mall untuk sekedar melihat-lihat koleksinya maupun benar-benar bertujuan untuk membeli barangnya.
Kalau ngemall rasanya pasti ga lengkap kalau belum masuk store Miniso. Tentunya karena Miniso menjadi salah satu store yang wajib dikunjungi saat berada diLalu sebenarnya apasih menariknya Miniso sehingga kelihatannya ramai terus? Mari kita sedikit menilisik sejarah bisnis retail atau biasa dikenal dengan bisnis eceran ini.
Adakah yang selama ini mengira bahwa Miniso adalah salah satu brand dari negeri sakura yakni Jepang? Faktanya banyak orang yang salah mengira karena dari tampilan maupun produknya keliatan Jepang banget tuh. Jadi sebenarnya Miniso adalah brand dari China dan pertama kali berdiri juga di China, serta bapak founder Miniso juga orang berkebangsaan China yang bernama Ye Guo Fu. Ye Guo Fu memulai karirnya di bidang bisnis retail pada tahun 2004 dengan menjual aksesoris dan alat kecantikan wanita. Di titik inilah awal mula Ye Guo Fu mulai mengembangkan bisnisnya.
Meski Miniso ini adalah brand dari China tetapi suasana yang ditawarkan bisa Jepang banget kan? Kamu nggak salah mengira, karena ternyata pada saat di Jepang, Ye Guo Fu bekerja sama dengan desainer bernama Miyake Jyunja untuk membuat desain dan mengembangkan store Miniso. Perusahaan ini pertama kali didirikan di Tokyo, Jepang pada tahun 2013 hingga berkembang ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, beberapa negara di Asia, dan tentunya pada tahun 2016 membuka gerai di Indonesia.
Miniso menjual berbagai keperluan sehari-hari laki-laki maupun perempuan, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Produk yang ditawarkan antara lain alat makan, alat tulis, tas, sendal, boneka, parfum, make up, skincare, botol minum, aksesoris seperti kacamata, ikat rambut, lalu elektronik seperti powerbank, earphone, headset, perlengkapan olahraga seperti matras senam, skipping, dan masih banyak lainnya. Tentu ini menjadi salah satu faktor yang menarik konsumen dari berbagai kalangan.
Miniso mampu berhadapan dengan pasar dan pesaingnya di era sekarang dimana produk lokal yang kian maju. Namun, Miniso tetap menjadi tujuan utama bagi konsumennya. Apa strategi umum yang dilakukan Miniso ini? Simak yuk, siapa tahu strategi ini juga bisa jadi gambaran untuk brand lokal atau bisnismu.
1. Low Cost Strategy
Dalam bahasa Indonesia ialah strategi biaya rendah, yang berarti strategi ini menawarkan harga produk yang lebih rendah dibandingkan dengan harga dari kompetitornya.
Brand dari China cenderung menggunakan strategi ini dikarenakan beberapa hal, diantaranya yaitu upah pekerjanya yang dapat ditekan dan pendistribusian yang mudah. Miniso yang menjual produknya langsung ke konsumen akhir tentu dapat mengurangi biaya distribusi karena tidak perlu menyetorkan barang ke agen.
Perusahaan Miniso tentu berada dalam level yang baik dimana mampu menghasilkan laba lebih tinggi dengan strategi ini. Meskipun harga produk Miniso masih terjangkau tapi kualitasnya juga sepadan. Dengan menerapkan strategi ini mengahdirkan keuntungan bagi Miniso karena konsumen akan lebih memilih produk yang masih terjangkau dibanding dengan produk serupa dari perusahaan lain tetapi dengan harga tinggi. Siapa sih yang nggak tergiur harga murah tapi kualitasnya tetap oke.
2. In Store Experience
Store Miniso dari jauh aja udah eye catching jadi bikin pengen masuk buat lihat-lihat displaynya kan. Nah Miniso memang sengaja memakai strategi ini untuk menarik perhatian konsumen. Barang-barangnya ditata rapi di rak susun dengan warna yang senada. Desain dan interiornya terkesan estetik dan minimalis, untuk warna yang digunakan dominan pastel yang kalem, warna anak muda banget.
Cermin besar rupanya juga cukup menjadi iconic di store Miniso, tak jarang digunakan untuk mirror selfie. Penulis juga cukup senang dengan hasil foto di salah satu store Miniso ini, keliatan rapi dan instagramable.
Pengalaman lain di dalam storenya ialah biasanya di Miniso pegawainya cukup ramah dan pengertian, maksutnya ialah mengerti jika terkadang beberapa konsumen tidak terlalu suka untuk diikuti sehingga tidak leluasa dan muncul rasa tidak nyaman. Nah mungkin hal inilah yang dihindari oleh Miniso. Miniso memberikan keleluasaan untuk setiap pengunjung, sehingga store ini sering dijadikan tempat untuk window shopping.
Apa itu window shopping? Pasti diantara kamu pernah dan bahkan sering melakukannya, window shopping yakni menghabiskan waktu untuk sekedar melihat produk yang dipajang pada etalase toko, namun tidak berniat membelinya. Hal ini fine-fine aja di Miniso.
3. Phygital Presence
Strategi Phygital Presence menjembatani kesenjangan antara dunia fisik dan digital. Â Tujuannya adalah untuk membawa bagian terbaik dari pengalaman pelanggan fisik ke dunia digital dan sebaliknya. Nah dalam strategi ini Miniso mengandalkan online storenya yang dapat dengan mudah diakses lewat smartphone saja.
Dalam strategi ini lebih terfokus pada instan, terhubung, dan menarik. Instan artinya bahwa produk harus segera ditawarkan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat. Terhubung ialah perusahaan dapat memastikan semua pihak terhubung. Â Kualitas tidak boleh hilang saat pelanggan mengunjungi toko dan menerima kualitas yang sama saat berbelanja online. Lalu menarik maksutnya ialah perusahaan memastikan untuk menawarkan momen fisik di situs web kepada pengunjung yang menyenangkan dan interaktif, dan momen fisik di toko yang menarik perhatian dan nyaman.
Rupanya Miniso telah berhasil menerapkan strategi marketing yang nggak main-main hingga dapat bertahan sampai sekarang ini. Mau beli barang di Miniso juga rasanya nggak perlu berpikir seribu kali karena bisa dibilang kualitasnya berbading lurus dengan harga, nah tentunya fair dong.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H