Di era sekarang tekhnologi semakin canggih, cepat, efisien, dan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, terkhnologi informasi sendiri sudah masuk ke aspek perkembangan bisnis, dan bisa memberikan fasilitas melalui web. Web yang menyediakan media tempat konsumen melilih barang juga transaki yang memerlukan tekhnologi. Dimana-mana hampir semua orang yang melalukan pekerjaan bisnis sudah meggunakan tekhnologi informasi untuk memproses kegiatan bisnis nya karena tekhnologi informasi memberikan kemudahan para pebisnis untuk membantu operasional usahanya.
Lagipula berbisnis dengan tekhnologi informasi bisa memperluas pasar, dan lewat internet bisa mempermudah mempromosikan produk, mencari konsumen. Menurut ku, sekarang pasar offline sudah tidak worth it, mungkin masih tapi untuk hal yang lain dan para pelanggan mereka rata rata orang tua, yang minim tentang tekhnologi.
Sekarang hampir semua orang lebih mengandalkan aplikasi online, dengan koneksi internet dan semakin mudah dan terjangkau, dan dengan tekhnologi informasi yang dapat memudahkan orang mengakses informasi dari media online, contohnya e-commerce yang sering digunakan Perusahaan untuk menjual music, video game dan barang elektronik. Dalam aspek bisnis tekhnologi informasi membantu banyak hal, dan disukai karena fleksibitasnya yang juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
Seperti yang sudah ditulis tadi, tekhnologi informasi bisa memperluas pasar, lewat internet yang semua orang bisa mengakses, semua orang lebih mengandalkan aplikasi online, khususnya aspek bisnis, bisnis apa saja. Misalnya seperti bisnis fashion, semua orang bisa menggunakan aplikasi online seperti shopee, Lazada, Tokopedia, dan aplikasi lain, bahkan sekarang aplikasi tersebut bisa memberikan layanan yang lebih dari sekedar menjual fashion, seperti aspek konsumsi, contohnya seperti konsumen memilih ingin makan apa dan aplikasi tersebut menyediakan banyak opsi, dan konsumsi tersebut akan diantarkan kerumah si pelanggan (shopeefood) dan juga banyak fitur lain yang tersedia dalam aplikasi tersebut.
Di dalam aspek perbankan juga rata-rata saat ini sudah memiliki aplikasi seperti e-banking, e-wallet, dan e-bussines. Selain itu juga ada perdagangan elektronik atau yang biasa dibilang e-commerce, e-commerce juga bagian dari e-bussiness, yang mana memiliki cakupan yang lebih luas seperti lowongan pekerjaan, pelayanan, dan juga kolaborasi antar mitra bisnis. Contohnya misal Perusahaan kita bekerja sama dengan perusaahan luar negeri, dan mesti harus terus berkomunikasi agar mengetahui program kerja sama yang sedang dijalankan oleh kedua Perusahaan tersebut melalui zoom online yang mengharuskan adanya tekhnologi informasi yang lengkap agar perbincangan antar pebisnis tersebut lancar.
Memanfaatkan tekhnologi informasi juga akan mempermudah proses berkomunikasi, tentu dalam menjalankan bisnis tidak luput dari komunikasi., handphone, juga bisa menjadi layanan untuk mengambil atau menrima uang secara online.. seperti m-banking yang juga hanya bisa dioperasikan melalui ponsel saja, juga di dalam dunia akuntansi sudah ada aplikasi seperti myob, yang berguna untuk mengoperasikan akuntansi.
Komputer juga tekhnologi informasi yang masih update di era sekarang, banyak perusahan yang menggunkan computer untuk membantu pekerjaan mereka seperti di bidang perhotelan yang berguna untuk menentukan jumlah kamar yang tersedia atau yang sudah terisi, juga di Perusahaan dagang seperti department store, juga kan sudah menggunakan mesin cash register dengan kendali computer secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Tapi ada juga tantangan dalam mengimplementasikan teknologi informasi di bisnis online salah satunya Keterbatasan Sumber Daya manusia, keuangan, juga infrastuktur seperti koneksi internet yang tidak stabil, jaringan yang tidak memadai, dan perangkat keras yang tidak sesuai. Keterbatasan kemampuan dari karyawan, seperti keterbatasan pengalaman tetapi bisa ditingkatkan lagi melalui mengasah keterampilan. adapun contoh sukses implementasi teknologi informasi di bisnis online seperti E-Commerce: yang membantu meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kemampuan pelanggan untuk melakukan transaksi jual beli secara online. keuntungan utama dari e-commerce dalam bisnis online adalah antara lain, biaya operasionalmya rendah, karena tidak memerlukan infrastruktur fisik seperti toko atau gudang penyimpanan yang memerlukan biaya sewa dan pemeliharaan, transaksi nya tak terbatas karena bisa melakukan dimanapun dan kapanpun juga menghemat biaya karena tidak melalui perantara dan masih banyak lagi keuntungannya.
Dikutip dari CNBC ‘tragis pedagang pasar tanah abang, kalah lawan live shopping’ mereka mengeluhkan omzet yang semakin menurun sampai lebih 50% dari biasanya, live shopping di kanal marketplace telah berpengaruh pesat terhadap perdagangan di Pasar Tanah Abang. Mereka juga berpendapat para live shopping juga telah menjatuhkan harga di pasaran. Hal ini yang membuat para pedagang menjerit karena tercekik oleh hancurnya harga jual produk.
Dan juga kutipan dari CNBC ‘menguak kebobrokan tanah abang yang bikin pembeli kabur’ tanah abang yang menjadi pesona pusat pembelajaan terbesar se asia perlahan memudar, berbagai masalah mulai dari persaingan dengan e-commerce dan masalah pengelolaan menjadi penyebabnya. Namun sejumlah pedagang tanah abang mulai memasuki ke e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Instagram, Tiktok, dan yang lainnya. Tapi mereka menyatakan bahwa mereka masih menyesuaikan dengan metode berdagang online tersebut. Mereka menemukan sejumlah masalah seperti persaingan harga beberapa pedagang menyebut harga yang harga yang didetapkan di e-commerce jauh lebih rendah dari pada harga produksi.harga di e-commerce memang jauh lebih rendah dari yang jual di tanah abang, meskipun harga di tanah abang lebih mahal, sejumlah pengunjung lebih nyaman melalukan pembelian secara langsung sebab, mereka langsung bisa mengecek produk dan menyesuaikan ukuran serta bebas ongkos kirim.
Tekhnologi informasi sudah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan sebagai sektor kehidupan, karena dengan tekhnologi ini kita dapat menemukan cara belajar bekerja seolah-olah kita bekerja diperusahaan, mengoperasikan computer dan berbicara dengan klien. Untuk mereka yang paham dunia bisnis mereka bisa melihat hal-hal baik dalam dalam dunia perdagangan online, karena banyak sekali sekali keuntungan dan peluang dalam bisnis online.
Para pebisnis ini tidak perlu mencari binis to-do, karena berbisnis online hanya dengan komputer dan koneksi internet, tidak perlu membayar karyawan dan akan mendapat keuntungan lainnya. Bidang-bidang ini meliputi,kedokteran, ekonomi, perekonomian, dan lain-lainnya. teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online berkembang. Karena dengan teknologi ini, bisa di ketahui bagaimana cara belajar dan bekerja seperti bekerja bisnis secara online. Bagaimana cara berkomunikasi, memberikan tampilan, informasi tentang bisnis online, bahkan manusia dan manusia lainnya dapat berkomunikasi meskipun berada jauh satu sama lain.
Pada bidang medis, banyak tekhnologi canggih yang telah diciptakan untuk pengobatan dan penyembuhan pasien contohnya seperti untuk diagnosis penyakit melalui foto rontgen, CT scan, MRI, pada saat yang sama di bidang perekonomian, bisnis online semakin mengembangkan layanan internet, seperti E-commerce, dropshipping, konten digital, freelancer. Perdagangan online yang meluas ini tidak bisa lepas dari pengaruh tekhnologi informasi. Karena semua orang menggunakan internet, yang memudahkan konsumen dan produsen untuk melakukan transaksi secara online. Internet telah menjadi sarana transaksi yang efektif dan efisien dalam memudahkan kegiatan perdagangan online. Dan juga penggunaan aplikasi seperti shopee memudahkan masyarakat untuk berbelanja online dengan cara yang praktis, nyaman, dan murah.
Rererensi:
Utami, Setyaningsih Sri. "Pengaruh teknologi informasi dalam perkembangan bisnis." Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi 8.1 (2010).
Bionarasi:
Reni Ariyani adalah seorang penulis yang lahir di Tegal pada 19 maret 2004, pendidikan terakhir sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi, dia mahasiswa aktif semester dua di universitas pancasakti tegal program studi akuntansi hobi nya membaca buku, terlebih buku novel dan berbagai genre, dia juga mengembangkan imajinasi dan karya tulis dalam sebuat cerita di aplikasi wattpad. Reni juga minat dalam copywriting dan berbagai kegiatan menulis lainnya. Senang mengembangkan fikiran dan wawasan dalam karya tulis,. Semenjak kecil, reni sudah menyukai kegiatan menulis dan membaca buku. Sampai akhirnya, dia memutuskan untuk mengejar karir di dunia tulis-menulis. Dia banyak mengasah kemampuan menulis nya dengan mengikuti beberapa komunitas menulis. untuk keterangan lebih lanjut bisa melalui IG: jjaehjn TikTok: @jjrafes Telegram: @jjaehjn
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H