Mohon tunggu...
RENNA PRIMASTUTI 41123120085
RENNA PRIMASTUTI 41123120085 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Sipil

Universitas Mercubuana Kampus Warung Buncit. Dosen : Prof. Dr, Apollo, M. Si.Ak. Mata Kuliah : Kewirausahaan I

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TB2_Erahajj Group Sistem Manajemen Travel Umrah dan Haji

9 Juni 2024   00:04 Diperbarui: 9 Juni 2024   00:05 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Erahajj Group

Sistem Manajemen Travel Umrah & Haji Terbaik & Terlengkap

Mata Kuliah : Kewirausahaan 1

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Apollo, M.Si.Ak

Kelompok 6

Dinda Novranty - 46122110031

Renna Primastuti - 411233120085

Electronic Umrah & Hajj Integrated Management System (ERAHAJJ) adalah Starter Enterprise Resource Planning yang dikembangkan khusus untuk perusahaan travel umrah, haji, dan wisata. Erahajj Group merupakan jasa travel dengan jam terbang lebih dari 10 tahun yang sudah berdiri sejak tahun 2014 yang sudah terbukti menjadi pilihan dengan lebih dari seribu jamaah umrah maupun haji. Erahajj Group juga sudah resmi terdaftar dalam AMPUHRI ( Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia ) dan Kementrian Agama. Dengan memiliki kinerja yang maksimal yang menjadikan Erahajj Group sebagai perusahaan terbaik dalam pelayanan travel umrah dan haji serta mendapatkan prestasi dan penghargaan.

Dalam menjalankan bisnisnya, Electronic Umrah & Hajj Integrated Management System (ERAHAJJ) menggambarkan pengembangannya dengan berbagai analisa bisnis yang diharapkan nantinya dapat menunjang sistem manajemen di dalamnya. Ada berbagai langkah -- langkah yang dapat di lakukan dalam memulai maupun menjallankan suatu bisnis. Beberapa analisa yang dilakukan pada Sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group diantaranya adalah pembentukan visi misi perusahaan, analisis SWOT, analisis STP, analisi 7P formula, analisi Johari model, analisis BCG, analisis Porter's, analisis Kepemimpinan, analisis perhitungan matematika BEP, analisis perhitungan Cost-Volume-Profit, asumsi penerimaan/penolakan, serta analisis Suply and Demand.

Visi & Misi 

data Pribadi
data Pribadi

Berdasarkan artikel dari (Rosyda) visi merupakan suatu rangkaian kata yang berisikan impian, cita -- cita,, nilai, masa depan dari suatu perusahaan. Sedangkan misi merupakan bagaimana sebuah perusahaan dapat mewujudkan cita -- cita yang sudah tertuang pada visi di masa depan. Visi dan misi hendaknya merupakan suatu kesatuan yang dapat menjadi landasan berjalannya suatu perusahaan. Visi dan misi pada suatu perusahaan dapat memberi pengaruh pada tujuan perusahaan dengan memberikan standar kerja yang baik, meningkatkan akan motivasi bekerja, dapat meningkatkan produktivitas serta kinerja, menjadi pedoman kerja karyawan, meningkatkan loyalitas karyawan, serta mempengaruhi pengambilan keputusan.

Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki visi dan misi diantaranya :

Visi

Menjadi perusahaan terdepan kelas dunia yang berbasis inovasi teknologi, yang mengakselerasi transformasi digital ekosistem umrah & haji secara amanah & profesional

Misi

  1. Menjadi mitra kolaborasi strategis yang berfokus pada pengembangan teknologi terintegrasi, yang berfokus pada pengembangan teknologi terintegrasi
  2. Menghadirkan solusi yang relevan & terdepan untuk membantu transformasi manajemen travel umrah & haji, dalam menghadapi perkembangan zaman
  3. Membantu meningkatkan kualitas & kecepatan pelayanan travel umrah & haji, dengan inovasi sistem berbasis digital yang aman, nyaman, efektif & efisien

Tentang Kami

Electronic Umrah & Hajj Integrated Management System (ERAHAJJ) adalah Starter Enterprise Resource Planning yang dikembangkan khusus untuk perusahaan travel umrah, haji, dan wisata.

Erahajj menangani mulai dari :

  • Manajemen data penjualan seperti pembuatan paket beserta komponen-komponennya
  • Manajemen data pembelian dan pembayaran
  • Manajemen data keanggotaan jamaah, keagenan, dan sales
  • Manajemen data keuangan
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen SDM
  • Manajemen operasional
  • Laporan transaksi & keuangan perusahaan
  • Aplikasi mobile berbasis Android
  • Tour Guide System (TGS)
  • Dan kebutuhan perusahaan lainnya.

Kenapa Kami

  • Satu Sistem Berbagai Solusi
  • Sistem Akuntansi & Keuangan
  • Beragam Modul Transaksi
  • Penggunaan yang mudah dan user friendly
  • Sistem detail dan fleksibel
  • Mengacu ke ISO 9001:2015
  • Multi-currency realtime dan customizable
  • Keamanan data ISO 27001:2015
  • Dukungan layanan maksimal
  • Fasilitas penunjang lainnya

Analisis SWOT

Data Pribadi
Data Pribadi

Berdasarkan pada artikel yang ditulis oleh (Raeburn, 2024) analisa SWOT merupakan suatu teknik yang digunakan dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancalam dalam suatu bisnis. Meskipun sederhana analisa SWOT dapat menjadi alat utama yang dapat membantu suatu bisnis untuk mengidentifikasi peluang kompetitif untuk peningkatannya. Dengan adanya analisa SWOT yang dilakukan perusahaan diharapkan dapat meningkatkan tujuan dari pemasaran, menentukan stratedi pemasaran, serta meningkatkan performapemasaran.

Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki analisa SWOT diantaranya :

  1. Strength :

Memiliki sistem manajemen travel umrah & haji terlengkap yang menjadi daya saing utama

Memiliki program pelatihan & support system, bukan sekadar software house

            Cara Menjaganya :

Terus melakukan riset kebutuhan dan pengembangan sistem terupdate

Tidak puas dan terus mengembangkan kualitas program pelatihan & support system

Weakness :

Marketing yang cenderung pasif karena mengutamakan B2B dengan asosiasi travel

Harga yang murah terkadang dipandang sebelah mata oleh leads dengan daya beli tinggi

            Cara Menanggulanginya :

Memperluas cangkupan marketing dengan merambah pasar B2C

Menonjolkan value added dan mengesampingkan harga

Opportunity :

Erahajj lebih fleksibel untuk presentasi maupun training secara online dan offline

Dengan strategi marketing memangsa asosiasi, membuat Erahajj lebih memiliki bargaining power lebih tinggi dibanding kompetitor

            Cara Menjaganya :

Terus menjaga flexibility dan meningkatkan kualitas

Terus menjaga hubungan baik dengan para petinggi asosiasi travel

Threat :

Marketing kompetitor yang lebih kreatif dan gencar di ranah B2C

Datang sebagai perusak harga pasar, sehingga dapat menimbulkan banyak ketidaksukaan

            Cara Menanggulanginya :

Memperluas cangkupan marketing dengan merambah pasar B2C

Perkuat kualitas sehingga menaikan branding meski bukan yang pertama

Analisis STP

Data Pribadi
Data Pribadi

Analisa STP yang berisikan tentang bagaimana proses pengelompokan pasar, mengidentifikasikan target pasar, serta memilih posisi yang sesuai dengan segmen serta target pasar. Menurut (Yusuf, 2022) segmenting akan dapat meningkatkan usaha suatu perusahaan sedangkan targeting serta positioning yang tepat dapat meningkatkan nilai kompetitif dalam persaingan dengan pesaing perusahaan. Dengan analisa STP diharapkan perusahaan dapat meningkatkan efisiensi buget atau biaya, lebih personal bagi pelanggan, serta inovasi dan riset pasar efektif.

Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki analisis STP diantaranya :

Segmenting

Para pemilik bisnis travel umrah & haji dan komplementernya seperti : Land Arrangement, Visa, tiket, hotel, dengan level bisnis menengah sampai ke atas.

Targeting

Memiliki sistem yang dapat membantu manajemen bisnisnya dengan rapi, efektif, efisien, yang dapat menangani kebutuhan perusahaan dari hulu ke hilir.

Positioning

Menyediakan sistem terintegrasi dan terlengkap dengan harga yang bersaing

Analisis 7P

Menurut (Utami, 2022) analisa 7P atau marketing mix 7P atau bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang tujuannya untuk menentukan kesuksesan suatu perusahaan dalam mengejar keuntungan yang maksimal. Strategi analisis 7P pada suatu perusahaan dapat mengatur komponen dari marketing mix sehingga memungkinkan perusahaan dapat membuat keputusan pemasaran yang menguntungkan. Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki analisis 7P diantaranya :

Data Pribadi
Data Pribadi

Product

Produk atau jasa sesuai dengan target pasar dan juga kebutuhan travel umrah & haji yang memudahkan manajemen travelnya

Price

Efisiensi harga msebanding dengan jasa atau produk yang dipasarkan travel umrah & haji

Place

Penyesuaian akan lokasi serta target pasar speerti pada kalangan up, middle, atau bottom sehingga tidak salah sasaran

Promotion

Pbagaimana cara pemasaran dan dengan media apa seperti pada aplikasi kepada media sosial

People

Tim yang solid dengan memiliki performa yang baik, loyal terhadap perusahaan sebagai daya saing

Process

Pemahaman akan bagaimana proses pelanggan sehingga mendaptkan jasa yang dipasarkan travel umrah & haji sehingga memperbaiki pelayanan

Physical

Pelayanan yang excellent dan wow experience

Analisis Johari

Data Pribadi
Data Pribadi

Analisis johari atau yang sering disebut dengan jendela johari yang mengaplikasikan sebuah kepercayaan kepada orang lain dengan mengungkapkan informasi tentang dirinya yang mana nantinya dapat belajar lebih banyak terhadap dirinya sendiri. Analisi johaari dikelompokkan menjadi empat bidang diantaranya pada open area, blind area, hidden area, unknown area. Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki analisis Johari diantaranya :

Open Area

Menekankan pada diri sendiri untuk memperbaiki manajemen perusahaan travel umrah & haji

Blind Area

Umpan balik yang belum didapatkan untuk kepentingan pengembangan bisnis travel umrah & haji

Hidden Area

Efisiensi pengeluaran perusahaan dibalik layar yang tidak diperlihatkan secara publik

Unknown Area

Dengan pengembangankan bisnis dan tim yang mungkin belum diketahui lebih dalam

 

Analisis BCG

Data Pribadi
Data Pribadi

Analisis BCG atau Boston Consulting Group merupakan suatu matriks portofolio produk pdimana merupakan alat perencanaan bisnis yang digunakan untuk mengevaluasi posisi strategis portofolio suatu perusahaan. Pada analisa ini mengklasifikasikan produk dan atau jasa pada perusahaan ke dalam matriks dua dua. Setiap kuadran diklasifikasikan menjadi kinerja rendah atau tinggi, bergantung dengan bagaimana mangsa pasar relatif dan tingkat pertumbuhan yang terjadi pada pasar. Pada sumbu horizontal mewakili jumlah pangsa pasar suatu produk dan kekuatan di pasar tertentu. Dengan menggunakan pangsa pasar relatif, dapat membantu mengukur daya saing perusahaan. Sumbu vertikal dapat mewakili tingkat pertumbuhan suatu produk dan potensinya untuk tumbuh di pasar tertentu.

Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki BCG diantaranya :

Stars (Bintang)

Sistem manajemen travel umrah & haji yang lengkap dan terintegrasi yang menangani kebutuhan manajemen dari hulu ke hilir, serta didukung dengan program pendampingan implementasi dan support system memadai.

