Â
Bermain sambil Mengenal bentuk geometri dari kertas lipat
Oleh: Retno Wulan (2321018)
INISNU TEMANGGUNGÂ
PendahuluanÂ
Permainan merupakan suatu hal yang sangat menarik bagi anak-anak, dengan melalui permainan pertumbuhan dan perkembangan anak akan berkembang secara optimal tanpa anak merasa terpaksa. Belajar sambil bermain sudah tidak asing lagi bagi para pendidik karena pendidik tidak boleh memaksa anak dalam belajar, sehingga metode bermain sambil belajar menjadi salah satu cara bagi pendidik untuk mengenalkan hal baru ataupun sesuatu yang ada disekitar seperti bermain bermain peran sebagai penjual dan pembeli dan lain sebagainya ,selain itu dengan cara bernyanyi juga melatih kognitif pada anak. Bentuk benda geometri sering di jumpai pada anak usia dini, terkadang anak belum mengetahui nama benda geometri yang anak-anak pegang, sehingga pada pembahasan ingin mengenalkan bentuk bentuk geometri menggunakan kertas lipat sambil bermain.
PembahasanÂ
Bermain sambil belajar merupakan salah satu hal yang menyenangkan, Pendidikan geometri untuk anak - anak dapat dilakukan dengan cara menarik dan interaktif. Bermain sambil belajar adalah metode yang efektif untuk meningkatkan motivasi mereka motivasi dan pemahaman mereka.
Contoh bermain sambil belajar geometri menggunakan kertas lipat
Bahan-bahanÂ
Kertas lipat/origami
GuntingÂ
Kertas HVS
Lem
Solasi
Langkah selanjutnya yaitu bentuk kertas lipat membentuk segitiga , lingkaran dan persegi dengan berbagai warna, saat menggunting bisa melibatkan anak, setelah itu tempelkan kertas yang sudah di gunting ke kertas HVS tunggu sampai kering , setelah kering susun bentuk geometri itu secara acak.
Cara bermainnyaÂ
1. Anak antri maju satu persatu
2. Kemudian sang guru memberi aba-aba misal (loncat ke segitiga, loncat ke lingkaran, loncat ke persegi)
3. Lakukan hingga sampai selesai dan di ulang ulang sampai anak anak selesai
Dari permainan di atas terdapat beberapa perkembangan yang berkembang pada anak seperti perkembangan motorik kasar dari anak-anak lompat-lompat, kognitif nya anak mencari gambar yang sesuai dengan yang di ucapkan oleh Bu guru, kemudian sosial emosional anak belajar antri.Â
KesimpulanÂ
Belajar sambil belajar merupakan metode efektif pada anak untuk meningkatkan kreativitas anak ,
Bermain sambil mengenal bentuk geometri bisa menjadi salah satu kegiatan bagi anak untuk mengenalkan bentuk bentuk geometri yang menarik dan efektif. Dalam perkembangan ini banyak perkembangan yang berkembang seperti motorik kasar, kognitif,dan sosial emosional anak. Kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan pada anak dalam mengembangkan beberapa aspek pada anak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H