Manusia adalah makhluk sosial yang hidup saling berdampingan dan bermasyarakat dengan manusia lainnya untuk saling membantu baik dalam hal sosial, politik, spiritual, materi, individu ataupun ekonomi. dalam hal ekonomi, masyarakat bisa saling menguntungkan lewat perekonomian yang dilakukan sebagai Produsen dan Konsumen. Hubungan antara pembeli dan penjual biasa terjadi di sebuah tempat yang disebut pasar.Â
Pasar memiliki banyak jenisnya. Namun yang sering kita jumpai di daerah kita adalah pasar tradisional dan pasar modern contohnya supermarket. Padahal, di zaman yang memiliki perkembangan teknologi yang pesat, pasar kini sudah menyatu dengan masyarakat dan begitu dekat dengan masyarakat seperti platform jual beli atau bisa disebut pasar online. Jika kita mempelajari mengenai pasar, maka kita akan banyak mengenal istilah-istilah pasar monopoli, pasar oligopoli, persaingan monopolistik, mekanisme pasar dan sebagainya. Dalam artikel, akan dibahas lebih detail mengenai pasar monopolistik dan pasar oligopoli beserta unsur-unsur penting yang ada di dalamnya.
 A. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli merupakan bagian atau bentuk dari adanya pasar persaingan tidak sempurna. Pasar oligopoli berdasarkan pengertiannya, pasar oligopoli merupakan bentuk pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan dalam usaha menawarkan satu jenis produk tertentu. Denganadanya beberapa jumlah perusahaan yang jumlahnya cenderung sedikit,maka perusahaan tersebut memiliki pengaruh pada terbentuknya harga di pasar.
Pasar Oligopoli terbentuk karena beberapa hal, berikut beberapa faktor pemicu lahirnya pasar oligopoli, antara lain :
1.Adanya penerapan efisiensi skala besar Penerapan efisiensi skala besar erat kaitannya dengan adanya efisiensiteknis atau teknologi dan efisiensi ekonomi atau biaya produksi. Adanya halini akan berpengaruh pada profit atau keuntungan yang diperoleh perusahaan sesuai dengan tingkat efisiensi yang diterapkan.
Efisiensi teknis(teknologi) berhubungan dengan dua hal didalamnya, yaitu yang pertama berkaitan dengan pemanfaatan penggunaan teknologi dalam kegiatan proses produksi. Kemudian yang kedua adalah berkaitan dengan kemampuan produsen dalam hal mengolah sumber daya agar tetap optimal.Efisiensi ekonomi berkaitan dengan penggunaan biaya produksi, yangkemudian memiliki peran dalam menentukan dan menyusun biaya produksidalam upaya menciptakan sebuah produk. Produk yang dihasilkan nantinyaakan memiliki harga yang sesuai dengan kondisi pasar, sehingga ketika produk siap untuk dikeluarkan ke pasar, maka bisa dengan mudah diterimaoleh masyarakat dan tetap memberikan keuntungan pada produsen.
2. Adanya kompetensi manajamen yang lebih kompleks
adanya persaingan ketat yang bebas dalam kegiatan pasar, membuat perusahaan akan menuntut perusahaan untuk melakukan langkah langkah agar bisa bersaing dengan perusahaan lain. Dibutuhkan langkHah khusus dalam menentukan kebijakan arah manajemen dalam melakukan kegiatan perusahaan dan untuk menemukan inovasi inovasi baru agar produksi barang terus berkembang dan berkualitas, sehingga diminati oleh masyarakatÂ
Ciri -- ciri pasar oligopoli :
- Barang yang diproduksi adalah barang yang standar atau barang yang berbeda corak atau bisa bersifat homogen, dan bisa juga berbeda, namun memenuhi standar tertentu.
- Hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.
Umumnya adalah hanya penjual-penjual (perusahaan) besar yang memiliki modal besar saja (konglomerat). Karena ada ketergantungan dalam perusahaan tersebut untuk saling menunjang.
- Adanya saling ketergantungan antar perusahaan (produsen).
- Advertensi (periklanan) sangat penting dan intensif
- Sulit Dimasuki Perusahaan Baru
- Harga Jual Tidak Mudah Berubah
Contoh pasar oligopoli yang ada di Indonesia adalah perusahaan provider, seperti :
1. Telkomsel
Telkomsel didirikan pada tanggal 26 Mei 1995. Sampai saat ini, Telkomsel adalah perusahaan sambungan telepon seluler dengan paling banyak pelanggan yaitu sebesar 178 juta pengguna di Indonesia.
2. Indosat Ooredoo
Indosat Ooredoo yang berdiri pada tahun 1967. Ketika itu, Indosat adalah perusahaan penanaman modal asing pertama di Indonesia. Namun, saat ini Indosat beralih menjadi perusahaan yang menyediakan jasa telekomunikasi dan jaringan.
3. Three (3)
Jaringan 3 di Indonesia dioperasikan oleh PT. Hutchison 3 Indonesia. Markas Pusat 3 berada di Hongkong.
4. Smartfren
Nama awal perusahaan ini adalah PT. Smart Telecom Tbk dan PT. Mobile-8 Telecom Tbk. Kemudian perusahaan Ini terkena krisis keuangan pada tahun 2009 perusahaan ini di akuisi oleh SInar Mas Group. Sampai sekarang, perusahaan menggunakan nama PT. Smartfren Telecom Tbk.
Perusahaan perusahaan provider ini biasanya akan memberikan corak, variasi atau membranding brand mereka terlihat berbeda supaya menarik konsumen untuk membeli barang yang mereka jual. Juga, perusahaan -- perusahaan akan membuat terobosan terobosan di bidang teknologi serta inovasi yang baru guna bisa bersaing di pasar.
B. Pasar Monopolistik
Pasar Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yangmenghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkanpasti memiliki karakter tersendiriyang membedakannya dengan produk lainnya.Pada pasar monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk mempengaruhihargawalaupun pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli.kemampuanini berasal dari si!at barang yang dihasilkan. karena perbedaan dan ciri khas darisuatu barang,konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain, dan tetap memilih merektersebut walauprodusen menaikkan harga.
ciri- ciri pasar monopolistik :
- Terdapat banyak produsen atau penjual. Meskipun demikian, pasar ini tidak memilikiprodusen ataupenjual sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada satu punprodusen yang mempunyai skala produksiyang lebih besar dari produsen lainnya.
- Adanya diferensiasi penduduk. Pasar ini menawarkan produk yang cenderung sama,namunmemiliki perbedaan-perbedaan khusus dengan produk lainnya, misalnya daricarapengemasan, pelayanan yang diberikan dan cara pembayaran.
- Produsen dapat mempengaruhi harga. berbeda dengan Pasar Persaingan Sempurna,dimana hargaterbentuk berdasarkan mekanisme pasar, maka pasar monopolistik dapatmempengaruhi hargameskipun tidak sebesar pasar oligopoli dan monopoli.
- Produsen dapat keluar masuk pasar. Hal ini dipengaruhi oleh laba ekonomis, saat produsenhanya sedikit di pasar maka laba ekonomisnya yang tinggi. ketika produsen semakin banyak dan laba ekonomis semakin kecil, maka pasar menjadi sperti tidak menarik dan produsen bisa meninggalkan pasar.
- Promosi harus aktif
Pada pasar ini harga bukan merupakan pendongkrak jumlah konsumen, melainkan kemampuan perusahaan menciptakan citra baik dimata konsumen,sehingga dapatmenimbulkan fanatisme terhadap produk. karenanya, iklan dan promosimemiliki peran penting dalammerebut dan mempertahankan konsumen.kedudukan persaingan monopolistik akan membuka peluang pasar yang terbatas lingkup konsumennya, sehingga pencapaian laba tak sebesar sepertikedudukan yang mungkin bisadicapai pada pasar persaingan bebas sempuma.
Contoh lainnya dapat di temukan persaingan monopolistik didalamtransportasi. Seperti penjualan produk sepeda motor Honda dan juga Yamaha
Sepeda motor keluaran Honda = irit
Matic : Beat, Vario
Bebek : Supra, Revo
Sport : Megapro
Sepeda motor keluaran Yamaha = bertenaga
Matic : Mio, Xeon
Bebek : Jupiter, Vega
Bebek : Jupiter, Vega
Di atas adalah salah satu contoh pasar persaingan monopolistik. Honda danYamaha sama-sama produsen sepeda motor. Akan tetapi kedua perusahaan tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri . Honda lebih unggul dalam urusan bahan bakar, karena iritnya bahan bakar yang digunakan. SedangkanYamaha lebih unggul dalam akselerasi. Selanjutnya adalah tergantung pilihan daripada konsumen.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H