Question Marks (Tanda Tanya)

Program pendampingan eksklusif sebagai layanan pendukung dianggap sebagai tanda tanya, karena hanya dibutuhkan bagi sebagian klasifikasi travel umrah & haji, yaitu yang belum terbiasa dengan digitalisasi, namun travel besar tidak banyak membutuhkan hal ini

Cash Cows (Sapi Perah)

Sistem manajemen travel umrah & haji yang didukung dengan aplikasi mobile dianggap sebagai sapi uang, Meskipun tidak mengalami pertumbuhan yang signifikan karena kebutuhan utama adalah sistem basis website, namun produk ini tetap menghasilkan pendapatan stabil bagi perusahaan.

Dogs (Anjing)

Sistem dengan harga yang dipasarkan kepada travel umrah & haji menengah ke atas mungkin dianggap sebelah mata oleh pebisnis travel besar karena, sehingga diperlukan perluasan pasar dengan produk baru diluar Erahajj untuk pasar itu sendiri

Analisis Porter's 5 Forces

Data Pribadi
Data Pribadi

Analisis Porter's 5 Forces merupakan alat sederhana namun memiliki dampak yang cukup besar yang dapat dilakukan pada suatu perusahaan guna mengiidentifikasikan sumber utama dari persaingan di industri yang digunakannya. Ketika suatu perusahaan memahami akan kekuatannya yang mempengaruhi pada bidangnya, perusahaan dapat menyusun strateginya, meningkatkan profitabilitasnya, dan tetap menjadi yang terdepan dalam persaingannya. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil keuntungan yang adil dari posisi yang kuat atau memperbaiki posisi yang lemahsehingga dapat menghindari atau mengambil langkah yang salah di masa depannya.

Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki analisis Poters 5 Forces diantaranya :

Differentiation Focus

Erahajj hadir di tengah pasar yang sangat spesifik (niche market) yaitu sistem manajemen untuk travel umrah & haji, dengan kompetitor yang saat ini dapat dihitung dengan jari, juga produk yang ditawarkan lebih lengkap dan unik karena terintegrasi secara hulu ke hilir.

Cost Focus Leadership

Erahajj juga datang sebagai perusak harga pasar karena pada umumnya ERP dibandrol dengan harga puluhan hingga ratusan juta dan dengan sistem instalasi atau beli lepas. Namun Erahajj menawarkan harga ratusan ribu dengan sistem subscribe bulanan berbasis SaaS (Software as a Service).

  1. Ancaman Pendatang Baru (Threat of New Entrants)

Sistem manajemen baru yang lebih lengkap dengan pelayanan yang lebih baik dapat menjadi ancaman di kemudian hari

Cara Mengatasinya : Fokus pada pengembangan sistem sesuai dengan kebutuhan terupdate

Ancaman Produk atau Jasa Pengganti (Threat of Substitutes).

Sistem manajemen keuangan yang menghasilkan laporan penjualan dan keuangan otomatis

Cara Mengatasinya : Memberikan edukasi bahwa manajemen perusahaan tidak hanya berfokus pada keuangan namun 5 pilar bisnis, sehingga sistem keuangan saja tidak cukup.

Kekuatan Tawar Menawar Pembeli (Bargaining Power of Buyers).

Hal ini tidak dimungkinkan ada karena Erahajj hadir dengan bargaining power yang tinggi sehingga minim Bargaining Power of Buyers.

Kekuatan Tawar Menawar Pemasok (Bargaining Power of Suppliers).

Naiknya biaya sewa cloud server yang menjadi supplier utama dalam bisnis ERP

Cara Mengatasinya : Memiliki server fisik metal milik sendiri sehingga tidak perlu menyewa cloud server.

Persaingan dalam Industri Sejenis (Rivalry of Competitors)

Datangnya banyak kompetitor baru atau yang sudah ada dengan persaingan sengit

Cara Mengatasinya : fokus pada pengambangan sesuai kebutuhan pasar dan utamakan kualitas

Analisis Path Goal Theory

Data Pribadi
Data Pribadi

Analisis path goal theori merupakan analisis yang merumuskan perhatian pada cara pemimpin yang dapat mempengaruhi persepsi pada pengikutnya tentang bagaimana tujuan sebuah pekerjaan, tujuan pengembangan diri, serta bagaimana jalan untuk mencapai tujuannya. Pemimpin dapat bertugas untuk membantu pengikutnya dalam menjalankan tujuan -- tujuan tersebut. Tugas dari pemimpin adalah dapat menyediakan informasi, menjadi pendukung atau sumber daya lain untuk para pengikutnya.

Dalam ruang lingkup bisnis Erahajj, 2 tipe kepemimpinan perlu dipenuhi dalam ranah yang berbeda-beda

Kepemimpinan Pengarah (Directive path-goal clarifying)

Pengarahan mengenai tujuan yang jelas sangat dibutuhkan, sehingga perlu adanya DRM, WRM, dan MRM sebagai realisasinya.

Kepemimpinan Berorientasi Prestasi (Achievement-oriented)

Target yang telah disosialisasikan pada meeting rutin selanjutnya akan diturunkan menjadi work instruction, proses tetap dihargai namun result oriented sangat diharapkan.

Analisis BEP

Data Pribadi
Data Pribadi

Analisis BEP atau Break Even Point merupakan perhitungan keuangan yang menimbang antara biaya bisnis, layanan, atau produk baru terhadap harga jual unit untuk menentukan titik dimana akan mencapai titik impas. Dengan kata lain, dapat mengungkapkan titik dimana suatu perusahaan telah menjual cukup banyak unit untuk menutupi seluruh biaya yang harus dikeluarkan. Dengan begitu, perusahaan akan tetap mendapatkan keuntungan tanpa atau tidak akan kehilangan uang. Analisis BEP menjadi alat manajemen internal yang bukan perhitungan.

Unit, Rupiah, dan Perencanaan Laba

Fixed Cost per Bulan : IDR 4.000.000,00
Variable Cost per Bulan : IDR 12.250.000,00
Variable Cost per Unit : IDR 306.250,00

Harga Jual Produk : IDR 2.050.000,00

Jumlah Penjualan Baru : 40 New Client

_____

Cost-Volume-Profit Analysis

Contribution Margin per unit = Harga Jual per unit - Biaya Variabel per unit

IDR 2.050.000,00 - IDR 306.250,00 = IDR 1,743,750.00

  1. Break-even point (BEP) dalam unit = Total Fixed Cost / Contribution Margin per unit
    IDR 4.000.000,00 / IDR 1,743,750.00 = 2.29 (3 unit)

  1. Break-even point (BEP) dalam rupiah = BEP dalam unit x Harga Jual per unit

3 x IDR 2.050.000,00 = IDR 6.150.000,00

  1. Total Revenue = Jumlah penjualan x Harga Jual per unit

40 x IDR 2.050.000,00 = IDR 82.000.000,00

  1. Total Cost = Total Fixed Cost + Total Variable Cost

IDR 12.250.000,00 + IDR 4.000.000,00 = IDR 16.250.000,00

  1. Total Profit = Total Revenue - Total Cost

            IDR 82.000.000,00 - IDR 16.250.000,00 = IDR 65.750.000,00

_____

Break-even point (BEP) dalam unit = Total Fixed Cost / Contribution Margin per unit

IDR 12.250.000,00 / IDR 1,743,750.00 = 2.29 (3 unit)

Break-even point (BEP) dalam rupiah = BEP dalam unit x Harga Jual per unit

3 x IDR 2.050.000,00 = IDR 6.150.000,00

Total Revenue = Jumlah penjualan x Harga Jual per unit

40 x IDR 2.050.000,00 = IDR 82.000.000,00

Total Cost = Total Fixed Cost + Total Variable Cost

IDR 12.250.000,00 + IDR 4.000.000,00 = IDR 16.250.000,00

Total Profit = Total Revenue - Total Cost

IDR 82.000.000,00 - IDR 16.250.000,00 = IDR 65.750.000,00

Metode Penerimaan/Penolakan Proposal

Data Pribadi
Data Pribadi

Metode penerimaan atau penolakan proposal pada suatu bisnis di gumnakan untuk meyakinkan akan pihak lain tentang bagaimana keberhasilan serta potensi yang dimiliki pada suatu bisnis yang diajukan. Proposal yang baik serta memiliki rencana bisnis yang terperinci dapat menunjang keberhasilan penerimaan suatu bisnis. Didalamnya terdapat lia komponen diantaranya payback period dan discounted PP, net present value (NVP), internal rate of return (IRR), profitability index (PI), serta modifie IRR (MIRR).

Payback Period


Bila Erahajj menjalin kerjasama mitra strategis (asosiasi travel umrah & haji) yang berada di Indonesia selama 3 tahun, sebagai provider sistem manajemen untuk para pebisnis travel umrah & haji di Indonesia, dengan total member yang akan bergabung adalah 482 travel (PPIU & PIHK) dalam 3 tahun.

Target subscribe per bulan adalah sebagai berikut :

Tahun

Jan

Feb

Mar

Apr

Mei

Jun

Jul

Agus

Sept

Okt

Nov

Des

1

14

15

15

16

17

17

18

19

19

20

21

21

2

22

23

23

24

25

25

26

27

27

28

29

29

3

30

31

31

32

33

33

34

35

35

36

37

37

Investasi awal = IDR 100.000.000,00

Harga jual per unit = IDR 2.050.000,00

HPP per unit = IDR 306.250,00

Profit per unit = IDR 1,743,750.00 (85.06%)

Prediksi Arus Kas Tahun Pertama

Data Pribadi
Data Pribadi

Bulan

Kas Masuk

Kas Keluar

Saldo Akhir

Januari

IDR 28.700.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 12.450.000,00

Februari

IDR 30.750.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 26.950.000,00

Maret

 IDR 30.750.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 41.450.000,00

April

IDR 32.800.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 58.000.000,00

Mei

IDR 34.850.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 76.600.000,00

Juni

IDR 34.850.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 95.200.000,00

Juli

IDR 36.900.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 115.850.000,00

Agustus

IDR 38.950.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 138.550.000,00

September

IDR 38.950.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 161.250.000,00

Oktober

IDR 41.000.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 186.000.000,00

November

IDR 43.050.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 212.800.000,00

Desember

IDR 43.050.000,00

IDR 16.250.000,00

IDR 239.600.000,00

Sehingga berdasarkan arus kas tersebut payback period sudah tercapai dalam 7 bulan di tahun pertama

---

Net Present Value (NVP)

Data Pribadi
Data Pribadi

Investasi awal = IDR 100.000.000,00 (CO)

Tahun

Arus Kas

NVP

1

IDR 239.600.000,00

C1

2

IDR 676.000.000,00

C2

3

IDR 1.309.200.000,00

C3

Suku bunga = 6% (0.6) (R).


NPV = (C1/1+R)+(C2/(1+R)^2)+(C3/(1+R)^3)-CO

IDR 239,600,000.00 + IDR 264,062,500.00 + IDR 319,628,906.25 - IDR 100.000.000,00

= IDR 723,291,406.25

Nilai NPV untuk Erahajj Group adalah Positif DR 723,291,406.25 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa

prospek/peluang bisnis Erahajj Group untuk 3 tahun mendatang sangat bagus, sehingga direkomendasikan

untuk dilanjutkan.

---

Internal Rate of Return (IRR)

Nilai suku bunga = 6% (0.6) (i1)

NPV = (C1/1+R)+(C2/(1+R)^2)+(C3/(1+R)^3)-CO

IDR 239,600,000.00 + IDR 264,062,500.00 + IDR 319,628,906.25 - IDR 100.000.000,00

= IDR 723,291,406.25

Nila suku bunga = 10% (1) (i2)

NPV = (C1/1+R)+(C2/(1+R)^2)+(C3/(1+R)^3)-CO

IDR 239,600,000.00 + IDR 169,000,000.00 + IDR 163,650,000.00

= IDR 472,250,000.00

IRR = i1 + (NPV1 : NPV1 + NPV2) x (i2 - i1)

IRR = 6% + 60.50% x 40.00%

IRR = 6.00% + 24.20%

IRR = 30.20%

Perhitungan IRR senilai 30.20%, dimana angka ini lebih besar dari asumsi IRR oleh Erahajj Group sehingga

proyek ini direkomendasikan untuk dilanjutkan karena memiliki Prospek yang bagus

----

Profitability Index (PI)

NPV / Investasi Awal

IDR 723,291,406.25 / IDR 100.000.000,00

= 7.23 (723.29%)

Jika dilihat dari perhitungan Profitability Index (PI) maka proyek/kontrak Erahajj Group SANGAT LAYAK untuk dilanjutkan karena LEBIH DARI 1

Kondisi Pasar

Target Pasar 

  1. Travel umrah & haji
  2. Penyedia jasa land arrangement, visa, hotel, tiket pesawat, badal haji, badal umrah

Market Size

Jumlah PPIU 2579

Jumlah PIHK 557

Market Share

10% = 258 Travel

258 x IDR 2.050.000,00 = IDR 528,695,000.00

 

 

 

Analisa Supply and Demand

Data Pribadi
Data Pribadi

 

Analisis permintaan dan penawaran adalah sebuah studi tentang bagaimana pembeli dan penjual berinteraksi. Harga secara bersamaan mencerminkan nilai bagi pembeli unit (marjinal) dan biaya bagi penjual unit tersebut. Dalam perekonomian pasar perusahaan yang menjadi perhatian utama pada analisis permintaan dan penawaran mencakup mikroekonomi yang paling dasar. Analisis harus memahami bagaimana model permintaan dan penawaran pasar dikarenakan semua perusahaan melakukan jual beli di pasar. 

Pada perusahaan sistem manajemen travel umrah & haji Erahajj Group memiliki analisis Supply and Demand diantaranya :

  • Market and Mocroeconomis
  • Sebagaimana dalam bisnis travel umrah & haji Erahajj yang berkaitan dengan perekonomian antar negara, maka diperlukannya analisa neraca keuangan baik di Indonesia maupun negara tujuan.
  • The Theory of Supply
  • Jika terjadi pergerakan pendekatan kurva penawaran untuk menunjukkan jumlah maksimal yang ditawarkan diperlukan evaluasi mengenai penawaran itu sendiri.
  • The Theory of Demand
  • Pada bisnis travel umrah & haji Erahajj dilakukan analisa atau pemahaman pada daya beli pasar, kualitas jasa yang di pasarkan, serta kenaikan harga
  • The Theory of Market Adjustment
  • Dalam penerapannya, teori penyesuaian pasar pada dasarnya konsumen mendorong produsen untuk memastikan output pada bisnis travel umrah & haji Erahajj cukup untuk beberapa waktu
  • Macroeconomics and the Dynamics of Real-Word Markets
  • Pemerintah dan Bank Indonesia sebagaimana menjaga nilai kurs di tingkat yang normal karena nilai kurs memiliki peran dalam penentapan harga yang pastinya akan berpengaruh pada tingkat permintaan umrah di bisnis travel umrah & haji Erahajj.

 

 

Lokasi & Hubungi Kami

Data Pribadi
Data Pribadi

Lokasi

Jl. Batu Ampar 3 No.18, RT.14/RW.3, Batu Ampar, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13520

https://maps.app.goo.gl/DdVgWWUEfWbtGgxM6

Website

https://erahajj.co.id/

Media Sosial

Instagram : https://www.instagram.com/erahajj/

Facebook : https://web.facebook.com/erahajj.indonesia/

Twitter : https://twitter.com/erahajj      

References

Data Pribadi
Data Pribadi

Raeburn, A. (2024, 02 24). Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya (beserta contoh). Retrieved from Asana: https://asana.com/id/resources/swot-analysis

Rosyda. (n.d.). Pengertian Visi Misi: Perbedaan, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya. Retrieved from Gramedia Blog: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-visi-misi/

Utami, N. W. (2022, 07 27). Marketing Mix 7P, Konsep Strategi Pemasaran Bagi Bisnis! Retrieved from Mekari Jurnal: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-7-konsep-mix-marketing-dalam-perusahaan-jasa/

Yusuf, M. Y. (2022). nalysis of Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies on the Yonly Glass Processor and Application GlassBusiness Plan. American International Journal of Business Management.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun