Mohon tunggu...
Oto Mania
Oto Mania Mohon Tunggu... Editor - Senang mengulas seputar otomotif

Senang mengulas seputar otomotif

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Cara Mudah Memahami Ketentuan Garansi Mobil Hyundai

23 Juni 2023   16:53 Diperbarui: 23 Juni 2023   17:14 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo credit: Hyundai Motors Indonesia

Zaman sekarang Anda tidak akan kesulitan membeli unit kendaraan baru yang sudah disertai dengan garansi, terutama untuk mobil Hyundai. Sebab, Hyundai Indonesia sudah menawarkan paket asuransi dan garansi yang lengkap setelah pembeli menyelesaikan transaksi. Contohnya, ada garansi kendaraan, suku cadang, aksesoris, sampai baterai bagi Anda yang membeli mobil listrik.

Selain menawarkan berbagai manfaat, garansi juga memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing jika Anda ingin mengajukan klaim. Lalu, bagaimanakah caranya membaca ketentuan tersebut supaya Anda bisa mengikutinya dengan baik? Ketahui selengkapnya lewat poin-poin di bawah ini!

1. Ketahui asal garansi yang diberikan

Sebelum ke berbagai tips lain, hal penting yang mesti diperhatikan oleh seorang pemilik kendaraan adalah asal garansi yang diberikan. Beberapa mobil biasanya telah disertai dengan garansi lengkap dari pabrikan, misalnya mobil Hyundai itu sendiri. Dengan adanya berbagai macam garansi seperti yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Di samping itu, tanyakan atau pahami juga garansi-garansi tambahan yang mungkin diberikan oleh dealer setempat. Biasanya, garansi seperti ini berlaku ketika Anda baru saja melakukan servis rutin di bengkel atau dealer resmi. Jangka waktu yang diberikan untuk garansi semacam ini pun tidak lama, sekitar 1-2 minggu saja.

2. Catat masa berlaku dan cakupan garansi

Setelah memahami asal garansi yang Anda terima, kini saatnya untuk mengingat cakupannya. Untuk garansi mobil Hyundai sendiri, perlindungan diberikan secara umum pada unit kendaraan, yakni 36 bulan atau setelah menempuh jarak 100.000 kilometer. Ada juga garansi suku cadang dan aksesoris orisinal selama satu tahun. Itu pun hanya bisa berlaku jika Anda mengikuti syarat dan ketentuan dari pabrikan. Terakhir, Hyundai Indonesia juga memberlakukan garansi terhadap baterai mobil listrik (EV) selama 8 tahun atau 160.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dulu.

3. Pahami jenis garansi yang tersedia

Garansi yang diberikan terhadap kendaraan juga memiliki berbagai macam jenis, misalnya ada garansi bumper-to-bumper, powertrain, drivetrain, dan sebagainya. Garansi bumper-to-bumper sendiri diberikan kepada komponen-komponen yang belum tercakup dalam garansi powertrain dan drivetrain, contohnya airbag, AC, pintu kendaraan, fasilitas entertainment, sampai sistem kelistrikan.

Sementara itu, powertrain adalah garansi mobil untuk melindungi komponen mobil yang memengaruhi prosesnya bergerak, misalnya mesin, transmisi, roda, dan lain sebagainya. Di sisi lain, drivetrain warranty mencakup hal-hal yang sama dengan powertrain warranty, kecuali mesin. Masa berlakunya pun cenderung lebih lama dibandingkan dengan yang sebelumnya.

4. Periksa ketentuan pencatatan bukti klaim

Saat ingin memahami ketentuan garansi mobil Hyundai, Anda pastinya perlu memeriksa tanggal pembelian dan periode berlakunya garansi. Semisal, Anda bisa menandai garansi mobil dengan melihat nomor rangka dan berapa tahun garansi yang diberikan oleh perusahaan Hyundai Motors Indonesia.

Karena garansi tak hanya ditujukan untuk unit kendaraan, melainkan juga pelayanan yang mereka tawarkan, penting bagi Anda untuk mengecek bukti transaksi. Contohnya, Anda baru saja melakukan servis rutin. Biasanya, dealer resmi atau bengkel akan memberikan garansi servis selama beberapa minggu. Anda bisa menyimpan bukti servis untuk diperbaiki ulang secara gratis jika mobil mengalami gangguan.

5. Pertimbangkan layanan perbaikan yang ditawarkan

Garansi yang diberikan oleh Hyundai Motors Indonesia terhadap unit mobil Hyundai sudah jelas tercantum pada poin nomor dua. Sebagai pelengkap, Anda juga akan mendapatkan layanan asuransi yang mencakup lima hal, yaitu Customer Protection Program, Payment Protection Program, New Car Replacement Guarantee, Resale Value Guarantee, serta Tire Protection Program.

Dengan kelima jenis asuransi tersebut, Anda tentu akan merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan unit kendaraan dari Hyundai. Namun, sama halnya dengan garansi, program asuransi yang diberikan oleh Hyundai Motors Indonesia juga memiliki jangka waktu tertentu, lho! Sebaiknya, kamu pahami betul syarat dan ketentuan masing-masing asuransi sebelum mengajukan klaim, ya!

 

Memahami syarat dan ketentuan garansi saat membeli mobil baru itu penting, lho. Sebab, Anda pun akan makin merasa aman dan nyaman ketika menggunakan kendaraan. Contohnya seperti mobil Hyundai sendiri yang menyertakan garansi plus program asuransi begitu unit kendaraan resmi menjadi milik Anda. Supaya tak salah kaprah, pahami ketentuan garansi mobil Hyundai di sini, yuk!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun