Studi Kasus :Â
Usaha laundry adalah sebuah usaha yang membuka jasa mencuci dengan bermacam jenis layanan yang kemudian dihitung perkilonya. Disini saya akan menjelaskan bagaimana proses pembuatan rancangan ERD, EERD  dan implementasi sql serta bagaimana aplikasi basis data dalam sistem usaha laundry. Pada basis data usaha Londry ini bertujuan untuk mempermudah pengelolaan usaha tersebut dan mempermudah para pelanggan untuk melakukan laundry  Pada basis data ini terdapat 5 entitas yang pertama itu ada PELANGGAN, TRANSAKSI, LAYANAN, KARYAWAN dan STATUS.
ERD (Entity Relationship Diagram)
Pada ERD ini terdapat 5 entitas utama dengan masing-masing memiliki atribut, berikut penjelasannya :
- PELANGGAN dengan atribut : id_pelanggan, nama, alamat, no_telpon dan email
- TRANSAKSI dengan atribut : id_transaksi, total _harga, tgl_transaksi dan tgl_pengambilan
- LAYANAN dengan atribut : id_layanan, nama_layanan dan harga
- STATUS dengan atribut : id_status, status_pembayaranÂ
- KARYAWAN dengan atribut : id_karyawan, nama, jabatan, no_telpon
Relasinya :
- Pelanggan - transaksi : one to many (1:N). satu pelanggan dapat memiliki banyak transaksi
- Layanan - transaksi : one to many (1:N). satu layanan bisa memilih banyaknya transaksi
- Status - transaksi : one to many (1:N). satu status bisa dimiliki oleh banyak transaksi
- karyawan - transaksi : one to many (1:N). satu karyawan dapat mengelola banyaknya transaksi
EERD (Enhanced Entitiy Relationship Diagram)
1. Pelanggan
Atribut :
- id_pelanggan (PK)
- nama : nama yang ingin berlangganan
- alamat : alamat pelanggan
- no_telpon : nomor telpon pelanggan yang bisa dihubungi
- email : email pelanggan
2. Transaksi
Atribut :
- id_transaksi (PK)
- total_harga : total harga yang akan dilaunndry
- tgl_transaksi : tanggal kapan kita melakukan transaksi
- tgl_pengambilan : tanggal kapan pengambilan laundry jika telah selesai
- id_Pelanggan (PK) : akibat adanya hubungan antara tabel pelanggan dengan transaksi
- id_layanan (PK) : akibat adanya hubungan antara tabel layanan dengan transaksi
- id_karyawan (PK) : akibat adanya hubungan antara tabel karyawan dengan transaksi
- id_status (PK) : akibat adanya hubungan antara tabel status dengan transaksi Â
3. LayananÂ
Atribut :
- Id_layanan (PK)
- nama_layanan : nama layanan yang akan dipilih oleh pelanggan
- harga : harga laundry perkilonya dan layanan yang telah dipilih oleh pelanggan
4. Status
Atribut :
- id_status (PK)
- status_pembayaran : merupakan status apakah pelanggan sudah membayar atau belum
5. KaryawanÂ
Atribut :
- id_karyawan (PK)
- nama : nama karyawan
- jabatan : jabatan yang dimiliki oleh karyawan
- no_telpon : nomor karyawan yang dapat dihubungi
Pada Gambar 3. menunjuukan halaman utama atau halaman pendaftaran pada Manajemen Basis Data Pada Usaha Laundry. Jika pelanggan ingin berlangganan, maka akan melakukan pendaftaran terlebih dahulu, yang dimana akan di input oleh karyawan dengan mendaftarkan nama, alamat, nomor telpon dan email. Jika sudah terdaftar, maka selanjutnya akan melakukan tahap transaksi.
Pada gambar 4. merupkan tampilan halaman jika akan melakukan transaksi, Pada halaman tersebut terdapat beberapa transaksi yang akan dilakukan. penjelasannya dibawah ini :
1. Pelanggan :
pelanggan ini merupakan nama pelanggan yang telah melakukan pendaftaran sebelumnya, maka nama pelannggan tersebut sudah terdaftar pada aplikasiÂ
2. Layanan :
Pada tampilan layanan tersebut, akan di kasih 2 pilihan yaitu pilihan express atau normal yang dimana dua pilihan ini adalah 2 macam layanan yang berbeda
3. Karyawan :
Pada tampilan karyawan, disitu akan terdaftar nama karyawan yang akan mengelola laundryan para pelanggan mulai dari  pendaftaran hingga proses laundryan selesai.
4. Status :
Pada menu status ini, itu bermaksud untuk mengetahui  apakah pelanggan telah membayar atau belum
5. Total Harga ::
Total harga merupakan total laundryan pelanggan yang tergantung pada pemilihan layanan dan berapa kilo laundryan yang akan dikelola
6. tanggal transaksi :
tanggal transaksi ini bermaksud untuk kapan pelanggan melakukan transaksi pada usaha laundry kami
7. Tanggal pengambilan :
untuk tanggal pengambilan ini bermaksud untuk mengetahui kapan pelanggan dapat menggambil laundryannya atau kapan prooses laundryanya telah selesai dikelola, itu tergantung pada layanan yang dipilih oleh pelanggan
Pada gambar 5. merupakan tampilan jika pelanggan telah melakukan transaksi, maka nama pelanggan, total pembayaran, tanggal transaksi, tanggal pengambilan, layanan, status dan penanggungjawab akan tercatat pada aplikasi atau web tersebut.
Kemudian, untuk penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatan ERD, EERD dan pengimplementasian MySQL serta tampilan aplikasi atau web mengenai Manajemen Basis Data Pada Usaha Laundry dapat dilihat pada vedio berikut ini :
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H