Perusahaan ekspedisi ternama di Indonesia JNE terus menuai prestasi. Belum lama ini, perusahaan yang berdiri sejak 1990 itu kembali meraih penghargaan bergengsi Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 https://jnewsonline.com/jne-raih-penghargaan-perusahaan-pengiriman-paling-ngetop-di-indonesia-wow-brand-2023/) dalam kategori  Courier Service yang diselenggarakan Markplus Inc.Â
Penghargaan ini diselenggarakan oleh Markplus Inc, melalui salah satu divisinya yaitu MarkPlus Insight. Untuk mencari yang terbaik, Markplus telah melakukan survei Indonesia WOW Brand 2023 terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia. Hasilnya, terpilih brand-brand terbaik Indonesia dan mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023. Â Survey mengacu kepada konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing.Â
Cara berbisnis perusahaan terus berubah, termasuk di bidang logistik seiring dengan perubahan perilaku pelanggan. Perkembangan usaha dibidang logistik juga tumbuh pesat, banyak perusahaan berlomba meraup keuntungan dari bisnis ini. Berbagai macam strategi pun terus dilakukan supaya bisa memenangkan pasar. Servis menjadi salah satu hal terpenting dalam bisnis pelayanan. JNE sangat menyadari hal itu terlebih di era konektivitas saat ini, perilaku pelanggan telah bergeser dari proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi diri sendiri ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial. Penggunaan media sosial saat ini ikut andil dalam mempertahankan citra sebuah perusahaan.Â
Untuk itu perusahaan harus melakukan adaptasi termasuk ekspansi. Menjadi salah satu perusahan logistik terbesar dan tersebar di hampir semua wilayah di Indonesia, Â berhasil melakukan adaptasi sehingga menjadi juara karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek - merek lain di Industri sejenis.
Penghargaan ini diberikan langsung oleh Jacky Mussry sebagai Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. dan diterima oleh Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel The Westin, Jakarta (11/5). Â
Kurnia Nugraha bersyukur atas penghargaan istimewa ini. "Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar -- besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service," katanya. Pencapaian ini tentu menjadi kebanggaan untuk JNE, sekaligus bentuk kepercayaan masyarakat pengguna jasa logistik kepada JNE.
Komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, untuk berkontribusi secara nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan perekonomian Bangsa serta Negara, diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat. Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra. Â
Kurnia juga menyampaikan bahwa JNE (backlink: https://www.jne.co.id/)  didirikan dengan tujuan utama agar membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal maupun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline kami yaitu, "Connecting Happiness". Oleh karena itu, penghargaan ini menjadi motivasi  seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Kami berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas", pungkas Kurnia.Â
Pada saat pemberian penghargaan, Â untuk kedelapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast. Ini merupakan pestanya orang Brand di Indonesia yang bertema : Branding for the Game Charger, dalam acara WOW Brand Festive Day yang merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia yang dihadiri sekitar 400 brand enthusiast dari lebih 300 Brand terbaik Indonesia dan diisi oleh pembicara brand expert yang memaparkan konsep Brand terkini, dalam kesempatan ini juga JNE memberikan pemaparan mengenai "Boost Affinity by Brand Collaboration" yang selama ini dilakukan oleh JNE dalam mendukung strategi kolaborasi yang dilakukan oleh JNE, dibawakan oleh Kurnia Nugraha.
JNE berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga mempeluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H