Mohon tunggu...
Reisha Putri Zain
Reisha Putri Zain Mohon Tunggu... -

Full time mom, part time student | @abnonselatan 2014

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Campaign Unik dari Cadbury

3 Januari 2017   20:42 Diperbarui: 3 Januari 2017   20:47 956
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 7 November, gue dan temen sekelompok dari kelas Creative Marketing Communication dapet kesempatan untuk presentasi. Kami dapet bagian untuk mempresentasikan materi tentang creative campaign dari suatu corporate (bisa dalam bentuk produk atau jasa) yang campaign-nya disampaikan dengan cara offline. 

Nahloh! Jaman sekarang, di saat hampir semua hal udah serba online, kita harus sampein sesuatu yang offline. Nah, pas banget, antara semester lalu atau 2 semester sebelumnya, gue pernah kedapetan dosen yang juga seorang Brand Manager dari suatu merk cokelat yaitu Cadbury. Beliau pernah ngejelasin tentang program-programnya Cadbury yang menurut gue unik dan kreatif serta penyampaiannya juga ngga hanya via online namun juga offline.

Akhirnya gue putuskan untuk pake Cadbury sebagai bahan presentasi kelompok gue hari ini. Gue akan ceritain di sini kayak apa isi materi presentasi kreatif markom gue tersebut! Kuy?! Haha~

The History of Cadbury

Tau ngga sih Cadbury itu udah ada dari tahun 1800an? Lama banget ya.. 200 tahun lebih si brand ini ada. Nama Cadbury sendiri asalnya dari nama si penemunya yaitu John Cadbury. Si John ini dulunya menjual minuman cokelat aja, jadi ya asal muasal si Cadbury awalnya adalah minuman cokelat. Nah untuk produk cokelat batangan yang sekarang kita tahu, itu yang mencetuskan adalah sang anak dari John Cadbury yang bernama George Cadbury.

Perjalanannya panjaaaang banget dari tahun 1800an sampai hari ini tentang Cadbury. Kalau dirangkum, kira-kira seperti ini:

1824: John Cadbury Opened Bull Street Shop, Birmingham

1831: John Cadbury Opens Factory In Crooked Lane

1842: The Range Expands

1847: The Business Moves To Bridge Street

1861: Richard And George Cadbury Take Charge

1875: Cadbury Makes Their First Easter Egg

1879: Bournville 'The Factory In A Garden' Is Born

1897: Cadbury Milk Chocolate Is Launched

1905: Cadbury Dairy Milk Is Launched

1920: Cadbury Dairy Milk Goes Purple

1928: The 'Glass And A Half' Symbol Is Introduced

1990: Cadbury World Opens

2010: Cadbury Becomes Part Of Mondelēz International

2012: Cadbury Is Re-launched In Indonesia

Ohiya sebagai informasi, Cadbury ini tergabung dalam perusahaan yang bernama Mondelez International, ya! Kalian bisa cari tahu lebih dalam tentang perusahaan ini lewat search engine yang tersedia.

Sejarahnya udah berarti lanjut ke keunikan campaign Cadbury yang gue dan temen-temen presentasikan di kelas ya. Jadi, produk ini biasanya memanfaatkan moment-moment seperti hari raya atau justru valentine untuk meningkatkan penjualan atau hanya sekedar melakukan reminder produk. Nah dengan adanya hari-hari istimewa tersebut, Cadbury mengeluarkan campaign uniknya dalam bentuk kemasan cokelat untuk dibagikan ke orang yang kalian sayang. Beberapa contohnya adalah:

Say it with Silk – Valentine 2016

Campaign ini dalam rangka berbagi kebahagiaan valentine dengan menuliskan pesan kita di bungkus cokelat Cadbury dan berikan cokelat tersebut ke orang yang kita tuju. Lucu kan! Kalian juga bisa liat video iklannya di official youtube channel dari Cadbury atau kunjungi aja facebook mereka :)

Say it with Chocolate

Ini yang paling gue suka! Kalian beli cokelat Cadbury di store-store terdekat dan temuin pop up booth yang menyediakan layanan cetak pesan dengan mesin cetak tradisional. Proses cetaknya di-press gitu lalu nanti pesan kalian akan tercetak di batangan cokelatnya. Ohiya! Ini tanpa harus membuka bungkus cokelatnya, loh. Unik kan? Kayak apa lengkapnya? Kalian bisa search di youtube dengan keyword Cadbury Say it with Chocolate :) enjoy!

Dan yang paling baru banget nih kalo kalian suka naik transjakarta. Bulan lalu Cadbury bagi-bagi cokelat gratis di halte-halte tertentu di koridor 1 loh. For free! Nama campaignnya Free The Joy. Lumayan kan dapet cokelat gratis untuk nemenin perjalanan kalian dengan transjakarta? Hehe~

Nah itu dia beberapa campaign unik dari Cadbury. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian dan buat seru-seruan juga ya! Jangan lupa berbagi kayak Cadbury yang suka bagi-bagi ya! Hehehe..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun