Semarang (05/02). Universitas Diponegoro melaksanakan KKN tahun ini dengan cara yang berbeda yaitu KKN di wilayah desa sendiri (tempat tinggal masing -- masing mahasiswa). KKN kali ini juga berbeda karena dilakukan hanya individu bukan berupa kelompok seperti yang terjadi pada KKN biasanya. Pada KKN kali ini memiliki tema tentang pemberdayaan masyarakat yang terdampak Covid -- 19 berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).
Pandemi Covid -- 19 ini memaksa seluruh masyarakat untuk mengurangi mobilitas, hal ini dikarenakan virus Covid -- 19 sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian. Kasus ini membuat warga yang ingin berbelanja atau bahkan hanya ingin membeli makanan ringan menjadi khawatir akan kesehatannya apa bila meniggalkan rumah. Sebab inilah sektor UMKM warga menjadi terganggu atau bahkan banyak yang gulung tikar dikarenakan sepi pembeli.
foto-kkn-bersama-pemilik-umkm-60291560d541df660d79ff02.jpeg
Pelaksanaan kegiatan KKN kali ini memiliki program yang telah dirancang atau direncanakan yaitu membantu salah satu sektor UMKM warga desa Bangetayu Kulon RT 02 RW 06 Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk, Kota Semarang, untuk melakukan promosi melalui media online agar UMKM dapat kembali berjalan nomal atau bahkan lebih jaya. UMKM ini bergerak pada bidang produksi makanan (Snack & Cathering), dimana barang produksi akan dibuat jika ada pemesan yang minat untuk membeli (Pre -- Order). Jika UMKM tidak memiliki promosi yang gencar maka UMKM akan mengalami kerugian, akan tetapi berbeda jika dapat melakukan promosi melalui media online. Hal ini dikarenakan arus informasi pada masa sekarang sangatlah, degan melakukan promosinya melalui media online dalam sekejap promosi tersebut dapat tersebar luas pada berbagai wilayah.
promosi-ig-602916048ede486ce526bfb2.jpeg
Kegiatan mahasiswa KKN Undip ini dapat membantu dalam pembuatan desain promosi untuk UMKM dan dapat membantu mempromosikan melalui media online instagram. Solusi tepat untuk UMKM saat ini yang sedang sepi oleh konsumen. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat pembelian masyarakat serta dapat meningkatkan produksi demi tercapainya hasil yang maksimal pada UMKM.
Penulis     : Revangga Yudhistira Perdana
DPL Â Â Â Â Â Â Â Â : Prof. Dr. Ari Pradhanawati, M.S
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya