hanya bagi mobil, asuransi Hyundai Indonesia juga sudah mencakup perlindungan bagi Anda sebagai pengemudi dan semua penumpang yang ikut bepergian bersama Anda! 

Tidak hanya berlaku soal asuransi dan garansi saja, Anda tidak boleh semena-mena mempercayai mitos yang ada tanpa membuktikannya terlebih dahulu. Sebab hal ini dapat mengurangi kesempatan Anda untuk menerima asuransi dan garansi yang merupakan hak Anda sebagai konsumen. Dengan asuransi dan garansi mobil Hyundai Indonesia, biaya perbaikan mobil Anda dapat terjamin. Untuk informasi lebih lanjut soal asuransi dan garansi dari Hyundai Indonesia bisa Anda cek di website resminya, ya!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun