Mohon tunggu...
Muhammad Al Hafist
Muhammad Al Hafist Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Brand Fashion Lokal Unjuk Gigi di New York Festival Week

6 Juni 2022   15:00 Diperbarui: 6 Juni 2022   16:17 931
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.radiobudiluhur.com/2021-erigo-favorite-local-fashion-brand/erigo-senggol/

Salah satu brand pakaian ternama di Indonesia yaitu Erigo Apparel kembali mengharumkan nama Indonesia kepada dunia di acara fashion New York Festival Week 2021. 

Dalam mengikuti acara tersebut mereka menggaet beberapa artis dan influencer yang bersedia mewakili Indonesia di New York Amerika. 

10 Artis Indonesia tampil di Billboard New York Times Square

Tampilnya 10 muka artis Indonesai di Billboard New York merupakan salah satu hal yang patut untuk dibanggakan, bagaimana tidak? Untuk bisa tampil di layer tersebut hanya orang – orang tertentu saja yang memiliki prestasi atau biaya cukup banyak. 

Tampilnya mereka pada billboard bukan berarti tidak beralasan, melainkan mereka bekerja sama dengan brand Erigo Apparel berkesempatan menjadi perwakilan di acara fashion  New York Festival Week 2021. 

Selain itu, mereka memilikki peran yang cukup penting dalam perkembangan brand awareness Erigo Apparel. Mengapa demikian? 

Kini mereka berperan sebagai Celebrity Endorsement, dengan kata lain mereka memililki tujuan promosi di luar negeri. Erigo sendiri merupakan salahs atu perusahaan yang memeiliki bnyak inovasi dalam menawarkan produknya dengan berbagai cara.

Promosi produk merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan untuk mendobrak penjualan produk yang telah dihasilkan. 

Promosi adalah cara untuk menginformasikan, merujuk, dan mengingatkan kosumen secara langsung maupun tidak langsung tentang suatu produk atau brand yang dijual. (IrnaFitri,2016). Di lain sisi, upaya promosi ini bertujuan untuk meningkatkan branding awareness di kancah internasional.

Perlukah promosi jauh – jauh ke luar negeri ?

Topik perdebatan baru netizen yang ramai di beberapa media sosial. Tentu saja keputusan dari Erigo Apparel ini menimbulkan sebuah pertanyaa, kenapa harus jauh-jauh? Promosi atau pamer? Tidak sedikit orang – orang yang berpikiran seperti itu, padahal sebenarnya pihak Erigo melakukan hal tersebut sebagai bentuk promosi produknya saja. 

Dengan menggunakan artis Indonesia atau celebrity endorsement, pihak erigo sangat berharap dapat meningkatkan pembeli baru dan meningkatkan  branding awarnessnya juga. Celebrity endoser digunakan untuk menarik perhatian khalayak serta diharapkan mampu meningkatkan awareness produk. 

Penggunaan celebrity endoser menimbulkan kesan bahwa konsumen selektif dalam memilih dan meningkatkan status dengan memiliki apa yang digunakan oleh selebriti (Pradhan et al., 2014). Tentu saja hal ini harus diluruskan supaya tidak ada yang memeiliki persepektif buruk terhadap prestasi dari Erigo Apparel ini.

Tentu saja dalam  melakukan promosi begitu banyak cabang atau bagian yang dapat kita manfaatkan. Pada brand Erigo Apparel ini, mereka gencar mengikuti beberapa acara fashion baik sebelum mereknya popular ataupun telah dikenal oleh masyarakat luas. 

Upaya yang mereka lakukan sejak dulu bebruah hal yang manis dengan tampil pada acara fashion  New York Festival Week 2021. 

Harapan yagn diinginkan oleh Erigo Apparel adalah meningkatkan branding awareness atau pengetahuan merek untuk orang – orang yang bertinggal di Nee York ataupun di seluruh dunia.

Membangun citra dan mencari muka di masyarakat

Dalam melakukan pembelian pastinya terdapat beberapa kriteria yang dapat mempengaruhi pembeli tertarik untuk membelinya atau tidak. Citra atau bagaimana gambaran kita di mata pembeli adalah hal yang penting, karena dengan kita mendapatkan pandangan baik di mata pembeli maka dapat memperbesar peluang pembeli tertarik untuk membelinya. 

Citra yang baik merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan konsumen, karena konsumen dengan sadar atau tidak sadar akan memilih suatu produk yang memiliki brand image yang positif, sehingga tercipta persepsi yang baik di mata konsumen, dan akan mempengaruhi minat beli konsumen (Zafar, 2010). 

Upaya yang dilakukan oleh Erigo Apparel tidak semata -mata hanya menawarkan produk, melainkan mencari muka atau citra baik di mata pembeli di New York.

Erigo Apparel bekerja sama dengan beberapa artis Indonesia ini memiliki tujuan untuk mempromosikan produknya dengan tingkatan yang lebih tinggi dengan mengikuti acara bersifat global. 

Hal tersebut merupakan salah satu peluang yang dimaksimalkan oleh Erigo dalam menawarkan produk dan mendapatkan citra positif dari masyarakat luar negeri. 

Di sisi lain, apabila terdapat perdebatan yang terjadi di antara netizen hal itu juga dapat menjadi sebuah dark campaign, dimana dengan adanya hal negatif yang muncul dapat menarik perhatian masyarakat Indonesia. 

Tentu saja banyak persepsi yang akan terus bermunculan terhadap informasi tersebut, namun terlepas dari perdebatan itu kita harus bisa bangga terhadap merek local yang mampu menginjakkan kakinya di kancah internasional, hal tersebut merupakan salah satu prestasi yang harus kita acungi jempol.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun