Mohon tunggu...
Resi Tresnawati
Resi Tresnawati Mohon Tunggu... Lainnya - Tsm

Memelihara segala citra positif dalam benak. Beraksara untuk mengikat berbagai guru kehidupan. Yang ketika terkurung, masih ada pesan berasa untuk bersandar. Yang ketika sepi, aksaranya masih menjadi teman duduk yang siap meramaikan diri. Pesan positif adalah teman terbaik. Maka ini adalah untukku. Dan untukmu.. silakan, semoga bisa berbagi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Program KKN Tematik PPD Covid-19 UPI | Crossword Puzzle sebagai Strategi Aktive Learning pada PJJ di Masa Pandemi

21 Desember 2020   14:41 Diperbarui: 24 Desember 2020   08:24 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menelusuri kembali jejak pandemi Covid-19, virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019 lalu. Virus ini terus menyebar secara massif ke berbagai negara lainnya hingga pada Maret 2020 World Health Organization (WHO) menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Indonesia sendiri termasuk negara yang terjangkit Covid 19 sejak Maret lalu yang hingga saat ini angkanya masih terus bertambah perharinya.

Qodarullah, pandemi ini tidak pernah ada yang tahu sebelumnya sehingga siapapun bisa dikatakan tidak ada yang benar-benar siap dalam menghadapi pandemi ini. Dampaknya yang sangat besar, merambah ke berbagai aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan, juga pada bidang pendidikan hingga ekonomi masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang di lakukan oleh mahasiswa secara daring di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Salah satunya, Resi Tresnawati, mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2017 melangsungkan kegiatan KKN Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 di wilayah Sodonghilir, Tasikmalaya.

Analisis Proses Pembelajaran Jarak Jauh kepada Para Guru dan Para Siswa

Kemajuan dunia teknologi komunikasi dan informasi memunculkan peluang maupun tantangan baru dalam dunia pendidikan. Salah satu peluangnya adalah berkembangnya metode pembelajaran yang tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Di sisi lain, kemajuan teknologi menghadirkan tantangan baru bagi penyelenggara pendidikan untuk terus menyesuaikan perangkat pendidikan dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Pembelajaran jarak jauh akibat pandemi saat ini menambah keharusan para pendidik untuk memaksimalkan peluang dan menjawab tantangan teknologi tersebut.

Tetapi selain itu, jika melihat penuturan dari beberapa guru di SMK Yasbu Al-Qomariyah, kendala nyata yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh ini adalah bahwa karena teknologi bersifat otomatisasi dan ada kalanya hal-hal yang berkaitan dengan teknologi tidak bisa dikendalikan oleh manusia, seperti halnya masalah jaringan yang tidak selalu stabil. Hal ini di luar kehendak dan kemampuan kita sebagai manusia yang banyak keterbatasan.

“Ada tiga masalah umum pada pelaksanaan PJJ, yaitu: 1. tidak semua siswa memiliki perangkat (smartphone), 2. masalah kuota dan 3. signal atau jaringan yang tidak merata di semua wilayah.” tutur salah seorang guru. “Wilayah Sodonghilir masih termasuk ke dalam wilayah pedesaan dengan latar belakang ekonomi yang beragam, jadi tidak semua siswa memiliki smartphone yang mendukung. Wilayah geografis Sodonghilir yang termasuk dalam kategori pegunungan menyebabkan jaringan internet tidak merata, sehingga banyak siswa yang mengalami kendala di signal jaringan internet.” begitu tambahnya. Hal yang sama disampaikan juga oleh seorang guru yang lain, bahwa memang selama melakukan pembelajaran jarak jauh tiga hal tersebut merupakan permasalahan umum yang sering ditemukan.

Di sisi lain, tanggapan dari siswa pun menunjukkan keluhan yang sama. Selain kuota cepat habis dan jaringan yang sering tidak stabil, siswa juga mengaku kurang dapat memahami materi dengan baik karena dengan sistem PJJ komunikasi dan diskusi baik dengan guru maupun dengan teman-teman menjadi terbatas dan kurang optimal.

Pengembangan Konten E-Learning dan Media Edukatif pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi

Resi Tresnawati, mahasiswa peserta KKN UPI di wilayah Sodonghilir, Tasikmalaya, mencoba merekomendasikan salah satu media edukatif dalam bentuk Crossword Puzzle kepada beberapa guru di SMK Yasbu Al-Qomariyah, menggunakan aplikasi Eclipse Crossword Puzzle sehingga dapat dilakukan secara otomatis juga dapat dikerjakan secara daring oleh para siswa. Hal ini diharapkan dapat menjadi metode baru yang sesekali bisa diterapkan dalam pembelajaran kepada siswa karena 9 dari 10 siswa mengaku bahwa metode pembelajaran mempengaruhi semangat belajar mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun