Mohon tunggu...
Pendidikan

Media Massa yang Memberi Pengaruh Propaganda

10 Oktober 2018   03:06 Diperbarui: 10 Oktober 2018   03:13 1434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Media Massa Yang Memberi Pengaruh Propaganda

Propaganda merupakan rangkaian pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara objektif, akan tetapi memberikan informasi yang dibuat untuk mempengaruhi pihak yang mendengan atau mendengar sebuah peristiwa yang telah terjadi. 

Adapun dalam konteks Komunikasi Internasional, propaganda dimulai sebagai usaha sisematis untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum dari pihak-pihak pembuat propaganda. Terdapat kesamaan antara propaganda dengan diplomasi, yaitu keduanya sama-sama bersifat verbal. Adapun perbedaan antara keduanya sebagai berikut.

1. Propaganda ditujukan kepada rakyat dan bukan pemerintahnya.

2. Propaganda dilakukan hanya demi kepentingan nasional negara pembuat propaganda dan bukan untuk kepentingan kedua belah negara seperti dalam diplomasi. Dengan demikian dalam propaganda tidak terjadi langkah-langkah kompromi antara kepentingan negara-negara yang bersaing, karena tujuan propaganda benar-benar untuk memperoleh keuntungan negara yang melakukan propaganda tersebut. Berikut ini beberapa bentuk propaganda.

1. Berdasarkan Jenisnya Berdaarkan jenisnya, propaganda dibedakan menjadi 4 (empat) sebagai berikut.
a. Propaganda vertikal, yaitu propaganda yang dilakukan melalui media massa.
b. Propaganda horizontal, yaitu propaganda yang dilakukan melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.

c. Propaganda integrasi, yaitu propaganda yang dilakukan dengan penanaman doktrin.
d. Propaganda agitasi, yaitu propaganda yang bertujuan agar komunikasi bersedia membarikan pengorbanan yang besar bagi tujuan yang berlangsung dan mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.

2. Berdasarkan Sumbernya Berdasarkan sumbernya, propaganda dibedakan menajdi 3 (tiga) sebagai berikut.
a. Propaganda putih, yaitu propaganda yang berasal dari sumbeer yang dapat diidentifikasi secara terbuka.
b. Propaganda hitam, yaitu propaganda yang berasal dari sumber yang dianggap ramah, tetapi sebenarnya bermusuhan.

c. Propaganda abu-abu, yaitu propaganda yang berasal dari sumber yang dianggap netral, tetapi sebenarnya bermusuhan.

Kemudian adanya Media massa menjadi salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan dalam propaganda. Hal ini Bisa menjadi semacam kombinasi antara komunikasi persuasif dengan Komunikasi Massa. Gabungan dari keduanya tersebut kemudian menjadi sebuah strategi tersendiri bagi pihak tertentu yang memang ingin melakukan sebuah propaganda. Berikut ini adalah beberapa macam contoh dari propaganda yang ada dalam media massa. Mungkin kita pernah atau sering mendengarkan kejadian ini terjadi di sekitar kita sebagai Berikut :

1. Pengaruh Politik

Mereka yang ingin mempengaruhi keyakinan politik masyarakat dalam lingkup yang besar bisa kemudian memanfaatkan media massa. Penayangan-penayangan terkait dengan Komunikasi Politik yang kuat bisa dilakukan dengan harapan tujuan dari pengaruh tersebut bisa diserap oleh banyak lini masyarakat. Walau sering dianggap retorika, namun disadari atau tidak secara lambat laun pengaruh tersebut akan terasa dalam lapisan masyarakat. Opini ini juga sering dianggap mengambil porsi terhadap penyerapan pengaruh politik.

2. Pengaruh Kebijakan

Hampir sama seperti pengaruh politik, kebijakan tertentu yang akan dicetuskan oleh pemerintah juga bisa menjadi bentuk propaganda. Penggunaan media massa tetap dilakukan sebagai langkah yang dinilai paling efektif dalam memberikan pengaruh. Walaupun akan terjadi pro dan kontra, namun setidaknya propaganda tersebut akan tetap bisa diterima banyak pihak. Macam macam media komunikasi bisa digunakan untuk kepentingan ini.

3. Penggunaan Produk

Penggunaan produk tertentu juga merupakan contoh propaganda dalam media massa. Ini tentu saja erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang. Seseorang akan dipengaruhi mengenai tingkat kebutuhannya. Biasanya mereka juga akan cenderung untuk menggunakan produk yang sebenarnya kurang penting, namun memiliki gengsi yang cukup tinggi.

4. Rubrik Keagamaan

Propaganda lain juga bisa terkait dengan masalah keagamaan. Kita bisa menemui banyak rubrik-rubrik keagamaan yang sering memberikan nilai-nilai tertentu pada masyarakat. Umumnya, propaganda ini bersifat positif dengan mengajak masyarakat untuk berbuat kebaikan dan memiliki akhlak atau moral yang lebih baik lagi. 

5. Pertunjukan Kebudayaan

Propaganda selanjutnya yang bisa kita temui yaitu berupa propaganda kebudayaan. Biasanya ini dikemas dalam suatu pertunjukan kebudayaan tertentu. Kita bisa melihat bagaimana seseorang bisa menjadi lebih tertarik pada kebudayaan yang dimiliki sekelompok orang lain dan berusaha menirunya. Ini artinya pengembangan kebudayaan dari suatu kelompok tertentu bisa semakin luas.

6. Iklan

Iklan sebenarnya juga bisa masuk ke dalam bentuk komunikasi persuasif. Namun demikian jika kita membicarakan media massa, iklan juga sebenarnya menjadi bagian dari propaganda. Ada nilai pengaruh tertentu yang ingin dicapai dengan adanya iklan tertentu supaya masyarakat bisa menggunakan produk tersebut. Efek Media Massa juga bisa terlihat dari adanya iklan ini.

7. Penyebaran Doktrin

Penyebaran doktrin merupakan salah satu bentuk propaganda yang sifatnya memang cukup "agresif". Sekelompok orang mungkin akan berusaha mencapai tujuannya dengan cara menyebarkan doktrin dengan cukup intensif sehingga mampu mempengaruhi sekelompok orang. Media massa dulu sering digunakan untuk melakukan hal ini.

Jadi dari penjelasan diatas dapat di simpulkan sebagai media massa sangat berpengaruh sekali dalam adanya sebuah propaganda, dengan kita melihat contoh dalam kehidupan sehari-hari itu, kita jadi tahu bagaimana komunikasi internasional itu juga dapat membuat sebuah propaganda yang melibatkan Media Massa di sekitar kita yang mungkin selama ini kita belum ketahui

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun