Tulisan ini adalah kesimpulan dan refleksi saya dalam memahami dan mempelajari pemikiran Ki hajar Dewantara. Pengalaman yang saya pelajari adalah bagaimana saya belajar memahami pembelajaran Ki Hajar Dewantara yang dapat diterapkan dalam pembelajaran.Â
Dalam Proses ini saya banyak mendapatkan hal-hal baru bahwa pendidikan dan pembelajaran kita hari ini adalah hal yang dahulu masa zaman penjajahan itu sulit kita dapatkan. Pendidikan dan pembelajaran hanya diperoleh oleh kalangan tertentu saja. Banyak perjuangan para tokoh pendidikan untuk bisa sampai saat ini.Â
Sudah sepatutnya kita bersyukur dan juga berbahagia dengan keadaan sekarang, dan tinggal ditingkatkan kembali untuk pendidikan di Indonesia lebih baik dan lebih bermutu. Ketika dalam belajar di program Guru Penggerak ini ada saja hambatan yang saya terima , terutama soal membagi waktu antara tugas tugas, vidio coferance dan juga tugas di Sekolah yang memang sedang banyak dan sibuk sekali.Â
Solusi yang saya lakukan adalah membagi waktu dengan sebaik mungkin, dan tetap melaksanakan kewajiban walaupun bersamaan waktunya, mendelegasikan beberapa pekerjaan sekolah kepada teman teman yang sekiranya mampu untuk membantu.
Perasaan saya bahagia walau banyak sekali yang harus dilakkukan, tapi karena saya sudah memulai mengikuti kegiatan ini saya berharap dapat menyelesaikannya dengan baik dan juga semua hasil saya serahkan pada Alloh Subhanahu Wata'alla. Mengambil sisi baik dan sedikit demi sedikit mengalami perubahan dan pola pikir.Â
Penerapan aksi nyata yang saya lakukan adalah , memberikan kesempatan kepada para siswa untuk berpendapat, mengambil peran yang mereka sukai dan juga percaya atas tanggung jawab yang sudah diberikan pada mereka kemudian dapat dibuktikan kepada saya diakhir penilaian. Perasaan saya bahagia juga bangga mendapatkan hasil optimal dalam kegiatan kegiatan yang saya lakukan ketika melibatkan siswa.
Pembelajaran yang saya dapatkan adalah lebih menghargai proses belajar, memberikan kebebasan yang bertanggung jawab dan juga pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Mengedepankan kebutuhan dan mengoptimalkan karakter dan potensi peserta didik.
Salah satu kegiatan yang berpusat pada murid yang saya lakukan adalah dalam pelaksanaan project penguatan profil pelajar pancasila ( P5) yang saya laksanakan di sekolah dengan tema suara demokrasi.
Tahapan yang saya lakukan adalah :Â
Pertemuan 1 : Pemberian materi langsung dari KPU dan BAWASLU Kota Bekasi
Pertemuan 2 : Peserta didik diminta memilih menjadi bagian dari KPU, bawaslu, Tim Materi debat kandiddat atau Tim sukses
Pertemuan 3 : Peserta didik membuat partai dari 12 kelas menjadi 12 partai, beserta visi, misi dan juga logo partai
Pertemuan 4: Dari tiap 4 partai mengusung 1 Paslon Presiden dan Calon Presiden , langsung bertemu untuk membiacarakan visi dan misi gabungan 4 partai
Pertemuan 5: Peserta didik diberikan kesempatan menacari materi debat yang sudah di berikan oleh tim kpu dan bawaslu, paslon ,dan tim sukses segera mempersiapkan kampanye
Pertemuan 6 dan 7 : Masing masing paslon dan tim sukses dibebaskan mengadakab kampanye
Pertemuan 8 dan 9 : Debat kandidat PASLON
Pertemuan 10 : Kampanye gabungan
Pertemuan 11 : Masa tenangÂ
Pertemuan 12 Â : PEMILU dan pengumuman Presiden dan Wakil Presiden Embassy ( empat bekasi)
Dalam kegiatan ini siswa diberikan kebebasan memilih peran yang mereka inginkan dan mereka pun sangat antusias dan juga semangat dalam pembelajaran untuk menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila ini.Â
Kedepannya kegiatan yang akan saya lakukan adalah tetap mengadakan kegiatan yang berpusat kepada peserta didik , menerapkan kegiatan yang berdasarkan kearifan lokal serta mengoptimalkan peran serta masyarakat.
Berikut adalah Link Kegiatan P5 SMAN 4 BEKASI: SUARA DEMOKRASI
Salam dan bahagia , teruslah menginspirasi.Â
Bersama kita bisa , bersama kita gapai cita-cita.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI