Mohon tunggu...
Reja Marbun
Reja Marbun Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tetap bersyukur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membuat Kardus VR Sederhana untuk Pembelajaran Imeraif Mahasiswa Semester 3

17 Desember 2024   11:56 Diperbarui: 17 Desember 2024   11:56 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu mahasiswa IAKN TARUTUNG MENGGUNAKAN VR di kelas 17, Desember 2024

Tarutung ,17 Desember 2024 – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung dengan bimbingan Dr. Sandy Ariawan, S.M.G., S.Pd.K., M.A., M.Pd.K., Di era teknologi digital, Virtual Reality (VR) menjadi salah satu inovasi penting dalam dunia pendidikan. Teknologi VR memungkinkan pengalaman belajar yang interaktif dan imersif. Namun, perangkat VR komersial sering kali mahal. Sebagai solusinya, kita dapat membuat Kardus VR sederhana menggunakan bahan-bahan mudah ditemukan dan terjangkau. Proyek ini akan menjadi sarana pembelajaran inovatif bagi mahasiswa semester 3.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, mahasiswa diharapkan mampu:

Menjelaskan konsep dasar VR dan penerapannya dalam pembelajaran.

 Membuat perangkat VR sederhana dari kardus.

Menggunakan Kardus VR untuk mendukung pembelajaran imersif.

Mengintegrasikan teknologi VR ke dalam kegiatan belajar-mengajar.

Manfatnya

 lebih menarik dan mendalam melalui simulasi visual 3D.

Hemat Biaya: Perangkat ini dibuat dengan bahan murah dan mudah ditemukan.

Meningkatkan Kreativitas: Mahasiswa dilatih berpikir kreatif dalam menciptakan alat bantu belajar.

Memaksimalkan Teknologi: Integrasi teknologi VR dalam pendidikan mendukung pembelajaran berbasis teknologi.

Visualisasi Konsep Sulit: Membantu memvisualisasikan materi yang sulit dipahami secara konvensional.


Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Kardus Tebal atau Karton Bekas (untuk rangka utama).  

Lensa Cembung (2 buah, diameter 25 mm).

Pisau Cutter/Gunting (untuk memotong pola kardus).

Penggaris dan Pensil (untuk membuat pola).

Lem Tembak atau Perekat Kuat (untuk merakit kardus).

Smartphone dengan aplikasi VR (Google Cardboard, YouTube VR, dll).

Karet Gelang atau Velcro (untuk menahan smartphone di tempatnya).

Langkah-Langkah Pembuatan Kardus VR

Desain Pola Kardus

Gambar pola bagian-bagian kardus VR menggunakan pensil dan penggaris.

Dimensi standar VR: Lebar 14 cm, tinggi 8 cm, kedalaman 9 cm.

Buat lubang untuk lensa dan area tempat smartphone diletakkan.

Tips: Anda dapat mencari pola Google Cardboard yang dapat diunduh dan dicetak sebagai panduan.

Potong Kardus Sesuai Pola

Potong kardus dengan cutter/gunting mengikuti garis pola yang telah digambar.

Hati-hati saat memotong agar hasilnya rapi dan presisi.

 Pasang Lensa Cembung

Tempelkan dua lensa cembung di bagian yang sudah disediakan.

Pastikan lensa sejajar dan jaraknya sesuai dengan jarak pandang mata (sekitar 6-7 cm).

Rangkai dan Rekatkan Kardus

Lipat kardus mengikuti pola dan rangkai menjadi bentuk kotak VR.

Gunakan lem tembak atau perekat untuk menyatukan semua sisi.

Buat bagian belakang kardus terbuka sebagai ruang untuk menempatkan smartphone.

Pasang Smartphone

Letakkan smartphone di slot yang sudah dibuat.

Gunakan karet gelang atau velcro agar smartphone tidak mudah lepas.

Uji Fungsi Kardus VR

Instal aplikasi VR seperti Google Cardboard atau tonton video VR di YouTube.

Tempatkan smartphone pada posisi yang sesuai.

Arahkan pandangan ke dalam kardus VR dan rasakan pengalaman imersifnya.

 

Cara Penggunaan Kardus VR dalam Pembelajaran

Materi Interaktif:

Gunakan konten VR yang sesuai dengan mata kuliah, misalnya simulasi laboratorium, tur sejarah virtual, eksplorasi sains, dan lain-lain.

Proyek Kolaboratif:

Mahasiswa diminta membuat kardus VR secara berkelompok dan menyusun presentasi materi berbasis VR.

Belajar Mandiri:

Mahasiswa dapat menggunakan Kardus VR di rumah untuk eksplorasi materi tambahan melalui aplikasi edukasi VR.

Evaluasi Kreatif:

Uji pemahaman materi melalui tugas berbasis VR yang menggabungkan teknologi dan kreativitas.

   
Manfaat Pembelajaran Menggunakan Kardus VR

Pengalaman Imersif: Membuat pembelajaran
 

Contoh pengunaan VR bersama Mahasiswa IAKNTARUTUNG  17, Desember 2024
Contoh pengunaan VR bersama Mahasiswa IAKNTARUTUNG  17, Desember 2024


Pembuatan Kardus VR sederhana adalah langkah inovatif untuk membawa teknologi VR ke dalam dunia pendidikan dengan biaya terjangkau. Proyek ini menggabungkan keterampilan praktis dan pemahaman teknologi, yang sangat penting bagi mahasiswa semester 3. Dengan Kardus VR, pembelajaran menjadi lebih menarik, imersif, dan interaktif, membantu mahasiswa memahami materi dengan lebih efektif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun