Mohon tunggu...
Resi Noviana
Resi Noviana Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Negeri 12 Tebo

PROFIL PENULIS Resi Noviana adalah seorang penulis lahir dari orang tua Hasmy Mulyasno dan Lizarni sebagai anak pertama dari 4 bersaudara. Penulis lahir di Muara Tebo, 24 April 1982. Penulis menempuh pendidikan dimulai dari SDN 01 Muara Tebo kemudian melanjutkan ke SLTPN 01 Tebo Tengah dan SMKN 01 Muara Bungo jurusan Akuntansi Keuangan dan Universitas Jambi jurusan pendidikan ekonomi. Hingga akhirnya bisa menyelesaikan kuliah pasca sarjana nya di Universitas Attahiriyah Jakarta jurusan manajemen pendidikan tahun 2014. Semenjak sekolah menengah atas Ia sudah mulai menuangkan hobi menulis nya dengan menuliskan puisi-puisi nya di majalah dinding (madding) sekolah dan selama Ia kuliah di Universitas Jambi Ia aktif di organisasi teater yang bernama Teater Cindaku (Tecin), disanalah Ia memperoleh pengalaman menulis, membaca puisi dan bermain peran. Ia menulis puisi-puisi bersama rekan teater nya yang diterbitkan dalam beberapa antologi puisi. Ia juga sering menampilkan teaterikal nya di taman budaya Jambi dan TVRI Jambi. Ia juga telah berhasil membawa beberapa anak didik nya menjuarai berbagai even lomba seperi vocal solo sampai ke tingkat Provinsi dan pemilihan Bujang Gadis Tebo, Duta pelopor serta lomba Cipta Baca Puisi sampai ketingkat Kabupaten. Ia pun pernah terpilih menjadi Guru terpavorit disekolah dan Guru berprestasi tingkat Kabupaten. Dengan ketekunan dan motivasi yang tinggi untuk terus belajar dan berusaha penulis telah berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Kapsul RN dan antologi Titip Rindu Untuk Ayah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

4 Oktober 2024   13:36 Diperbarui: 4 Oktober 2024   13:43 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Assalamualaikum wr wb, saya Resi Noviana, M.Pd Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Tebo. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.2 tentang Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan CGP.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model  4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

1. Peristiwa (Fact)

Pada modul ini saya mulai dengan mempelajari materi kemudian kami diminta untuk membuat trapesium usia yang merupakan gambaran diri saya dimulai dari usia taman kanak-kanak sampai pada usia sekarang sebagai guru. Pada kegiatan ini saya diminta mengingat kejadian positif dan negatif yang pernah saya alami. Disini saya menyadari bahwa peran guru sangat memberikan pengaruh positif kepada murid. 

Kemudian pada materi selanjutnya, saya diminta untuk mengidentifikasi nilai-nilai guru penggerak yang sudah ada pada diri saya. Kemudian bagaimana nilai-nilai guru penggerak tersebut bisa dioptimalkan dalam pembelajaran. Materi di dalam modul 1.2 ini terbagi atas 3 materi besar yaitu bagian A tentang konsep manusia tergerak, lalu bagian B tentang konsep manusia bergerak, dan bagian C tentang konsep menggerakkan manusia.

Selanjutnya saya dan teman-teman diarahkan pada ruang kolaborasi oleh fasilitator untuk berdiskusi bersama, yang nantinya kami dibagi-bagi kedalam beberapa kelompok. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua kali pertemuan untuk diskusi bersama kelompok kecil kemudian pertemuan selanjutnya mempresentasikan hasil diskusi.

2. Perasaan (Feeling)

Selama melakukan aksi nyata modul 1.2 adalah saya merasa senang dan bersyukur bisa menerapkan ilmu yang saya dapatkan di Pendidikan CGP.  Selain itu saya termotivasi, tertantang dan semangat serta merasa bertanggung jawab untuk melakukan perubahan kearah lebih baik lagi. Dampak atau perubahan positif yang paling saya rasakan adalah murid menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran ekonomi yang saya ajarkan dan kompetensi saya sebagai guru lebih meningkat.

3. Pembelajaran (Findings)

 Ide atau gagasan yang timbul adalah melakukan praktik baik dengan rekan sejawat dalam melakukan perubahan. Pelajaran yang dapat saya ambil setelah melakukan aksi nyata ini adalah guru harus memberikan pembelajaran yang berpihak pada murid dan guru harus menjadi contoh teladan bagi muridnya maka guru wajib mengembangkan dirinya secara berkelanjutan dan konsisten.

4. Penerapan (Future)

Setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak, saya akan berusaha menerapkan ilmu yang saya dapat dan selalu belajar secara mandiri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar online, workshop  untuk mengembangkan kompetensi saya sebagai guru. 

Dalam proses pembelajaran di kelas saya akan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif. Kedepannya saya juga akan berkolaborasi dengan murid, rekan sejawat, dan lingkungan sekitar untuk kepentingan murid serta menjadi coach bagi rekan sejawat di sekolah.

(Dok. Pribadi)
(Dok. Pribadi)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun