Mohon tunggu...
Rendy Artha Luvian
Rendy Artha Luvian Mohon Tunggu... Penulis - Staf Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, anggota FLP (Forum Lingkar Pena)

Menulis adalah membangun Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Inovasi Penampil Jumlah Penumpang di Gerbong KRL untuk Kenyamanan Bertransportasi yang Lebih Baik

15 November 2023   13:35 Diperbarui: 15 November 2023   13:46 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: freepik.com

Dilansir dari situs resmi Commuterline Jabodetabek, awal tahun 2023 telah menunjukkan lonjakan signifikan dalam penggunaan Commuterline, layanan kereta komuter yang telah menjadi nadi transportasi warga Jabodetabek. Dengan angka mencengangkan, sebanyak 20.622.659 penumpang meramaikan perjalanan, menciptakan denyut nadi yang selalu menjadi bagian dalam sistem transportasi ibu kota.

Sebuah fenomena menarik melingkupi data rinci yang diungkapkan oleh KAI Commuter. Rata-rata harian sebanyak 736.524 penumpang menunjukkan betapa pentingnya Commuterline dalam keseharian warga metropolitan. Terlebih, pada hari kerja, volume pengguna mencapai puncaknya dengan angka 795.067 orang. Hal ini, memperlihatkan betapa vitalnya peran Commuterline dalam menggerakkan roda kehidupan kota.

Namun, tidak bisa diabaikan bahwa terdapat nuansa kepadatan yang terfokus pada waktu-waktu tertentu setiap hari. Dari pukul 05.30 hingga 07.30 WIB, Commuterline menjadi saksi bisu kesibukan pagi warga Jabodetabek. Waktu operasional yang dimulai dari pukul 04.00 hingga 24.00 WIB setiap harinya menciptakan pola perjalanan yang menyeluruh, menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat metropolitan yang tak pernah tidur.

Namun, tantangan sebenarnya muncul pada jam-jam sibuk sore, antara pukul 16.00 hingga 18.00 WIB. Pada rentang waktu ini, KRL menjadi laluan bagi ribuan pekerja yang bergerak pulang setelah seharian mengabdi pada pekerjaan. Kesibukan ini bukan hanya mencerminkan tingginya ketergantungan warga Jabodetabek pada layanan ini, tetapi juga menyoroti kebutuhan akan peningkatan infrastruktur dan efisiensi layanan.

Layanan yang Banyak Meniru

Sejalan dengan lonjakan penggunaan, KAI Commuter mengoperasikan 1.090 perjalanan Commuterline di wilayah Jabodetabek. Angka yang cukup mengesankan, tetapi apakah sudah cukup untuk mengakomodasi lonjakan angka pengguna? Pertanyaan ini menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh pihak terkait dalam memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan bagi pengguna setia Commuterline.

Perlu diakui bahwa penggunaan Commuterline bukan hanya menciptakan tekanan pada layanan transportasi, tetapi juga memberikan gambaran jelas tentang pola hidup masyarakat. Sebagai jawaban atas permintaan akan mobilitas yang terus berkembang, perluasan dan peningkatan kapasitas Commuterline menjadi sebuah langkah strategis yang tidak bisa dihindari.

Dalam aspek layanan, KRL terlihat banyak meniru model Jepang. Dari kebersihan stasiun hingga ketepatan waktu, setiap detilnya mencerminkan filosofi kerja yang menjadi ciri khas negeri Sakura. Bahkan, layanan pelanggan yang ramah dan responsif juga menjadi daya tarik utama yang diterapkan oleh Commuterline, sebuah nilai yang jelas diwarisi dari Jepang.

Tidak hanya itu, aturan yang diimplementasikan dalam operasional Commuterline juga banyak mengambil inspirasi dari negara samurai tersebut. Disiplin penumpang dalam antrian, penggunaan masker, dan perilaku tertib di dalam kereta adalah bukti konkrit bagaimana nilai-nilai kebudayaan Jepang dapat diadopsi secara efektif di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang beragam.

Namun demikian, sama seperti Jepang, banyak terjadi tindak pelecehan seksual di dalam kereta. Di Jepang hal ini diistilahkan dengan Chikan/Tchikan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak berita-berita yang menyampaikan tentang tindak pelecehan seksual di KRL. Peningkatan keamanan dengan melibatkan petugas-petugas keamanan di dalam gerbong-gerbong kereta menjadi solusi yang cukup efektif. Namun bagaimana jika kondisi sangat padat seperti fakta yang telah disebutkan terlebih dahulu di atas tadi setiap hari? Pasti tidak mungkin melakukan kontrol, bahkan kondisi ini akan sangat rentan menimbulkan konflik baik kecil maupun besar terutama diantara penumpang dalam gerbong yang sama.

Berbagai Konflik di Dalam Gerbong KRL

Pertempuran untuk mendapatkan tempat duduk adalah salah satu konflik paling umum di dalam gerbong KRL. Terkadang, penumpang harus bersaing secara ketat untuk mendapatkan kursi yang nyaman, terutama pada jam-jam sibuk. Ini seringkali melibatkan dorongan, gesekan, dan bahkan perdebatan panjang apabila ada pihak yang merasa berhak untuk mendapatkan tempat duduk. Namun demikian, hal ini tidak terlalu banyak dan sering terjadi, bahkan cenderung lebih sedikit ketimbang pertempuran untuk mendapatkan sedikit tempat yang nyaman ketika gerbong kereta begitu penuhnya.

Hari-hari saya di KRL dari Stasiun Klender Baru menuju Kampung Bandan selalu menyuguhkan drama kehidupan yang tak terduga. Suasana padat, desakan, dan teriakan telah menjadi teman setia di setiap perjalanan. Meskipun rute telah dipindahkan, kekacauan tetap mewarnai pengalaman setiap penumpang, membentuk realitas pahit di dalam gerbong kereta Commuterline.

Dalam kekisruhan tersebut, teriakan lebih sering terdengar dari ibu-ibu dan mbak-mbak yang sepertinya memiliki naluri bertahan yang luar biasa. Seperti mantra yang terus berulang, mereka mendorong dan merapat untuk memastikan mereka mendapatkan tempat yang sesuai, tanpa memedulikan kenyamanan orang di sekitarnya. Itulah kenyataan yang tak terhindarkan dalam sebuah perjalanan harian.

Tidak jarang, pertengkaran meletus seperti letusan gunung berapi. Tuduhan pelecehan seksual atau penumpang yang enggan memberikan tempat duduknya kepada ibu yang membawa anak kecil bisa memicu amarah. Saya menjadi saksi bisu dari adegan-adegan tersebut, di mana emosi memuncak dan kebijaksanaan jarang ditemukan di antara desakan tubuh-tubuh dan suara gemuruh.

Copet-copet licik yang berusaha memanfaatkan kesempitan ruang untuk mencuri menjadi momok yang menghantui setiap penumpang. Untungnya, petugas keamanan yang sigap berhasil mengatasi beberapa insiden tersebut, memberikan sedikit keamanan di tengah kesibukan yang tak kenal lelah.

Sebagai penumpang setia KRL, kita tak bisa hanya menjadi pengamat bisu. Perlu adanya refleksi dan tindakan bersama untuk menciptakan perjalanan yang lebih manusiawi. Mungkin, solusi harus dimulai dari peningkatan pelayanan dan penegakan aturan yang lebih tegas. Atau inovasi baru yang bisa meningkatkan kenyamanan dalam ber-kereta api.

Perlunya Inovasi Baru untuk Meningkatkan Kenyamanan

Apakah kita pernah berpikir bahwa kenyamanan perjalanan bisa dimulai dari pemahaman yang lebih baik tentang kapasitas gerbong? Inilah latar belakang dari inovasi penampil jumlah penumpang di gerbong KRL, yang diharapkan menjadi terobosan cerdas untuk kesejahteraan para pengguna transportasi publik.

Ketika berbicara tentang kenyamanan, citra gerbong yang padat dan penuh mungkin langsung terbayang dalam benak kita. Namun, sejauh mana kita benar-benar memahami kapasitas optimal dari setiap gerbong? Inovasi ini bukan hanya sekadar teknologi modern yang canggih, tetapi juga representasi dari upaya serius untuk menciptakan pengalaman bertransportasi yang lebih manusiawi.

Salah satu aspek terpenting dari inovasi ini adalah penampil jumlah penumpang secara real-time. Dengan bantuan sensor pintar dan teknologi pengenalan bentuk manusia, sistem ini mampu mengidentifikasi dan menampilkan jumlah penumpang yang ada di dalam masing-masing gerbong pada suatu waktu. Informasi ini tidak hanya memberikan gambaran umum kepada penumpang, tetapi juga menjadi alat yang efektif bagi otoritas perkeretaapian untuk mengelola kepadatan penumpang secara lebih presisi.

Kelebihan utama dari inovasi ini adalah memberikan kepastian kepada penumpang. Mereka dapat melihat seberapa penuh gerbong sebelum memasuki area tersebut, memberi mereka pilihan untuk menunggu gerbong selanjutnya atau mencari ruang yang lebih longgar di gerbong lain. Hal ini tidak hanya mengurangi tekanan dan ketegangan di dalam gerbong, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mental dan fisik penumpang.

Tak hanya itu, inovasi ini juga berpotensi menjadi solusi bagi petugas keamanan. Dengan informasi yang akurat tentang jumlah penumpang, mereka dapat dengan lebih efisien menjaga keamanan dan mencegah potensi tindak kejahatan seperti pencopetan dan pelecehan seksual.

Namun, tentu saja, keberhasilan inovasi ini bergantung pada implementasi yang baik dan kerjasama antara pihak terkait. Pemerintah, operator KRL, dan pengembang teknologi harus bekerja bersama untuk memastikan bahwa sistem ini tidak hanya menjadi proyek percobaan, tetapi menjadi solusi praktis untuk meningkatkan kualitas perjalanan publik.

Seiring dengan langkah-langkah nyata ini, kita dapat melihat masa depan transportasi publik yang lebih efisien, manusiawi, dan sesuai dengan tuntutan kesejahteraan masyarakat. Menurut hemat penulis, inovasi penampil jumlah penumpang di gerbong KRL bukan sekadar teknologi, tetapi juga langkah maju menuju kenyamanan yang lebih baik dalam setiap perjalanan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun