Mohon tunggu...
Resyifa Qatrunnada Salsabila
Resyifa Qatrunnada Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

"Geografi Lebih Menarik", Mahasiswa Pendidikan Geografi UM Bawa Inovasi Pembelajaran ke SMAN 1 Boyolangu

4 Juni 2024   05:07 Diperbarui: 4 Juni 2024   05:48 438
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Kelas X-8 (Atas) dan X-11 (Bawah) (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Asistensi Mengajar (AM) adalah salah satu aktivitas yang menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang. Asistensi Mengajar ini merupakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif antara mahasiswa dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, nonformal dan informal.

Tujuan dari diselenggarakannya AM ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan untuk turut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru/fasilitator/tutor/pelatih/pendamping program di satuan pendidikan yang tersebar di masyarakat. Selain itu, AM ini juga membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dan menegah dengan pendidikan tinggi sesuai perkembangan Ipteks.

SMAN 1 Boyolangu adalah sekolah menengah atas favorit di Kabupaten Tulungagung yang menjadi salah satu tempat pelaksanaan program Asistensi Mengajar Universitas Negeri Malang tahun 2024. SMAN 1 Boyolangu atau sering dikenal dengan Smaboy ini beralamat di Jalan Ki Mangunsarkoro, Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. SMAN 1 Boyolangu ini merupakan salah satu satuan penyelenggara pendidikan formal yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk kelas X, XI dan XII dan telah menggunakan Kurikulum Merdeka (Kurmer).

Foto Bersama Kelas X-12 (Atas) dan X-9 (Bawah) (Dokumnetasi Pribadi Tim AM)
Foto Bersama Kelas X-12 (Atas) dan X-9 (Bawah) (Dokumnetasi Pribadi Tim AM)

Pelaksanaan AM di SMAN 1 Boyolangu dimulai sejak tanggal 19 Februari 2024 dan berakhir pada 14 Juni 2024. Kegiatan AM di sekolah ini diikuti oleh 3 program studi salah satunya adalah S1 Pendidikan Geografi, disamping dua program studi lainnya yaitu S1 Pendidikan Sejarah dan S1 Pendidikan Sosiologi. Program AM ini diikuti sebanyak 14 mahasiswa dari tiga prodi tersebut. Dalam kegiatan AM di SMAN 1 Boyolangu ini, mahasiswa secara aktif berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga di bidang non akademik dan administrasi sekolah.

Foto Bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Prodi Pendidikan Geografi Saat Kegiatan Pengantaran (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Foto Bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Prodi Pendidikan Geografi Saat Kegiatan Pengantaran (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Di bidang akademik mahasiswa diajak untuk turut serta berkolaborasi dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran Geografi. Kegiatan tersebut mencakup pembuatan modul ajar, materi pembelajaran dan media pembelajaran. Selain itu, kegiatan lain juga mencakup pembuatan lembar kerja peserta didik (LKPD) dan soal evaluasi untuk pembelajaran Geografi. Selama proses pembelajaran, peserta didik tidak hanya mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru, tetapi mereka juga diajak untuk melakukan berbagai kegiatan menarik, seperti bermain game atau mengerjakan LKPD.

Pemaparan Materi di Kelas Menggunakan PowerPoint (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Pemaparan Materi di Kelas Menggunakan PowerPoint (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Proses Kegiatan Pembelajaran Geografi di Kelas (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Proses Kegiatan Pembelajaran Geografi di Kelas (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Guna mendukung penyampaian materi pembelajaran, peserta didik disuguhkan dengan berbagai media pembelajaran menarik, mulai dari Power Point hingga Augmented Reality. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi geografi yang disampaikan. Selain itu, peserta didik juga diajak bermain game edukasi di sela - sela kegiatan pembelajaran. Game yang dilakukan sangat beraneka ragam, mulai dari dengan memanfaatkan barang - barang di sekitar seperti UNO Stacko, hingga game yang dilakukan dengan bantuan teknologi, seperti Wordwall. Hal ini bertujuan agar peserta didik tidak merasa bosan salama kegiatan belajar mengajar.

Peserta Didik Bermain Game dengan Bantuan Uno Stacko (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Peserta Didik Bermain Game dengan Bantuan Uno Stacko (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Peserta Didik Sedang Bermain Game dengan Bantuan Wordwall (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Peserta Didik Sedang Bermain Game dengan Bantuan Wordwall (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Tidak hanya itu, peserta didik juga diajak untuk mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) yang telah berisi berbagai pertanyaan dan tugas untuk menambah pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Sebagai salah satu bentuk inovasi untuk mendukung pembelajaran era digital, LKPD yang digunakan bersifat elektronik atau E-LKPD dengan bantuan website LiveWorksheet, sehingga peserta didik dapat mengakses dan mengerjakan secara online di mana pun dan kapanpun.

Tampilan Hasil LKPD Peserta Didik (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Tampilan Hasil LKPD Peserta Didik (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Selain kegiatan akademik, mahasiswa peserta AM di SMAN 1 Boyolangu ini juga dilibatkan aktif dalam berbagai kegiatan non - akademik, salah satunya adalah sebagai pendamping kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang berlangsung selama kurang lebih 2 minggu, dengan mengusung tema "Kearifan Lokal". Kemudian kegiatan P5 tersebut ditutup dengan acara puncak berupa Pagelaran Wayang Kulit dan Bazar yang diselenggarakan pada 29 Februari 2024.

Peserta Didik Sedang Bermain Dakon (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Peserta Didik Sedang Bermain Dakon (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Pagelaran Wayang sebagai Puncak Kegiatan P5 (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Pagelaran Wayang sebagai Puncak Kegiatan P5 (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Selain itu, kegiatan non - akademik lainnya adalah penyelenggaraan Lomba Mading Kreatif Antar Kelas dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh Tim Asistensi Mengajar UM Smaboy 2024 yang berlangsung mulai 29 April 2024 hingga puncak acara pada 2 Mei 2024. Kegiatan lomba ini diikuti oleh kelas X dan XI dengan jumlah peserta sebanyak 17 kelas. Lomba mading kreatif antar kelas ini mengusung tema "Menggali Kreativitas, Mengukir Prestasi : Membangun Pendidikan Menginspirasi di Era Digital". Penyelenggaran lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan berkolaborasi peserta didik sebagai bentuk peningkatan keterampilan abad 21 yaitu creativity.

Beberapa Hasil Mading Peserta Lomba (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Beberapa Hasil Mading Peserta Lomba (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Sejalan dengan kegiatan lomba tersebut, program studi S1 Pendidikan Geografi juga menyelipkan kegiatan peningkatan kreativitas dalam pembelajaran geografi, berupa pembuatan produk akhir semester. Produk akhir tersebut berupa pop up book yang berisi materi - materi geografi kelas X.

Salah Satu Hasil Pop Up Book Geografi (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Salah Satu Hasil Pop Up Book Geografi (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Dalam kegiatan administrasi, mahasiswa juga dilibatkan aktif untuk membantu berbagai macam keperluan administrasi. Salah satunya adalah dengan dilibatkan aktif untuk membantu panitia penyelenggara Ujian Akhir Kelas XII dan Penilaian Akhir Tahun Kelas X dan XI. Selain itu, mahasiswa juga dilibatkan untuk membantu administrasi perpustakan terkait pengembalian buku paket kelas XII.

Proses Administrasi Persiapan Ujian Akhir Kelas X dan XI (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Proses Administrasi Persiapan Ujian Akhir Kelas X dan XI (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Pelaksanaan Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas X dan XI (Dokumentasi Pribadi Tim AM)
Pelaksanaan Kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas X dan XI (Dokumentasi Pribadi Tim AM)

Pelaksanaan Asistensi Mengajar  ini tentu saja memberikan banyak sekali manfaat bagi berbagai pihak, mulai dari mahasiswa, peserta didik, sekolah, kampus, dan pihak - pihak terkait lainnya. Harapannya perlaksanaan Asistensi Mengajar ini mampu menjadi jembatan bagi pihak - pihak tersebut untuk mengembangkan berbagai inovasi dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Geografi.

* Disusun oleh Tim Asistensi Mengajar UM Tahun 2024 Prodi Pendidikan Geografi

1. Muhammad Ali Fattah Rohman Maulana (S1 Pendidikan Geografi UM 2021)

2. Resyifa Qatrunnada Salsabila (S1 Pendidikan Geografi UM 2021)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun