Perkembangan teknologi dan hadirnya internet membawa praktik jurnalisme menjadi berbasis online.
Menurut Aryani (2011) dalam (Widodo, 2020, h.21), jurnalisme online adalah kegiatan jurnalistik yang dikerjakan secara online dengan mengandalkan jaringan internet.
Dalam jurnalisme online, media dan platform penyampaian informasi beragam.
Selain itu, di dalam jurnalisme online tidak hanya berisi teks saja, melainkan terdapat gabungan antara foto, audio, video, infografis, dll
Jurnalisme online tidak muncul begitu saja di Indonesia.
Begitu juga dengan hadirnya CNN Indonesia sebagai salah satu media online yang banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sejarah singkat jurnalisme di Indonesia hingga perkembangan CNN Indonesia, yuk simak artikel ini
Jurnalisme Online Indonesia
Sejak tahun 1995, di Indonesia internet mulai digunakan guna kepentingan kormesial.
Diperkirakan terdapat 20 ribu pengguna internet pada masa itu berdasarkan laporan Onno W. Purbo dkk berjudul "Computer Networking in Indonesia: Current Status and Recommendations for its Developments".
Pemanfaatan untuk komersial hanya 42% atau kurang dari 10 ribu pengguna saja.
PT Rahajasa Media Internet (Radnet) menjadi pioner jasa internet di Indonesia (Widodo, 2020, h. 43).
Selain itu, Republika Online (www.republika.co.id) menjadi media pertama yang hadir di Internet yang tayang pada 17 Agustus 1994 tepatnya setelah 1 tahun Harian Republika terbit.
Republika Online ini menjadi sambutan era konvergensi media pada saat itu.
Seiring dengan perkembangan zaman, media online lain perlahan bermunculan dan berkembang di Indonesia, salah satunya adalah CNN Indonesia.
Perkembangan CNN Indonesia
Cable News Network Indonesia (CNN Indonesia) menjadi salah satu situs dan stasiun televisi berita besar di Indonesia.
Situs berita CNNIndonesia.com muncul pada 20 Oktober 2014 yang dipimpin oleh Yusuf Arifin selaku pemimpin redaksi.
Sedangkan, untuk stasiun televisi CNN Indonesia ini diluncurkan pada 15 Desember 2015 yang bertepatan dengan ulang tahun TransMedia yang ke-14.
CNN ini sebetulnya bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Amerika yang menjadi salah satu media berita Internasional.
Dengan menggunakan strategi CNN International Commercial's Content Sales and Partnerships Group, CNN International dapat membangun koneksi di dalam menjangkau lebih banyak audience dan pembaca.
Strategi ini terdiri dari melakukan hubungan dan kerja sama antara CNN International dengan media-media di negara tertentu, salah satunya Indonesia.
Jadi, dapat dikatakan bahwa CNN Indonesia dengan CNN International merupakan 2 organisasi yang terpisah dan berbeda.
Dua organisasi ini independen, tetapi dapat saling melakukan kerja sama dan membantu meliput berita besar.
Kerja sama antara Trans Media dengan Turner International membentuk CNN Indonesia yang berdiri di bawah naungan Transcorp (Liputan6).
Sejak 2014 hingga 2022, CNN Indonesia sudah banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia bahkan hingga menduduki posisi ketiga media online yang paling banyak dikonsumsi pada tahun 2022 dengan persentase 35% (databoks)
CNN Indonesia memiliki tagline "The News We Can Trust".
Artinya bahwa CNN Indonesia ingin memberikan informasi kepada para pembacanya terkait berita yang aktual dan sesuai fakta, mengupas peristiwa dengan tajam dan bermakna, yang disertai dengan argumen yang dapat mudah dipahami dan didukung data yang relevan.
CNN Indonesia ini memberikan informasi kepada masyarakat mengenai berita lokal maupun internasional.
Fokus berita CNN Indonesia ini antara lain berita secara umum, berita olahraga, bisnis, teknologi, hingga hiburan.
CNN Indonesia memiliki visi dan misi, salah satunya panjang bukan berarti membosankan dan pendek tidak berarti dangkal.
Artinya bahwa panjang atau pendeknya sebuah berita bukan merupakan sebuah rumus atau tatanan yang selalu benar.
Maka dari itu, CNN Indonesia menyajikan peristiwa atau berita dengan format yang panjang ataupun pendek.
Selain itu, media ini juga melengkapi berita dengan gambar, tabel, video, dan infografis yang dapat melengkapi dan menjadi satu kesatuan dari struktur berita.
CNN Indonesia juga memiliki visi dan misi lain, yaitu media ini tidak ingin menjadi hakim dan menjadi algojo, tetapi ingin mengutarakan fakta dengan apa adanya dan membilasnya dari bias.
CNN Indonesia sangat memperhatikan dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik di dalam memberitkan suatu peristiwa kepada masyarakat.
Oleh karena itu, di dalam proses produksi berita CNN Indonesia selalu berusaha untuk memperhatikan dan mewujudkan standar editorial CNN International.
Seiring berjalannya waktu, CNN Indonesia memberikan kemudahan bagi para pembacanya untuk bisa mendapatkan seluruh beritanya secara gratis melalui website maupun aplikasi resmi.
Dengan kecepatan dan keakuratan di dalam menyampaikan sebuah peristiwa menjadikan CNN Indonesia sebagai salah satu media online yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi terbaru.
![20220928-104725-0000-6333c46cce8cab5cac5f2cb2.png](https://assets.kompasiana.com/items/album/2022/09/28/20220928-104725-0000-6333c46cce8cab5cac5f2cb2.png?t=o&v=770)
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI