Manajemen Pemasaran
Adalah proses perencanaan dan pelaksaan, penetapan harga, promosi, dan distribusi barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran perorangan dan organisasi.
Menganalisis peluang pemasaran
Meneliti dan memilih pasar sasaran (target market):
1. Pangsa pasar
2. Segmentasi pasar
3. Positioning
Strategi pemasaran: frontal, gerilya, mengepung.
Manajemen Sumber Daya Manusia
1. Pengembangan SDM
Investasi yang paling penting bagi perusahaan adalah SDM, yang merupakan kunci keberhasilan perusahaan agar tetap survive dan berkembang dengan baik. Pengembangan SDM sangat diperlukan melalui pendidikan dan pelatihan. Seperti: On the job training. Magang, simulasi dan diskusi.
2. Organisasi SDM
Sasaran strategis: harus ada sasaran dari pemimpin puncak agar suatu organisasi dapat mencapai apa yang diinginkan melalui orang-orang yang dipekerjakan.
Kultur perusahaan: adalah kepribadian perusahaan meliputi tujuan dan ideologi perusahaan.
Tiga sasaran utama SDM:
1. Mendapatkan keluaran dengan spesifikasi sebaik mengkin
2. Mengoptimalkan kontribusi manusia terhadap organisasi
3. Menciptakan kondisi kerja yang aman dan hubungan industrial yang harmonis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H