Mohon tunggu...
Rendra Fernanda
Rendra Fernanda Mohon Tunggu... Human Resources - HR

Lebih kearah apa ya bingung hehe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Self Concept By Rendra Fernanda (Universitas Siber Asia)

3 Mei 2023   14:15 Diperbarui: 3 Mei 2023   14:19 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan

 

Self-concept atau konsep diri adalah cara seseorang memandang, memahami, dan menilai dirinya sendiri. Konsep diri seseorang dapat terbentuk dari pengalaman hidup, interaksi sosial, nilai-nilai budaya, dan pemahaman tentang dirinya sendiri. Sebagai salah satu aspek penting dalam psikologi, konsep diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku dan kesejahteraan seseorang. Konsep diri terbentuk sejak masa kanak-kanak dan terus berkembang sepanjang hidup.

Pada awalnya, konsep diri seseorang terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan dan orang-orang di sekitar. Pada tahap ini, anak-anak lebih mudah terbuka dan menerima pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Namun, seiring bertambahnya usia, konsep diri seseorang semakin kompleks dan terbentuk dari pengalaman-pengalaman yang lebih beragam.

           

Pembahasan  

 

Saya memiliki pengalaman pribadi yang mengajarkan saya tentang pentingnya memiliki konsep diri yang positif. Ketika saya masih pada usia remaja, saya sering kali merasa tidak percaya diri dan meragukan kemampuan saya. Saya sering membandingkan diri saya dengan teman-teman saya yang lebih pintar atau lebih mampu daripada saya, dan ini membuat saya merasa tidak berharga.

Seperti contoh pada lulus SMA keluargaku memutuskan untuk tidak lanjut kuliah dikarenakan keadaan keuangan yang tidak mendukung, sedangkan aku sangat ingin kuliah, harapanku adalah masuk ke perguruan tinggi negeri karna selain biaya murah PTN juga salah satu impian saya. Namun, sering kali saya merasa tidak percaya diri akan kemampuan saya untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Dan munculah hasil dimana menunjukan saya tidak lolos pada seleksi masuk PTN tersebut. Saya semakin tidak percaya diri ditambah dengan teman-teman saya yang memiliki nilai bagus dan diterima di PTN tersebut.

Namun, suatu hari saya menyadari bahwa perilaku saya yang tidak percaya diri hanya memperburuk situasi. Saya mulai berbicara dengan orang-orang yang dekat dengan saya seperti ibu ataupun teman dekat, dan mereka memberi saya dukungan dan pujian yang membuat saya merasa lebih baik tentang diri saya sendiri. Saya juga mulai fokus pada kelebihan diri saya, seperti kemampuan administrasi office pada laptop dengan Word, excel dll.

Perlahan-lahan, saya mulai memiliki konsep diri yang lebih positif dan percaya pada diri sendiri. Pada hari itu saat tidak diterima pada PTN manapun saya memutuskan untuk bekerja dan memperbaiki keuangan keluarga saya. Saya menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan penting untuk fokus pada kelebihan diri dan mengembangkannya. Saya juga belajar untuk tidak membandingkan diri saya dengan orang lain, karena setiap orang memiliki perjalanan hidup yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun