Ada banyak sekali bagian yang harus Anda pelajari ketika melakukan digital marketing. Di program kursus SEO terbaik di Serpong, setiap alur akan diajarkan. Dan salah satu bagian yang paling penting dalam melakukan SEO sebenarnya adalah membuat content marketing. Kenapa? Karena tanpa content marketing, SEO itu tidak bisa dilakukan.
Oleh sebab itu, banyak pakar SEO mengatakan kesuksesan dari proses SEO sangat ditentukan dari content marketing yang Anda lakukan. Meskipun demikian, tentu tidak boleh ada anggapan bagian lain sama sekali tidak penting. Namun, setidaknya content marketing ini menetukan dua hal yang utama, yaitu keberhasilan dalam SEO serta mendapatkan kepercayaan dari pembaca atau potential buyers Anda.
Faktor Yang Menentukan Content Marketing Anda Menarik
Sebenarnya, membuat content marketing itu tidaklah sulit. Yang ada di otak Anda harusnya adalah tentang konten apa yang relevan dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Itu saja.
Namun, terkadang masih banyak orang yang masih kesulitan dalam memformulasikan ide agar menjadi content marketing yang menarik. Untuk itu, harus ada tahap-tahap yang harus dilakukan untuk memastikan content marketing Anda benar-benar sukses.
- Mengetahui Siapa Target Pembaca atau Target Market Anda
- Coba Anda kembali lagi memikirkan apa produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dari sana, Anda bisa membuat keputusan kira-kira siapa yang tertarik dengan produk atau jasa tersebut.
- Tak jarang ada produk yang bisa dijual ke siapa saja dan ke segala usia. Jangkauan pasarnya begitu luas. Terdengar lebih mudah, namun ternyata lebih sulit lho. Jauh lebih mudah jika target market Anda spesifik. Contohnya saja Anda berjualan mainan anak balita. Siapa target market Anda? Kebanyakan ibu-ibu, bukan? Karena target market Anda para ibu, buat content marketing yang menarik bagi mereka.
- Perhatikan bahasa yang digunakan. Tone juga perlu dijaga agar menarik dibaca oleh para ibu. Akan lebih baik jika Anda mengetahui sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh para ibu. Buat konten tentang hal tersebut. Namun, sekali lagi, tetap konten harus masih relevan dengan produk yang Anda tawarkan.
- Berikan Hal Positif. Kursus SEO BSD - Serpong, Anda tidak hanya diajarkan tentang optimasi SEO secara teknis. Anda juga akan diajarkan mengenai mindset.
Buat Konten Yang Berbeda
Content tidak hanya berupa artikel meskipun dalam hal ini, artikel sangat penting untuk SEO. Namun, jika tujuannya untuk mendapatkan perhatian dan trust dari calon pembeli, konten lainnya juga sangat penting. Contohnya saja content berupa video, infografis, banner, dan lain sebagainya. Anda bisa sesuaikan dengan tujuan content serta target market.
Pada dasarnya, content itu digunakan sebagai media untuk menyampaikan apa yang Anda ingin sampaikan. Bukan hanya menjelaskan mengenai produk yang Anda jual. Lebih dari itu, content juga harus digunakan sebagai cara untuk mengoptimasi website serta mendapatkan trust dari calon pembeli.
Hal Yang Sebaiknya Dihindari Saat Membuat Content Marketing
Yang paling mudah sebenarnya adalah membuat content marketing berupa artikel. Karena Anda hanya perlu menuliskan informasi yang ingin Anda sampaikan. Lain dengan content video. Butuh waktu lama untuk membuat video. Belum lagi proses editing yang juga sangat menyita banyak waktu.
Jika Anda ingin membuat content artikel, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari.
- Terlalu Kaku
- Tentu saja ini tergantung dengan target market Anda. Akan tetapi, kebanyakan orang tidak suka dengan artikel yang sangat kaku. Kalaupun itu menjelaskan tentang penjelasan ilmiah, usahakan Anda menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang santai.
- Berbelit-Belit
- Selain menghindari bahasa yang kaku, Anda juga perlu menghindari kalimat yang berbelit. Stick to the point. Langsung ke pokok persoalan. Meskipun demikian, tentu Anda harus gunakan basa basi. Ini yang akan membuat artikel Anda lebih enak dibaca. Hanya saja, letakkan pada porsi yang pas. Jangan terlalu banyak basa-basi agar tidak terlihat berbelit-belit.
- Lebih Banyak Porsi Promosinya
- Tujuan content marketing tidak lain untuk memasarkan produk. Akan tetapi, memberikan value itu jauh lebih penting. Soft selling itu bisa dengan mudah Anda lakukan dengan hanya memberikan lebih banyak value, sedikit kalimat promosi. Karena jika orang tahu value yang Anda sampaikan, mereka akan tertarik, percaya, dan akhirnya mau membeli produk yang Anda tawarkan.
Meskipun Anda sudah tahu bagaimana cara membuat content marketing, Anda juga perlu tahu bagaimana cara melakukan content distribution.  Digital marketing itu selalu berubah. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh perilaku pengguna internet. Belum lagi dengan adanya beberapa platform yang juga bisa mempengaruhi bagaimana cara melakukan promosi online yang efektif. Maka dari itu, meng-upgrade pengetahuan mengenai SEO itu wajib dilakukan.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H