Assalamualaikum wr wb, saya Resi Noviana, M.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Tebo. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.2 tentang Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan CGP.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model  4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.
1. Peristiwa (Fact)
Pada modul ini saya mulai dengan mempelajari materi kemudian kami diminta untuk membuat trapesium usia yang merupakan gambaran diri saya dimulai dari usia taman kanak-kanak sampai pada usia sekarang sebagai guru. Pada kegiatan ini saya diminta mengingat kejadian positif dan negatif yang pernah saya alami. Disini saya menyadari bahwa peran guru sangat memberikan pengaruh positif kepada murid.Â
Kemudian pada materi selanjutnya, saya diminta untuk mengidentifikasi nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. Kemudian bagaimana nilai-nilai guru penggerak tersebut bisa dioptimalkan dalam pembelajaran. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep manusia tergerak, lalu bagian B tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia.
Selanjutnya saya dan teman-teman diarahkan pada ruang kolaborasi oleh fasilitator untuk berdiskusi bersama, yang nantinya kami dibagi-bagi kedalam beberapa kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan untuk diskusi bersama kelompok kecil kemudian pertemuan selanjutnya mempresentasikan hasil diskusi.
2. Perasaan (Feeling)
Selama melakukan aksi nyata modul 1.2 adalah saya merasa senang dan bersyukur bisa menerapkan ilmu yang saya dapatkan di Pendidikan CGP. Â Selain itu saya termotivasi, tertantang dan semangat serta merasa bertanggung jawab untuk melakukan perubahan kearah lebih baik lagi. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah murid menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran ekonomi yang saya ajarkan dan kompetensi saya sebagai guru lebih meningkat.
3. Pembelajaran (Findings)
 Ide atau gagasan yang timbul adalah melakukan praktik baik dengan rekan sejawat dalam melakukan perubahan. Pelajaran yang dapat saya ambil setelah melakukan aksi nyata ini adalah guru harus memberikan pembelajaran yang berpihak pada murid dan guru harus menjadi contoh teladan bagi muridnya maka guru wajib mengembangkan dirinya secara berkelanjutan dan konsisten.
4. Penerapan (Future)
Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya akan berusaha menerapkan ilmu yang saya dapat dan selalu belajar secara mandiri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar online, workshop  untuk mengembangkan kompetensi saya sebagai guru.Â
Dalam proses pembelajaran di kelas saya akan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif. Kedepannya saya juga akan berkolaborasi dengan murid, rekan sejawat, dan lingkungan sekitar untuk kepentingan murid serta menjadi coach bagi rekan sejawat di sekolah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H